Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 22 Juni 2020

Pekan ini ada kabar esports global Valorant, atlet perempuan pertama Manchester City, Capcom Pro Tour Online yang terganggu lag, dan lainnya.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 22 Juni 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Pekan ini ada kabar tentang Riot Games yang meluncurkan turnamen global Valorant, Manchester City yang merekrut pemain perempuan pertama, Capcom Pro Tour Online yang terganggu oleh masalah lag, dan sebagainya. Simak beritanya di bawah.

Riot Games Luncurkan Turnamen Esports Global Valorant

Awal bulan Juni ini menjadi momen diluncurkannya game first-person shooter kompetitif baru milik Riot Games, yaitu Valorant. Mengingat reputasi yang sudah disandang perusahaan tersebut, tentu hanya soal waktu sebelum game ini juga menjadi sebuah esports. Ternyata tidak butuh menunggu lama, Riot Games langsung meluncurkan turnamen berskala global!

Turnamen ini disebut Valorant Ignition Series 2020. Dalam penyelenggaraannya, Riot Games bekerja sama dengan lebih dari 20 organisasi esports di seluruh dunia. Dua turnamen Ignition Series pertama adalah G2 Esports Valorant Invitational untuk wilayah EMEA, disusul dengan RAGE Valorant Japan Invitational untuk wilayah Jepang, keduanya digelar pada tanggal 19-21 Juni 2020. Menyusul turnamen Ignition Series lain di Amerika Utara, Brasil, Korea, Rusia, dan sebagainya.

Capcom Pro Tour Online Terganggu Karena Masalah Lag

Derek “iDom” Ruffin | Sumber: Robert Paul

Capcom Pro Tour adalah kompetisi resmi Street Fighter yang digelar di berbagai penjuru dunia, namun gara-gara pandemi turnamen ini hanya bisa diadakan secara online. Ini membuat berbagai masalah muncul, yang paling parah adalah lag. Gara-gara lag ini, sejumlah kompetitor bahkan sampai berhenti bermain dan memutuskan untuk mundur dari kompetisi.

Di antara orang-orang terdampak lag itu adalah iDom, sang juara Capcom Cup 2019. Penyebab lag ini sebetulnya bermacam-macam. Selain dari jarak antar pemain yang jauh, serta netcode Street Fighter V: Champion Edition yang masih kurang baik, lag ini diperparah oleh keputusan Capcom untuk melarang penggunaan stage The Grid. Padahal The Grid adalah stage yang paling simpel/ringan dalam game, sehingga dapat meminimalkan lag dan jadi pilihan banyak orang saat turnamen.

Red Bull Rebellion Luncurkan Roster Tim Divisi Free Fire

Beberapa waktu lalu Red Bull Rebellion telah menggelar turnamen bertajuk Rising Stars Challenge untuk mencari pemain-pemain berbakat di Indonesia. Kini turnamen tersebut sudah selesai, dan Red Bull akhirnya meresmikan roster tim mereka untuk divisi Free Fire.

Para anggota tim Red Bull Rebellion (RBR) Free Fire diangkat dari roster tim PBM Hunter yang merupakan juara Rising Stars Challenge. Mereka terdiri dari Abdul “Zeyyy” Zaelani, Anggi “Calvinn” Hutagalung, Dwi “MrHome” Aidil Fikri, Zico “Zicoo” Ramadhan, serta pelatih Syarifuddin “FuddinMS”. Sebelumnya, Red Bull Rebellion sudah memiliki divisi Mobile Legends yang dulu dibentuk dari turnamen Rising Stars Challenge juga.

Manchester City Rekrut Atlet Esports Perempuan Pertama

Manchester City semakin mengembangkan kiprahnya di dunia esports FIFA. Mereka baru saja mengumumkan perekrutan seorang atlet bernama Xiao Jie. Ia adalah atlet perempuan pertama di tim esports Manchester City cabang Cina, dan akan membawa bendera klub Sichuan Jiuniu FC.

Klub sepak bola asal Inggris ini pertama kali meluncurkan tim esports FIFA Online di Cina pada bulan Juni 2018. Di samping merekrut Xiao Jie, Manchester City juga meluncurkan kompetisi esports FIFA 20 unik yang menampilkan para pemain bola dari 8 klub berbeda. Turnamen bernama CFG (City Football Group) FIFA Challenge ini juga menghadirkan pemain-pemain dari FaZe Clan untuk ikut berpartisipasi.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.