Hati-Hati Harga Anjlok, Jebakan Jual Material di Ragnarok M!


Dalam bermain Ragnarok M, ada cara cepat untuk mendapatkan uang atau zeny, yaitu dengan cara berjualan, salah satu satunya adalah jual material di Ragnarok M.

Material adalah salah satu jenis item yang digunakan untuk menjadi bahan sebuah equip karakter. Biasanya sebuah equip membutuhkan beberapa material ketika akan dibuat. Salah satu contohnya seperti gambar di bawah ini.

Jual Material di Ragnarok M

material di ragnarok m
Material yang dibutuhkan untuk membuat item Hat

Berjualan di gim Ragnarok M tidak seperti berjualan item di gim-gim MMORPG yang biasa kamu temukan di PC. Gim MMORPG memang biasanya memiliki sistem trading, di mana setiap pemain bisa melakukan transaksi atau pertukaran item maupun mata uang di gim.

Dengan adanya sistem tersebut menjadikan munculnya kegiatan ekonomi di dalam gim, layaknya kegiatan ekonomi di dunia nyata.

Artinya hukum ekonomi juga akan terjadi di dunia gim. Hukum ekonomi selalu berdasar pada dua elemen, yaitu jumlah permintaan dan jumlah penawaran atau biasa disebut dengan Supply & Demand.

Dalam hukum ini berlaku hukum supply, di mana barang semakin banyak di pasar maka akan semakin murah begitupun sebaliknya.

Sedangkan untuk hukum demand, di mana orang-orang mencari barang tersebut maka akan semakin mahal harga barang tersebut begitupun sebaliknya.

Harga Material bisa Anjlok!

material di ragnarok m
Menu Exchange untuk Weapon

Pada dasarnya item yang didapat dari monster sifatnya memang acak, akan tetapi tidak ada batas kamu mendapatkan item tersebut.

Sehingga cepat atau lambat, item-item tersebut dalam jangka panjang akan mengalami penurunan harga secara terus menerus.

Mungkin kamu akan menemukan item steel yang harganya awalnya mahal ketika kamu akan beli, karena cukup sulit untuk mendapatkannya, akan tetapi akan segera turun harganya karena terlalu banyak supply atau terlalu banyak steel yang ada di pasar karena banyak yang menjual steel.

Begitupun sebaliknya, iron sempat memiliki harga yang murah, akan tetapi sempat naik kembali bahkan lebih mahal dari steel.

Hal ini dikarenakan sedikitnya supply tapi demand yang tinggi. Biasanya hal ini dikarenakan banyaknya player newbie yang memang membutuhkan item tersebut atau memang ada misi yang membutuhkan item tersebut.

Kenali Tren dan Informasi Naik dan Turun Harga

material di ragnarok m
Menu Assistant yang bisa membantu kamu mengecek pergerakan harga

Bersyukurlah untuk kamu yang senang jual material di Ragnarok M. Sebab gim ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengenali keadaan pasar.

Caranya adalah dengan merekrut Assistant yang bisa kamu rekrut di Prontera Castle. Kamu bahkan bisa memilih apakah dibantu oleh assistant cewek yang seksi, atau assistant cowok yang gentle. Ya, salah satu fitur yang cukup menghibur.

Oke, kembali ke pengenalan tren pasar. Jika kamu sudah merekrut assistant yang dimaksud, kamu tinggal klik tombol finance, maka kamu akan melihat beberapa item yang sedang melonjak naik ataupun merosot turun.

Dari informasi tersebut, bisa membantu kamu untuk item apa yang bisa saya jual dan item apa yang bisa saya beli.

BACA JUGA: 4 Mercenary Cat Ragnarok M : Eternal Love, Mana yang Terkuat?


Selama ini saya masih menggunakan karakter Hunter. Jika ada waktu, mungkin akan mencoba menggunakan karakter Merchant yang sepertinya memiliki kelebihan di fitur ini.

Ditunggu ya info selanjutnya mengenai Ragnarok M : Eternal Love hanya di Gimbot.com!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz