Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 13 Januari 2020

Mulai turnamen kerja sama MyRepublic dan PlayStation, hingga akuisisi tim PUBGM EVOS oleh FaZe Clan, simak berita esports terseru minggu ini.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 13 Januari 2020. Bagi kamu yang gemar esports, rubrik ini hadir secara khusus agar kamu selalu update terhadap perkembangan terkini tanpa perlu menggali kabar yang bertebaran di mana-mana.

BACA JUGA: Game Point of Click Adventure Klasik Terbaik yang Bisa Dimainkan di PC

Seminggu terakhir, ada beberapa hal menarik untuk kamu ketahui. Misalnya turnamen esports skala regional hasil kerja sama MyRepublic dengan PlayStation, mantan tim PUBG Mobile EVOS yang direkrut FaZe Clan, dan lain-lain. Langsung saja simak di bawah.

Dunia Street Fighter Gempar Akibat Mod yang Mempengaruhi Kualitas Koneksi

Hanya sebuah mod, tapi bisa menggemparkan? Bagaimana mungkin? Itu mungkin saja, sebab mod buatan programmer bernama Altimor ini bukan cuma mengubah tampilan karakter atau fitur, melainkan mengubah cara kerja jaringan online dalam Street Fighter V.

Street Fighter V sejak pertama kali muncul sudah sering dikomplain karena kualitas jaringannya yang kurang baik. Meskipun kita bertanding dengan orang di negara yang sama, game ini kadang tetap lag sehingga pertandingan jadi tak nyaman. Pada tanggal 8 Januari kemarin, Altimor mengungkap bahwa lag tersebut muncul karena adanya bug di pemrograman jaringan Street Fighter V, dan ia merilis mod untuk memperbaiki bug tersebut di PC.

Para penggemar yang sudah mencoba mengaku mod ini sangat efektif, dan pertandingan online mereka jadi sangat lancar. Tapi ini artinya orang-orang yang tidak menggunakan mod (terutama para pemain PS4) menjadi dirugikan secara kompetitif, karena kualitas jaringannya tidak seimbang.

Bila mod ini terus beredar, turnamen Intel World Open yang digelar bersamaan dengan Olimpiade Tokyo 2020 nanti terancam jadi tak adil, sebab turnamen itu menerapkan sistem kualifikasi online secara cross-play. Yoshinori Ono dari Capcom menyatakan bahwa ia sudah tahu mengenai mod ini, namun belum jelas tindakan apa yang akan diambil.

MyRepublic Luncurkan Turnamen Regional Call of Duty, FIFA, dan Tekken

Sumber: MyRepublic GAMER

MyRepublic GAMER bekerja sama dengan PlayStation Asia untuk menghadirkan turnamen Call of Duty: Modern Warfare, FIFA 20, dan Tekken 7 dengan skala regional. Regional ini artinya mereka membuka pendaftaran peserta dari beberapa negara Asia Tenggara, antara lain Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Sementara total hadiah yang ditawarkan sebesar US$25.000, alias sekitar Rp342,4 juta.

Pendaftaran bisa kamu lakukan secara gratis lewat situs resmi MyRepublic GAMER Arena 2020. Jadwal pertandingan dibagi ke dalam tujuh minggu, dimulai dari 11 Januari kemarin hingga tanggal 29 Februari 2020 nantinya. Karena turnamennya digelar bekerja sama dengan PlayStation, platform pertandingan yang digunakan pun eksklusif di PS4 saja. Apakah kamu berminat untuk ikut?

Hasil Final Regional Timur Piala Presiden Esports 2020

Sumber: Kincir

Piala Presiden Esports 2020 hadir dengan mengusung hadiah senilai Rp1,5 miliar yang dibagi ke dalam empat cabang pertandingan: Free Fire, eFootball PES 2020, Mobile Premier League, dan satu game lokal yang masih belum ditentukan.

Akhir pekan kemarin (11-12 Januari), ajang kompetisi ini baru saja menyelesaikan babak Final Regional Timur yang digelar di Pakuwon Mall, Surabaya. Final Regional ini menyaring sejumlah tim dan pemain dari berbagai daerah untuk kemudian maju ke babak Grand Final nanti. Berikut para pemain dan tim yang berhasil lolos.

FaZe Clan Rekrut Mantan Tim PUBG Mobile EVOS

Sumber: FaZe Clan

Kalau kamu penggemar esports PUBG Mobile mungkin kamu kenal nama EVOS BurnOut, tim PUBG Mobile profesional asal Thailand yang bertanding membawa bendera EVOS. Tim ini aktif sejak pertengahan 2018, namun di akhir 2019 kemarin, EVOS BurnOut melepaskan roster pemainnya dan kini statusnya tidak aktif di kompetisi PUBG Mobile.

Rupanya, sejumlah pemain mantan EVOS BurnOut itu kini direkrut oleh FaZe Clan menjadi tim PUBG Mobile mereka. Roster ini sekaligus menjadi tim pertama FaZe Clan yang berbasis di Asia.

FaZe Clan PUBG Mobile Squad terdiri dari Vintorez, Bulshark, MR5 (alias Maroon5), dan Echo. Bagaimana kiprah mereka di dunia esports PUBG Mobile nantinya, kita tunggu saja bersama.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.