Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 6 April 2020

Kami merangkum sejumlah berita seru mulai dari hasil turnamen PUBG Mobile Pro League 2020 hingga kontroversi di tengah ajang esports NASCAR.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 6 April 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam satu minggu terakhir ada kabar tentang hasil turnamen PUBG Mobile Pro League 2020, sponsor baru tim Daigo Umehara, hingga kontroversi yang terjadi di tengah ajang esports pengganti kompetisi NASCAR. Simak beritanya di bawah.

Ditinggal Cygames, Tim Daigo Umehara Kini Punya Sponsor Baru

Sumber: Daigo Umehara

Tim esports milik Daigo Umehara beberapa waktu lalu dikabarkan kehilangan sponsor utamanya yaitu Cygames. Alasannya adalah karena Cygames kini telah memiliki game fighting sendiri yang berjudul Granblue Fantasy Versus. Pihak Cygames khawatir apabila mereka terus mensponsori sebuah tim, nantinya bisa terjadi konflik kepentingan.

Untungnya tak butuh waktu terlalu lama sebelum Daigo dan kawan-kawan menemukan sponsor baru. Kini mereka telah bekerja sama dengan Mildom, sebuah platform streaming di Jepang. Nama tim mereka pun berubah, dari yang sebelumnya disebut “Cygames Beast” menjadi “Mildom Beast”. Anggota tim Mildom Beast terdari dari empat orang, yaitu Daigo Umehara, Fuudo, Infexious, dan PR Balrog.

Juara PMPL 2020, Bigetron RA Maju ke Kompetisi Internasional

Sumber: Bigetron Esports

Bigetron Red Aliens kembali menoreh prestasi dengan menjuarai kompetisi PUBG Mobile tingkat nasional, yaitu PUBG Mobile Pro League (PMPL) 2020 musim pertama. Dengan 4 kali raihan Chicken Dinner dan 87 kill di Grand Final, Bigetron RA berhasil unggul atas saingan terdekatnya yaitu Morph Team yang dibentuk oleh Reza Arap.

Selain gelar juara, Bigetron RA berhak membawa pulang hadiah senilai US$20.000 (sekitar Rp330 juta). Mereka juga mendapatkan tiket untuk maju ke dua kompetisi internasional, yaitu PUBG Mobile Southeast Asia Finals dan PUBG Mobile World League 2020. Meski hanya digelar secara online, turnamen PMPL 2020 ini terbukti banyak peminat dan dapat menarik lebih dari 150.000 pemirsa live streaming.

Atlet NASCAR Dipecat Sponsor Gara-Gara Rage Quit di Event Esports

Sama seperti MotoGP yang kemarin mengadakan balap virtual sebagai pengganti balap sungguhan, NASCAR juga mengadakan kompetisi esports serupa. Kompetisi itu bernama eNASCAR iRacing Pro Invitational Series, dan kini telah memasuki pekan ketiga. Sayangnya, di minggu ketiga ini terjadi sebuah kontroversi yang kurang mengenakkan.

Salah satu pembalap yang berpartisipasi, Bubba Wallace, sempat emosi di tengah balapan kemudian memutuskan untuk rage quit. Tak hanya itu, ia juga berkata-kata kasar di live stream, mengejek audiens lewat media sosial, dan berkata bahwa dia tidak menanggapi turnamen esports ini dengan serius.

Tindakan ini ditanggapi keras oleh sponsor Bubba Wallace, yaitu Blue-Emu. Mereka membalas cuitan Wallace di Twitter dengan berkata, “Selamat tinggal Bubba. Kami tertarik pada drivers, bukan quitters.” Kini Blue-Emu tak lagi mensponsori Bubba Wallace.

Fnatic Gelar Turnamen Amal untuk Melawan Virus Corona

Sumber: One Plus India

Fnatic bekerja sama dengan platform streaming asal India, Loco, untuk menggelar turnamen esports amal dengan judul #GamingForGood. Tujuannya adalah penggalangan dana untuk disumbangkan pada pihak-pihak yang terkena dampak pandemi virus corona. Game yang diusung adalah PUBG Mobile, dan turnamen ini digelar pada tanggal 3-5 April 2020 kemarin.

Fnatic menggandeng sejumlah brand untuk turut mendukung turnamen amal ini. Termasuk di antaranya OnePlus, Homegrown, AFK Gaming, Villager Esports, dan BookMyShow. Uang hadiah senilai 2.000.000 Rupee (sekitar Rp434,5 juta) disumbangkan pada lembaga Zomato Feeding India dan 4DOG’SAKE India, ditambah lagi dengan donasi yang datang dari para viewers.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.