Susah Dapat Drop Item Ragnarok Mobile? Mungkin ini 5 Penyebabnya!


ragnarok m

Salah satu hal yang paling susah ketika memainkan Ragnarok M: Eternal Love, yaitu susahnya mendapatkan Drop Item.

Sebenarnya tidak hanya di Ragnarok M: Eternal Love saja, dari zaman Ragnarok Online (RO) versi PC, drop rate item memang adalah hal yang sangat spesial untuk didapatkan.

Meskipun lebih simpel dibandingkan RO zaman dulu yang cukup rumit dalam pembuatan item tertentu, Ragnarok M tetap memiliki drop rate yang sangat kecil, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan item tertentu.

Bahkan jika kita mencoba melihat harga di marketplace yang bisa kita lihat di NPC Big Cat Man, biasanya item-item material tersebut sangatlah mahal harganya!

Kita coba usaha untuk hunting + grinding item, tapi kok gak dapat melulu ya item yang kita harapkan. Nah coba cek siapa tahu 5 ini penyebabnya!

1. Combat Time Habis

ragnarok m

Combat Time atau biasa disebut dengan stamina adalah salah satu fitur terbaru yang hadir di Ragnarok M. Dengan fitur ini menjadikan kita lebih “terkontrol” untuk melakukan hunting dan grinding.

Dengan adanya combat time, kita memiliki waktu tertentu untuk hunting. Jika combat time habis, otomatis secara perlahan segala drop rate termasuk exp akan terus turun dan kita tidak akan mendapatkan apa-apa lagi meskipun kita melakukan hunting selama mungkin.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa mendapatkan drop dengan syarat kamu sedang menjalankan quest tertentu. Hanya saja kamu akan mendapatkan item yang hanya terkait atas quest tersebut.

2. Drop Rate dari Monster Memang Rendah

ragnarok m
Sumber: GamingPH

Setiap monster atau biasa disebut dengan momon, memiliki drop rate yang berbeda-beda. Salah satu contoh kamu bisa melihat pada dua monster di daerah Marroc, yaitu Peco Peco dan Desert Wolf.

Keduanya memiliki drop item yang sama, yaitu Hard Skin. Lucunya, kamu akan lebih sulit mendapatkan Hard Skin tersebut jika hunting Peco Peco.

Akan lebih mudah jika kamu hunting ke Desert Wolf, karena drop rate pada Desert Wolf lebih tinggi dibandingkan Peco Peco.

Oleh karena itu, selalu usahakan cari monster yang memiliki drop rate lebih tinggi ya!

3. Monster Tidak Drop Item yang Dicari

ragnarok m

Terkadang kita sudah capek-capek mencari item yang diincar tapi kok gak dapat-dapat ya. Ada kemungkinan juga hal tersebut dikarenakan kamu salah berburu monster.

Kamu bisa mendapatkan info mengenai monster apa saja yang bisa diburu untuk mendapatkan item tertentu, di situs RoGuard, yaitu situs database segala informasi mengenai Ragnarok M: Eternal Love.

4. Item yang Dicari Memang Langka

ragnarok m
Sumber: GamingPH

Ada kemungkinan juga, bahwa item yang dicari memang item yang langka. Beberapa contoh item seperti Dyestuff yang cuma bisa didapat paling mudah dengan berburu monster leaves. Sedangkan untuk bisa bertemu monster tersebut, sangat jarang sekali.

Salah satu item langka juga seperti Mercury hanya bisa didapatkan dari 4 monster yang drop rate nya paling tinggi sebesar 3-4% saja. Ya cukup menyita waktu untuk bisa berburu item tersebut.

5. Hoki

ragnarok m

Ya tidak bisa dipungkiri bahwa “hoki” berpengaruh dalam gim Ragnarok M ini. Kamu bisa mendapatkan item dengan drop rate rendah, sudah pasti kamu sedang memiliki hoki yang tinggi.

Jika ternyata kamu jarang sekali mendapatkan item yang diinginkan, ya sudah berarti kamu sedang tidak hoki.


Nah itu dia 5 penyebab yang menyebabkan kamu tidak dapat drop item. Kamu pernah kesulitan mendapatkan drop item?


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz