3 Tips Jualan di Ragnarok M: Eternal Love biar Cepat jadi Sultan!


tips mendapatkan zeny ragnarok
Sumber: Youtube IceXGame

“Duh kok gue miskin banget ya main Ragnarok M: Eternal Love ini.” Mungkin kamu juga mengalami hal ini, padahal sama seperti di dunia nyata, jika ingin kaya maka kamu harus menjadi pedagang dengan jualan di Ragnarok M: Eternal Love.

Jualan di Ragnarok M, memang bisa ya? Tentu saja bisa! Sama seperti gim online lainnya di mana kamu bisa menjual berbagai item yang kamu dapatkan atau yang kamu miliki untuk mendapatkan sejumlah zeny.

Nah kali ini kita akan membahas tips jualan di Ragnarok M: Eternal Love biar cepat jadi sultan. Kita tidak akan membahas mengenai item apa yang harus dijual yang sedang laku, sebab itu akan merusak harga pasar dan yang pasti untungnya hanya sementara. Ini serius lho!

BACA JUGA: Bingung Cara Top Up? Ini dia Cara Top Up Ragnarok M: Eternal Love

Ya sudah kita langsung bahas saja ya tips jualan di Ragnarok M. Cekidot!

1. Hunting Material yang Sering Dicari

jualan di ragnarok m

Nah ini, hal yang paling utama ketika bermain Ragnarok adalah selalu hunting material yang sering dicari oleh banyak orang.

Item material yang dicari bisa macam-macam selama memang dibutuhkan untuk upgrade tier atau sekadar membuat item seperti weapon, armor dan headdress.

Nah yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah langsung menjual material tersebut.

Memang sih, beberapa item tertentu langka untuk didapatkan karena drop rate yang sangat rendah seperti Iron, Steel, Mercury, berbagai macam jenis Dyestuff dan lain sebagainya.

Padahal ada hal yang lebih baik, yuk kita cek poin berikutnya!

2. Jual Item Setelah Craft

jualan di ragnarok m

Lanjutan dari poin pertama. Setelah kamu mendapatkan material yang sering dicari, ingat jangan langsung dijual! Gunakan item-item material tersebut untuk melakukan craft item. Setelah itu barulah jual.

Bagaimana jika ternyata material yang dimiliki kurang? Tidak masalah, kamu bisa membeli melalui exchange untuk memenuhi kekurangan material tersebut, tapi ingat! Kamu juga harus menghitung margin ketika membeli item yang akan di-craft atau dibuat sebelum menjualnya.

Contoh, harga item weapon atau armor sebesar 150.000 zeny.

Jika kamu membeli semua material yang ada seharga 130.000 dan biaya craft 20.000 maka kamu akan rugi, sebab pendapatan yang kamu akan dapatkan sudah habis untuk biaya produksi, sedangkan kamu juga harus mengeluarkan biaya “jasa” untuk meletakkan item di NPC Exchange.

Belum lagi pajak setelah item terjual sebesar 10% dari harga item.

3. Jual Item yang Open Bet

jualan di ragnarok m

Bersyukurlah sistem berjualan di Ragnarok M memiliki fitur “Open Bet”. Apa itu Open Bet? Sebuah keadaan di mana item tersebut sedang banyak dicari dan orang-orang rela membeli dengan harga yang tertera.

Ketika sebuah item dalam keadaan Open Bet, sudah pasti item tersebut akan terjual setelah masa Open Bet selesai. Hal ini akan mempercepat cash flow kamu atau uang yang didapat akan lebih cepat dibanding kamu hanya sekedar menjual item yang tidak sedang Open Bet, karena tidak jelas kapan item akan terjual.

Kesimpulan

Pada intinya, jualan di Ragnarok M biar cepat kaya hampir sama dengan di dunia nyata. Selalu ikuti permintaan pasar maka kamu akan cepat kaya raya!

Tidak hanya itu, kamu tidak perlu menjual bahan, jadikan bahan yang kamu miliki untuk item yang memiliki benefit atau kegunaan yang lebih baik sehingga kamu bisa jual lebih mahal dibanding hanya menjual item itu sendiri.

Hanya saja memang ada satu kasus di mana harga jika kamu menjual item material saja tanpa craft akan mendapatkan revenue atau zeny lebih banyak.

Jangan lupakan juga bahwa ada cash flow, di mana kamu akan mendapatkan zeny lebih cepat jika menjual item “Open Bet”, yang biasanya item tersebut adalah item weapon maupun armor.

Item material sangat jarang memiliki status “Open Bet” sehingga cash flow akan lebih lambat dibanding menjual item yang dibuat terlebih dahulu.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz