Lebih Untung Mana, Jual Premium di Exchange atau Dipakai?


Lebih untung mana, menjual kartu Premium Ragnarok M: Eternal Love, atau memakainya? Artikel ini akan menjawabnya!

Salah satu fitur yang berbeda dengan Ragnarok Online jadul di Ragnarok M: Eternal Love, yaitu adanya Premium User, fitur yang membuatmu akan mendapatkan kelebihan tersendiri dibanding para pemain biasa.

Cara mendapatkan fitur Premium User adalah dengan melakukan recharge atau top up dan memilih Premium. Nantinya kamu akan mendapatkan satu kartu yang bernama “Premium for Novice”.

Jika kamu membeli Premium di saat artikel ini ditulis, kamu akan mendapatkan kartu yang berbeda, yaitu fitur Premium khusus bulan Januari.

BACA JUGA: Item Murah Ragnarok M: Eternal Love yang Pasti Laku Dijual

Fitur Premium Bisa Dijual

premium

Tahukah kamu bahwa kartu Premium (Premi), ternyata bisa dijual di Exchange lho! Kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan zeny dengan jumlah yang cukup banyak.

Tentu saja harga jual untuk mendapatkan fitur premi ini cukup mahal jika ditukar dengan zeny. Ketika artikel ini ditulis, kartu Premium for Novice bisa kamu dapatkan seharga 2,3 juta zeny.

BACA JUGA: Ini Dia 8 Kelebihan Utama Premium User di Ragnarok M: Eternal Love!

Lebih Untung Dipakai atau Dijual?

premium

Nah jika kita bandingkan, apakah lebih untung digunakan saja, atau dijual?

Secara teori, kita bisa menjual dengan harga yang cukup mahal. Secara instan kita bisa mendapatkan zeny dari 2 juta hingga 3 juta. Hanya saja harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai kondisi pasar dalam gim.

Jika kita gunakan, pengalaman saya idealnya kamu bisa manfaatkan efek di dalamnya, di mana kamu akan mendapatkan drop lebih banyak sebesar 33% dan manfaat Premium lainnya.

Dengan manfaat tersebut kamu bisa mendapatkan setidaknya 100-500 ribu zeny setiap harinya hasil dari menjual item-item hasil farming monster, Pet Adventure, dan juga mempekerjakan Pet.

Jika dihitung perbulan, maka kamu akan mendapatkan kurang lebih 3-15 juta zeny jika kamu beruntung.

Beli dari Zeny

premium

Kita bisa menjual, tentu saja ada yang membeli kartu premi tersebut. Secara teori membeli via Exchange lebih rugi dibanding beli secara tunai.

Jika membeli secara tunai, kamu bisa membeli dengan harga Rp119.000. Padahal jika kamu membeli zeny secara tunai, dengan Rp149.900 kamu akan mendapatkan 600.000 zeny, yang artinya membeli kartu premi via Exchange jauh lebih mahal.

Kesimpulan

premium

Jadi mana yang lebih menguntungkan, apakah jual premi langsung atau digunakan? Jika dilihat dari waktunya secara jangka pendek menjual premi sungguh menguntungkan. Kamu akan mendapatkan zeny dengan jumlah banyak secara cepat.

Hanya saja secara jangka panjang, menggunakan kartu premi lebih menguntungkan karena kamu akan mendapatkan uang jauh lebih banyak dibanding menjualnya secara langsung.

Jika kamu bisa disiplin bermain, maka kamu bisa membeli premi tanpa harus mengeluarkan uang langsung.

Jika perbulan bisa menghasilkan hingga 15 juta zeny, maka membeli premi dengan zeny akan menjadi makanan sehari-hari.


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..