Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 11 Mei 2020

Kabar pekan ini mencakup aksi Sergio Aguero saat mencicipi esports Formula 1, rencana Capcom membuka liga esports khusus wanita, dan lainnya.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 11 Mei 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Pekan ini ada kabar tentang event PUBG Mobile untuk menyambut lebaran, bintang sepak bola Sergio Aguero yang mencicipi esports Formula 1, hingga rencana Capcom untuk membuka akademi esports serta liga khusus perempuan. Simak beritanya di bawah.

Atlet CS:GO dan Overwatch Hijrah Massal ke Valorant

Ryan “freakazoid” Abadir | Sumber: TalkEsport

Valorant saat ini masih berada di fase beta, namun berbagai pihak sudah mulai menunjukkan ancang-ancang untuk terjun ke dunia kompetitifnya. Beberapa atlet first person shooter profesional dari game lain bahkan menyatakan bahwa mereka akan hijrah ke Valorant. Termasuk di antaranya juara Overwatch League yaitu Sinatraa, mantan pemain Cloud9 yaitu freakazoid dan Zellsis, dan masih banyak lagi.

Menurut laporan VPEsports, salah satu alasan hijrah itu adalah karena ekosistem esports CS:GO kurang mendukung untuk kompetisi tier 2 dan tier 3. Tim maupun organizer hanya fokus di kompetisi level tertinggi alias tier 1, sehingga membuat banyak pemain terpinggirkan.

Di sisi lain, Riot Games berjanji bahwa esports Valorant akan fokus pada pengembangan ekosistem, dan membuka kesempatan kerja sama pada berbagai elemen komunitas. Ditambah dengan reputasi Riot sebagai penerbit game yang sangat besar, Valorant jelas tampak lebih menarik. Akankah esports Valorant tumbuh lebih subur dari CS:GO dan Overwatch?

PUBG Mobile dan JOOX Gelar Turnamen Seleb BEAT IT SING IT

Sumber: PUBG Mobile

Ramadan dan Lebaran jadi momen bagi sejumlah penerbit game untuk mengadakan event. PUBG Mobile termasuk salah salah satunya, mereka akan meluncurkan sebuah event sekaligus turnamen yang diberi nama BEAT IT SING IT. PUBG Mobile bekerja sama dengan JOOX Indonesia untuk penggelaran turnamen ini.

Dalam BEAT IT SING IT, para penggemar akan mendapatkan kesempatan untuk bermain satu tim dengan sejumlah musisi atau selebritas Indonesia. Para musisi itu juga akan menyanyikan lagu secara langsung bagi para penggemar. PUBG Mobile belum mengungkap siapa saja selebritas yang akan berpartisipasi, yang jelas turnamen ini akan digelar pada tanggal 18-22 Mei 2020 nanti.

Sergio Aguero Tantang Para Driver Profesional di Esports Formula 1

Sumber: Sky Sports F1

Mendengar berita bahwa Sergio Aguero bermain esports, mungkin kamu akan mengira kalau dia terjun ke kancah FIFA atau PES sesuai profesi aslinya sebagai pemain bola. Tapi ternyata tidak. Di samping sepak bola, Aguero sebetulnya punya minat lain yaitu balap mobil Formula 1, dan kali ini ia berkesempatan untuk menjajalnya dalam versi virtual.

Aguero bertanding di acara Virtual Spanish Grand Prix pada hari Minggu, 10 Mei kemarin. Ia bersaing dengan sejumlah driver F1 ternama seperti Charles Leclerc, Alex Albon, Lando Norris, dan lain-lain. Selain Aguero, hadir pula atlet dari cabang olahraga lain seperti golf atau kriket. Kamu dapat menonton pertandingannya di channel YouTube Sky Sports F1.

Capcom Siapkan Akademi Esports dan Liga Khusus Perempuan

Sumber: Street Fighter Wiki

Capcom baru saja menerbitkan laporan keuangan yang bisa diakses secara publik. Laporan ini menunjukkan kondisi perusahaan di tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2020, beserta gambaran rencana Capcom untuk tahun fiskal berikutnya. Menariknya, Capcom memberi perhatian khusus bagi dunia esports dan merasa bahwa divisi esports punya potensi untuk tumbuh di masa depan.

Tahun 2019 kemarin Capcom sudah meluncurkan sejumlah program esports sukses seperti Street Fighter League: Pro-JP, Capcom Cup 2019, dan lain-lain. Mereka berencana menjadikan esports sebagai bagian integral dari strategi pertumbuhan ke depannya, dan ingin memperkuat posisi di industri ini dengan cara menambah alokasi modal serta investasi di bidang SDM.

Capcom juga akan mendirikan akademi esports untuk melatih pemain-pemain profesional, membentuk tim-tim regional, serta mendirikan liga khusus untuk perempuan. Keputusan ini cukup kontroversial di kalangan penggemar karena pemisahan liga berdasarkan gender dianggap diskriminatif dan memunculkan stigma bahwa perempuan punya skill di bawah pemain laki-laki.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.