Preview Mortal Kombat 11 – Tampil Menjanjikan!


Bagaimana kesan pertama kami setelah mencicipi Mortal Kombat 11 versi Beta? Apakah memenuhi ekspektasi? Simak ulasannya di sini!

Mortal Kombat 11 adalah salah satu dari sekian game keren yang bakal dirilis di Bulan April 2019. Sekuel ke-11 game fighting ikonik ini diklaim bakal menyajikan brutalitas yang lebih mantap dibandingkan seri pendahulunya oleh para kritikus.

Penasaran dengan respons tersebut, Gimbot akhirnya tertarik untuk membuktikannya melalui Beta Test yang ditawarkan oleh NetheRealms Studios baru-baru ini.

Lantas bagaimana kesan pertama kami setelah mencicipi Mortal Kombat 11 hingga saya selaku penulis berani mengatakan game ini benar-benar tampil menjanjikan? Berikut ulasannya.

Memang Lebih Solid dan Brutal

Kini MK 11 semakin brutal!!

Mortal Kombat 11 menyajikan gameplay pertarungan 2,5 dimensi yang masih sama dari seri sebelumnya. Tapi meski begitu, ada beberapa pembaharuan yang ditambahkan developer di Mortal Kombat 11.

Di sini, pergerakkan karakter terasa sedikit lambat dengan animasi yang lebih halus jika dibandingkan dengan Mortal Kombat X. Pergerakkan ini membuat eksekusi setiap serangan terkesan lebih realistis dan solid dari sebelumnya.

Membicarakan soal Mortal Kombat, tentu yang paling menarik untuk dibahas selanjutnya adalah grafis. Setiap pukulan yang disajikan game ini (dan darah yang muncrat) di sini terasa lebih brutal tentunya.

BACA JUGA: Review Sekiro: Shadow Die Twice – Seni Sebuah Pertarungan

Dalam seri kali ini, eksekusi skill X-Ray benar-benar terasa brutal jika dibandingkan Mortal Kombat X. Di samping itu, ekspresi wajah karakter yang sekarang dibuat semakin mendetail membuat eksekusi Fatal Blow terlihat semakin mengerikan

Overall, peningkatan grafis yang ada di seri Mortal Kombat 11 cukup terasa dibandingkan dengan seri sebelumnya. Hal ini wajar, mengingat developer NetheRealms Studios telah bereksperimen menggunakan teknologi facial animation yang lebih canggih lewat game mereka sebelumnya, Injustice 2.

Hadirkan Fitur Kustomisasi

Mortal Kombat 11
Fitur Kustomisasi kini dihadirkan. Semakin membuat Mortal Kombat 11 keren.

Meskipun gameplay pertarungannya tak banyak perbedaan, namun Mortal Kombat 11 memiliki tambahan fitur menarik yang menurut saya paling menonjol, yaitu fitur kustomisasi.

Fitur kustomisasi ini sebelumnya juga diterapkan developer NetheRealm Studios ke dalam game Injustice 2. Sama halnya seperti game tarung bertema karakter DC tersebut, fitur ini tak hanya sebatas berdampak pada penampilan kosmetik semata, tetapi juga dari segi status karakter.

Dalam versi Beta ini ada beberapa fitur kustomisasi yang dapat disematkan oleh pemain yaitu Gear, Cosmetic, dan Augment. Fitur kustomisasi Gear sendiri meliputi Topeng, Model Senjata, dan Aksesori. Kesemuanyaini juga bisa ditambahkan status khusus melalui fitur penambahan Augment yang tersedia.

Tipe-tipe Gear yang disajikan juga cukup banyak pilihannya. Dengan adanya pilihan Gear, kalian bebas mengutak-atik penampilan karakter yang kalian suka

Adapun bagian kedua dari fitur kustomisasi ini adalah Kosmetik. Di sini pilihan untuk kustomisasi karakter terasa lebih luas lagi karena memungkinkan kalian untuk mengubah berbagai hal, mulai dari animasi Intro karakter, gaya kemenangan mereka, Finisher, Fatality, Brutality, dan adegan pergantian ronde.

Pilihan yang dihadirkan di sini juga cukup luas. Kalian yang punya imajinasi tinggi tentunya bakal terasa dimanjakan oleh fitur ini.

