Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 27 April 2020

Penggemar game fighting harus kecewa sebab ajang IFGC MAX telah ditunda. Sebaliknya, ada hiburan baru untuk fans Free Fire dan COD: Mobile.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 20 April 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Penggemar game fighting di Indonesia pekan ini harus kecewa sebab ajang IFGC MAX telah ditunda entah sampai kapan. Sebaliknya, bakal ada hiburan baru untuk kamu yang menggemari Free Fire atau Call of Duty: Mobile. Simak langsung beritanya di bawah.

Ajang Gelut IFGC MAX Ditunda Sampai Waktu yang Tak Ditentukan

Sumber: Metaco

Para pecinta game fighting di Indonesia pasti sudah menunggu-nunggu hadirnya ajang esports fighting akbar, Indonesia Fighting Game Championship (IFGC) MAX. Direncanakan berlangsung pada tanggal 4-5 Juli 2020, acara yang digelar oleh Advance Guard dan Metaco ini adalah salah satu bagian dari Tekken World Tour 2020 dengan kasta Challenger. Selain merupakan wadah kompetisi yang besar, kita kemungkinan juga akan kedatangan pemain-pemain dari luar negeri nantinya.

Sayangnya kini ada kabar buruk. Metaco telah mengumumkan bahwa IFGC MAX terpaksa ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan akibat wabah COVID-19 yang belum kunjung membaik. Langkah ini diambil demi memprioritaskan keselamatan para petarung, penonton, juga para staf. Semoga saja kondisi kesehatan dunia semakin membaik, sehingga IFGC MAX bisa kembali dengan format yang lebih seru lagi.

Red Bull Rebellion Cari Pemain untuk Tim Profesional Free Fire

Sumber: Rebellion Esports

Turnamen Red Bull Rebellion Rising Star Challenge kembali lagi, kali ini tujuannya adalah untuk mencari pro player di cabang Free Fire! Selain itu tentu saja ada hadiah menarik juga. Juara 1 turnamen berhak membawa pulang hadiah senilai Rp5.000.000, sementara juara 2 dan juara 3 masing-masing mendapatkan Rp2.000.000 dan Rp1.000.000.

Babak kualifikasi Red Bull Rebellion Rising Star Challenge – Free Fire akan berlangsung pada tanggal 28 April hingga 1 Mei. Dilanjutkan dengan final kualifikasi, babak grup, hingga akhirnya Grand Final pada tanggal 16 Mei 2020. Pemain-pemain terbaik turnamen ini berkesempatan untuk mendapatkan kontrak profesional dan tinggal di gaming house yang disediakan oleh Red Bull Rebellion.

Turnamen Global COD: Mobile Dibuka dengan Hadiah US$1.000.000

Sumber: Call of Duty: Mobile

Call of Duty: Mobile telah berkembang pesat menjadi salah satu game mobile yang paling digemari di dunia. Dengan jumlah download lebih dari 172 juta kali, wajar bila akhirnya game ini juga menjadi cabang esports populer. Activision baru-baru ini telah mengumumkan turnamen global resmi COD: Mobile, dengan total hadiah mencapai US$1.000.000 (sekitar Rp15,6 miliar).

Turnamen tersebut bernama Call of Duty: Mobile World Championship 2020, disponsori oleh Sony Xperia. Babak kualifikasi terbuka akan diadakan secara online pada tanggal 30 April – 24 Mei, khusus untuk pemain dengan rank Veteran ke atas. Activision belum membuka detail lebih lanjut tentang babak turnamen berikutnya, yang jelas mereka siap menjadikan turnamen ini kompetisi jangka panjang.

EA Sports Gandeng ESPN untuk Siaran Esports Madden NFL

Sumber: EA Sports via Esports Insider

EA Sports baru-baru ini mengumumkan sebuah kerja sama besar bersama ESPN untuk menyiarkan sejumlah program esports Madden NFL. Salah satunya adalah tayangan langsung Madden NFL 20 Bowl Last Chance Qualifier. Di samping itu ada juga tayangan Madden NFL 20 Celebrity Tournament Championship, sebuah khusus selebriti yang hasilnya akan disumbangkan untuk badan amal. Ini masih ditambah beberapa program esports lainnya.

Menurut Todd Sitrin dari EA, esports tengah jadi sumber hiburan yang hebat di seluruh dunia ketika olahraga tradisional tidak bisa dijalankan. Olahraga American football sangat populer di beberapa negara barat terutama Amerika Serikat, jadi jelas ada pasar potensial di sana untuk Madden NFL. Program esports ini juga merupakan bagian dari kampanye EA yang benama “Stay Home. Play Together.” di mana mereka menghadirkan wadah kompetisi di tengah pandemi COVID-19.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.