Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 13 April 2020

Minggu ini ada kabar tentang sejumlah olahraga virtual untuk amal, esports Olimpiade Tokyo yang batal, serta RRQ yang baru jadi juara MPL!


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 13 April 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Minggu ini ada kabar sejumlah pertandingan olahraga virtual yang digelar demi kegiatan amal, acara esports pendamping Olimpiade Tokyo 2020 yang terpaksa dibatalkan, serta tentu saja kiprah RRQ Hoshi yang baru saja menjadi juara MPL Indonesia Season 5! Check it out!

RRQ Jadi Tim Pertama yang Meraih 2 Trofi Juara MPL Indonesia

Sumber: Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia alias MPL ID Season 5 akhirnya memasuki babak puncaknya pada hari Minggu 12 April 2020 kemarin. Meski terkendala wabah COVID-19 sehingga tidak dapat diselenggarakan semegah biasanya, Grand Final ini tetap menunjukkan level kompetisi yang tinggi.

Hari terakhir MPL ID Season 5 diisi oleh dua pertandingan. Pertama yaitu EVOS Legends melawan ONIC untuk menentukan juara lower bracket. Di sini EVOS Legends berhasil menumbangkan ONIC dan maju ke Grand Final. Puncak turnamen adalah el clasico MPL ID di mana RRQ Hoshi kembali bertarung melawan EVOS Legends.

RRQ Hoshi akhirnya keluar sebagai juara, menumbangkan EVOS Legends dan meraih predikat tim pertama di Indonesia yang memegang dua trofi MPL. Vyn dari RRQ Hoshi juga terpilih menjadi MVP babak final MPL ID Season 5. Kamu bisa menonton tayangan pertandingannya di channel YouTube Mobile Legends: Bang Bang.

Subaru Luncurkan Kompetisi Esports Balap Bertema Rally

Sumber: iRacing

Perusahaan produsen mobil Subaru cabang Amerika dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan platform balap virtual iRacing. Salah satu hasil kerja sama itu adalah diluncurkannya kompetisi esports bertema rally, dengan nama Subaru iRX All-Star Invitational. Kompetisi ini digelar pada hari Jumat, tanggal 10 April kemarin.

Subaru iRX All-Star Invitational mengundang sejumlah pembalap dari berbagai cabang seperti rally, rallycross, Indycar, dan NASCAR untuk bertanding dalam 6 event balapan. Kompetisi ini menyediakan prize pool senilai US$10.000 yang seluruhnya akan didistribusikan ke sejumlah lembaga amal. Kamu bisa menonton pertandingannya di channel YouTube iRacing eSports Network.

Turnamen Esports Intel World Open Diundur ke Tahun 2021

Sumber: Intel Newsroom

Intel memiliki sebuah program esports berjudul Intel World Open yang rencananya akan berjalan berdampingan dengan Olimpiade Tokyo 2020. Sayang, gara-gara penyebaran coronavirus, ajang Olimpiade itu terpaksa dibatalkan dan akan diundur ke tahun 2021. Turnamen Intel World Open pun akhirnya mengikuti, dan diundur juga ke tahun yang sama.

Tadinya kualifikasi Intel World Open akan digelar pada tanggal 2 Mei 2020 dengan dua game yang dipertandingkan, yaitu Rocket League dan Street Fighter V: Champion Edition. Belum ada info tentang tanggal pasti kapan turnamen ini digelar nantinya, namun Intel berkata bahwa mereka berkomitmen untuk mewujudkan Intel World Open menjadi kenyataan.

FA Gelar Turnamen Esports Sepak Bola Bernama #FootballsStayingHome Cup

Sumber: FA

Asosiasi sepak bola Inggris, FA, belum lama ini menggelar turnamen esports FIFA 20 dengan nama #FootballsStayingHome Cup. Turnamen ini mempertemukan 16 pemain sepak bola dari berbagai kategori usia, baik laki-laki maupun perempuan, untuk bertanding sambil memperkenalkan masyarakat pada perlawanan terhadap COVID-19 yang dilakukan oleh lembaga National Emergencies Trust.

Beberapa pemain bintang yang mengikuti kompetisi ini termasuk Marcus Rashford, Jadon Sancho, Trent Alexander-Arnold, dan masih banyak lagi. Para pemirsa diajak untuk berdonasi mendukung aktivitas tersebut, seperti banyak event amal yang belakangan ini ramai digelar. Selain FA, EA Sports juga akan menggelar turnamen esports bernama Stay and Play Cup pada tanggal 15 April mendatang.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.