5 Game Point of Click Adventure Klasik Terbaik yang Bisa Dimainkan di PC


Meski mekanisme point of click tergolong lawas, namun ada beberapa game yang tetap menarik dimainkan di era gaming modern seperti saat ini.

Game Point of Click Terbaik di PC

Di era gaming modern seperti sekarang ini, game point of click memang sudah jarang sekali ditemukan. Para developer lebih memilih untuk membuat kontrol bebas pada karakter menggunakan keyboard atau joystick. Namun di masa lalu, sebelum adanya kontrol yang kita kenal, para developer menggunakan metode point of click.

Meski sudah jarang ditemukan, metode point of click tetap ada hingga sekarang meski jumlahnya tak sebanyak dulu. Bagi yang ingin mencobanya, Gimbot merekomendasikan lima judul point of click terbaik di PC untuk dicoba. Berikut ulasannya!

Grim Fandango

Rilis original dari Grim Fandango terjadi di tahun 1998 di mana game ini dibuat oleh developer bernama LucasArt. Meski sudah tak ada versi aslinya atau versi klasiknya, Grim Fandango tetap bisa kalian mainkan versi remasternya. Di masa lalu, Grim Fandango jadi salah satu game yang cukup populer untuk dimainkan.

Dulunya, Grim Fandango menggunakan metode kontrol tank seperti Resident Evil klasik. Namun di versi remaster, Grim Fandango menjadi memiliki support untuk menggunakan metode gerak point of click. Sebanyak 3,9 ribu pengguna Steam mengatakan bahwa ini merupakan game yang cukup bagus untuk dimainkan.

Selain dari mekanisme-nya, jalan cerita dari Grim Fandango juga cukup asyik untuk diikuti di mana gamer bakal menjadi seorang bernama Manny Calavera yang bertugas di departemen kematian untuk memberikan jiwa-jiwa ketenangan agar hidup abadi. Namun Calavera memiliki masalah sehingga dia harus melepaskan dirinya dari ancaman.

Di masa lalu, Grim Fandango diganjar oleh penghargaan GameSpot of the Year dan ini mempertegas bahwa kualitas dari game ini bukan kaleng-kaleng.

Beli Grim Fandango di Sini

Indiana Jones and the Fate of Atlantis

Di Steam, Indiana Jones and the Fate of Atlantis mendapatkan pandangan yang bagus dari beberapa gamer.  Dirilis oleh LucasArt di tahun 1992, game ini jadi salah satu game dengan mekanisme point of click yang layak untuk dimainkan. Dalam game ini gamer bakal menjadi seorang pemburu harta karun namun gamer harus mampu menentukan nasib dari Atlantis sebelum ditenggelamkan oleh agen-agen Nazi.

Game ini menggunakan gaya grafis dari LucasArt yang dianggap cukup indah di masa lalu. Meski menggunakan grafis 2D, unsur sinematik di game ini benar-benar luar biasa bagus pada masanya. Meski menggunakan point of click, Indiana Jones and the Fate of Atlantis mampu memberikan gamer petualangan yang seru.

Kalian bisa berkelahi, menyelesaikan teka-teki, kejar-kejaran mobil dan lain sebagainya. Di game ini kalian juga bisa mendatangi 200 lokasi yang cukup spektakuler.

Beli Indiana Jones and the Fate of Atlantis di Sini

Samorost 3

Samorost 3 merupakan game yang diluncurkan pada tahun 2016 dan dibuat oleh Amanita Design. Game ini bakal membawa gamer pada petualangan surealis yang dipenuhi dengan berbagai macam sketsa aneh. Uniknya, di game ini tidak banyak penjelasan yang kalian dapatkan nantinya.

Dunia yang ada di Samorost 3 juga berbeda-beda sehingga membuat gamer mendapatkan sensasi yang berbeda pula ketika menjelajahi satu planet ke planet lainnya. Di game ini kalian harus berpetualang untuk memecahkan teka-teki serta eksplorasi. Menurut laman Steam, Samorost 3 lebih ambisius dari dua seri sebelumnya.

BACA JUGA: 5 Game PC Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan Januari 2020

Di game ini ada sembilan dunia yang bisa didatangi dan kesembilannya memiliki makhluk serta kejutan yang berbeda. Tak lupa, musik di game ini juga digarap cukup serius. Jangan lupa juga, ini adalah game point of click!

Beli Samorost 3 di Sini

Broken Sword: The Shadow of the Templars

Meski judulnya seperti medieval sekali, namun sebenarnya Broken Sword: The Shadow of the Templars menyajikan petualangan yang berbeda pada praktiknya. Alih-alih di era medieval, gamer justru bakal berpetualang di era modern. Gamer bakal menjadi turis Amerika George Stobbart dan jurnalis foto asal Prancis, Nico Collard.

Keduanya bakal berpetualang ke seluruh penjuru dunia untuk mengungkapkan berbagai peristiwa bersejarah dan organisasi baru yang menyalahgunakan warisan para Knight. Menjadikan point of click sebagai basis, di game ini kalian memang harus banyak memeriksa item-item yang didapatkan untuk diteliti demi mendapatkan petunjuk.

Tak Cuma itu, di game ini memiliki musik yang digarap dengan cukup serius. Bahkan semua karakter yang ada di game ini memiliki suara dan beragam sifatnya. Sebagai game point of click, Broken Sword memiliki kualitas yang layak untuk dicoba.

Broken Sword: The Shadow of the Templars

The Secret of Monkey Island

The Secret of Monkey Island

LucasFilm Games menjadi developer dari salah satu game point of click legendaris bernama The Secret of Monkey Island yang dirilis pada tahun 1990 untuk versi originalnya. The Secret of Monkey Island merupakan sekuel dari game terdahulunya yang digarap lebih baik serta lebih lucu dari sebelumnya.

Di game ini gamer bakal menjadi seorang pria yang mendeklarasikan dirinya untuk menjadi seorang bajak laut. Untuk versi Steam-nya yang dirilis pada tahun 2009, game ini sudah melakukan banyak polesan yang membuat visual serta musiknya menjadi lebih baik dari versi aslinya.

Di game ini kita harus menyelesaikan banyak puzzle yang cukup menantang. Karakter yang ada di game ini juga cukup banyak di mana tak hanya bertemu orang, kita juga bisa bertemu hantu atau mitos yang lekat dengan bajak laut. Di Steam, The Secret of Monkey Island banyak mendapatkan pandangan positif dari para gamer.

Beli The Secret of Monkey Island di Sini


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.