Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 1 Juni 2020

Kabar pekan ini mencakup Lamborghini yang terjun ke dunia esports, turnamen rutin dari Sony, pisahnya ESL dengan Rainbow Six, dan lain-lain.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 1 Juni 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Kabar pekan ini datang dari Lamborghini yang baru saja masuk ke dunia esports, turnamen rutin baru yang diluncurkan oleh Sony, berpisahnya ESL dengan kepengurusan esports Rainbow Six: Siege, dan lainnya. Kamu dapat simak beritanya di bawah.

Sony Luncurkan Turnamen Rutin untuk 7 Game Berbeda

Selama ini PS4 sudah sering menjadi platform pilihan untuk sejumlah game esports populer, namun tampaknya Sony ingin memperkuat dukungannya di ekosistem kompetitif ini. Beberapa waktu lalu Sony mengumumkan peluncuran turnamen baru dengan nama PS4 Tournaments: Open Series, yang akan berjalan rutin sejak tanggal 1 Juni 2020.

Ada 7 game yang dipertandingkan dalam turnamen ini, terdiri dari Call of Duty: Modern Warfare, FIFA 20, Mortal Kombat 11, Warface, NBA 2K20, Soulcalibur VI, serta BlazBlue Cross Tag Battle. Turnamen berlangsung setiap minggu, dengan satu babak puncak Monthly Final digelar per bulannya. Sony menjanjikan beragam hadiah menarik pada para peserta, mulai dari avatar dan theme PS4 eksklusif hingga uang tunai senilai US$1.000 (sekitar Rp14,6 juta).

PUBGM Tandingkan Tim Amatir Lawan Pro di PCC x PMPL SCRIMS

Sumber: PUBG Mobile

PUBG Mobile baru saja selesai menggelar sebuah turnamen cukup unik dengan nama PCC x PMPL SCRIMS. Ini adalah turnamen yang mempertemukan tim-tim terbaik dari PUBG Mobile Community Cup (PCC) Season 5, melawan tim-tim profesional dalam PUBG Mobile Pro League (PMPL) Indonesia.

Total terdapat 8 tim yang berasal dari PCC dan 10 tim dari PMPL ID, termasuk di antaranya Bigetron RA, ONIC Esports, The Pillars Slayers, BOOM Esports, dan lain-lain. Setelah bertarung sengit pada hari Minggu tanggal 31 Mei kemarin, akhirnya tim yang berhasil menjadi juara adalah Bigetron Ion. Meski memiliki susunan roster yang masih cukup baru, Bigetron Ion menunjukkan bahwa kemampuan mereka tidak boleh dipandang remeh.

ESL Lepas Kepengurusan Esports Rainbow Six: Siege

Kabar duka hadir di tengah komunitas penggemar Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege. Terhitung tanggal 31 Mei 2020 kemarin, ESL tidak lagi menjadi organizer yang mengurus turnamen-turnamen esports resmi untuk game tersebut. Pengumuman ini pertama kali mereka ungkap di tanggal 20 Mei lalu, dan saat bulan Mei berakhir ESL memberi pesan perpisahan singkat di media sosial yang berbunyi “gn” (singkatan dari “good night”).

ESL telah berkontribusi besar dalam menciptakan ekosistem esports Rainbow Six: Siege yang nyaman bagi pemainnya. Mereka telah menggelar Pro League sebanyak 11 musim, juga memfasilitasi turnamen-turnamen rutin dalam platform ESL Play sejak tahun 2015. Ke depannya, ESL hanya akan menangani esports level grassroot di wilayah APAC, karena mereka masih memiliki kerja sama dengan Ubisoft dalam hal itu.

Lamborghini Terjun ke Dunia Esports lewat Game Assetto Corsa

Sumber: Lamborghini

Perusahaan otomotif Lamborghini akhirnya terjun juga ke dunia esports melalui kerja sama dengan game Assetto Corsa Competizione ciptaan Kunos Simulazioni. Mereka meluncurkan sebuah turnamen bernama The Real Race dan mengundang pemain dari seluruh dunia untuk ikut bertanding. Menariknya, Kunos Simulazioni menyediakan Assetto Corsa Competizione untuk diunduh gratis oleh para peserta selama seminggu pertama.

Babak kualifikasi berjalan mingguan selama lima ronde, mulai tanggal 29 Mei kemarin hingga tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian pada bulan September, pemain-pemain akan menjalani balapan final langsung di markas Lamborghini di Sant’Agata Bolognese, Italia.

Tiga pemain terbaik berhak atas hadiah liburan VIP tiga hari di Italia, tur ke markas serta fasilitas riset milik Lamborghini, serta kesempatan berlatih bersama para driver tim Lamborghini Squadra Corse, menggunakan mobil Lamborghini sungguhan!


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.