Mortal Kombat 11
Ada beberapa hal yang bisa kalian Kustomisasi meliputi Gear, Kosmetik, Abilities, dan AI Behavior

Selanjutnya yang menarik dibahas adalah adanya Fitur Ability yang memungkinkan kalian untuk melakukan kustomisasi terhadap moveset karakter. Selain Ability, adalagi Fitur AI Behavior yang memungkinkan kalian untuk melakukan kustomisasi terkait gerakan-gerakan yang dieksekusi oleh AI misalnya saja grappling, combo, dan showdown.

Untuk bisa memperbagus AI Behavior, kalian setidaknya membutuhkan AI Attribute Poin yang bisa kalian kumpulkan dalam pertarungan.

BACA JUGA: Review Octopath Traveler: Penerus Baru untuk JRPG Klasik

Faktor pembeda lain yang menarik untuk disimak adalah informasi mendetail mengenai Moveset. Sebagai contoh, kalian melihat Moveset Flameport, di situ bakal tertera berapa damage yang dihasilkan teknik ini, tipe serangan teknik ini, hingga berapa damage yang dihasilkan ketika serangan ini ditangkis.

Secara umum, nantinya ada dua informasi besar yang bisa kalian dapatkan yakni Move Data dan Frame Data di dalam pilihan Moveset. Di dalam Move Data nantinya ada data yang bisa kalian lihat, begitu juga di Frame Data (perhitungan berapa frame animasi yang keluar saat jurus tersebut dilakukan).

Data detail yang dihadirkan di sini tentu mempermudah gamer untuk melihat mana saja teknik yang bisa digunakan secara efektif dan mana yang tidak. Keberadaan fitur ini sepertinya sengaja dibuat untuk mengakomodir para pemain profesional (pro-gamer di lingkup esport) yang umumnya teliti soal detail frame karakter, hitbox, dan lain-lain.

Server Mantap Siap Gaspol

Mortal Kombat 11
Tidak butuh waktu lama untuk matchmaking. Online di Mortal Kombat benar-benar sempurna.

Sama seperti pendahulunya, Mortal Kombat 11 juga menyajikan fitur untuk bermain online. Penasaran dengan fitur ini, saya akhirnya mencobanya selama sesi Beta berlangsung. Hasilnya, game ini menyajikan matchmaking yang tidak begitu lama. Hanya menunggu beberapa detik kami sudah bisa menikmati fitur ini.

Dari segi online mode, tak ada masalah sama sekali di Mortal Kombat 11. Game ini tampaknya benar-benar dipersiapkan dengan sangat serius oleh NetheRealms Studios. Karena masih Beta, belum banyak fitur Multiplayer yang bisa kita temukan selain duel satu lawan satu menghadapi pemain lainnya.

Sound Khas Mortal Kombat Masih Dipertahankan!

Finish Him!!!

Mortal Kombat 11 masih mengandalkan ciri khas mereka segi sound seperti teriakan announcer saat pemain melakukan Fatality, suara teriakan karakter yang kesakitan, bunyi tulang patah, dan semacamnya.

Musik dan voice acting yang ada di Mortal Kombat 11 sendiri kurang lebih masih sama seperti seri pendahulunya. Keputusan untuk menggunakan suara announceryang sama dari seri ke seri saya anggap merupakan keputusan yang tepat.

BACA JUGA: 5 Pertimbangan Penting untuk Membeli Mortal Kombat 11

Dari segi sound, hampir tidak ada perubahan di Mortal Kombat 11. Teriakan announcer ketika menyerukan kalimat Finish Him/Her, suara ketika rounde dimulai, dan musik ketika kalian mengeksekusi serangan-serangan brutal semuanya masih sama. Tidak percaya? Lihat video di bawah ini:

Kesimpulan

Sejauh ini hanya ada segelintir fitur yang bisa saya bagikan dalam preview Mortal Kombat 11 ini mengingat game yang kami jajal masih berada dalam versi Beta.

Meskipun begitu, hal-hal di atas rasa-rasanya sudah bisa mewakili keputusan apakah kalian akan membeli game Mortal Kombat 11 atau tidak.

Saya pribadi cukup tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Mortal Kombat 11. Uji server yang on fire selama beta berlangsung, beberapa fitur tambahan, dan brutalitas yang semakin luar biasa membuat game ini sejatinya layak dilirik. Apalagi Mortal Kombat sendiri merupakan franchise legendaris!


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!