Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 15 Juni 2020

Pekan ini ada berita tentang PS5 yang menyusahkan organizer turnamen, program esports baru FIFA 20, studio Tencent khusus PUBGM, dan lainnya.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 15 Juni 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Pekan ini ada berita tentang PS5 yang ternyata berpotensi menyusahkan organizer turnamen esports, program baru dari EA Sports untuk FIFA 20, serta Tencent yang membuka studio khusus PUBG Mobile di Katowice, Polandia. Simak semuanya di bawah.

PS5 Diduga Bakal Menyulitkan Bagi Organizer Turnamen Esports

Sumber: VGC

Sony akhirnya mengungkap wujud PS5 beserta sejumlah game menarik yang hadir di sana dalam acara The Future of Gaming beberapa hari lalu. Kebanyakan penggemar tampaknya puas dan gembira dengan pengumuman tersebut, tapi ada kekhawatiran baru yang muncul di kalangan organizer dan kompetitor esports. Khususnya esports game fighting.

BACA JUGA: Bentuk PS5 Resmi Terungkap! Inilah 26 Game yang Akan Hadir di Sana

Kekhawatiran itu muncul sebab PS5 terlihat hanya memiliki satu colokan USB di bagian depannya. Bagian belakang console ini masih belum terungkap, namun satu colokan USB jadi merepotkan bila kompetitor ingin memasang controller saat turnamen. Sementara penggunaan stik wireless kurang memuaskan karena adanya delay. Sebetulnya ada 1 lagi port USB di bagian depan PS5, tapi port itu berjenis USB C. Sementara tidak semua controller mendukung konektivitas tersebut.

Evil Geniuses Jalin kerja Sama dengan Motorola

Sumber: Evil Geniuses via Esports Insider

Organisasi esports populer Evil Geniuses belakangan ini tengah menjalani perubahan branding. Sebagai bagian dari proses tersebut, mereka meluncurkan logo baru yang lebih datar dan minimalis, juga menjalin kerja sama dengan sejumlah brand produk. Salah satunya yang baru diungkap adalah brand smartphone Motorola.

Tidak ada informasi tentang nilai nominal kerja sama tersebut, tapi Esports Insider melaporkan bahwa Evil Geniuses akan memamerkan produk terbaru Motorola yaitu smartphone Motorola Edge+ sepanjang LCS Summer Split. Motorola juga akan menjadi sponsor untuk penciptaan konten-konten Evil Geniuses, seperti podcast serta analisis permainan sepanjang musim. Tim ini sebelumnya sudah menjalin kerja sama dengan brand LG UltraGear.

Tencent Ungkap Studio Esports PUBG Mobile di Katowice

Sumber: Tencent via Dot Esports

Tencent akhirnya mengungkap wujud studio esports yang baru mereka dirikan di kota Katowice, Polandia. Studio ini dibuat khusus untuk memfasilitasi kompetisi PUBG Mobile, jadi wajar bila pengumumannya dilakukan dalam acara PMPL South Asia Finals. Kabar tentang pendirian studio ini sendiri sudah beredar sejak bulan Maret lalu.

Dilasir dari Dot Esports, tadinya studio ini akan digunakan untuk menggelar turnamen PMPL Americas dan PUBG Mobile World League. Akan tetapi rencana tersebut batal karena adanya pandemi. Pihak Tencent juga mengaku sudah menunjukkan studio ini kepada sejumlah tim PUBG Mobile profesional, dan ternyata mereka menyukainya.

EA Gelar Turnamen Global FIFA Baru dengan Format Online

Pandemi COVID-19 telah membuat sejumlah kompetisi esports harus ditunda atau dibatalkan, termasuk turnamen FIFA tingkat dunia yaitu EA Sports FIFA 20 Global Series. Acara ini ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan, dan EA Sports mengaku akan menggunakan waktunya untuk event esports atau siaran online lainnya. Kini mereka menepati janji, dan meluncurkan kompetisi baru yang sepenuhnya online.

Turnamen baru ini bernama EA Sports FIFA 20 Summer Cup Series. EA mengundang para pemain top dari enam region (Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Oseania, dan Timur Tengah – Afrika) untuk berkompetisi dari tanggal 17 Juli – 9 Agustus 2020. Turnamen ini akan dimainkan eksklusif di PS4, dan menawarkan hadiah senilai US$228.000 (sekitar Rp3,3 miliar).


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.