Girlband Bikin tim Esports, Pertanda Mobile Game Banyak Peminat Cewek?


girlband
Aqua, tim esport yang dibentuk oleh Actoz Soft

Tahukah kamu, baru-baru ini terdapat berita mengejutkan mengenai esports? Girlband dan Grup Idol Cherrybelle dan JKT48 membentuk sebuah tim esports.

Waduh, kok bisa? Sebenarnya hal ini justru menunjukkan bahwa industri esport semakin berkembang, bahkan dilirik juga oleh industri musik grup idol dan girlband.

Kabarnya JKT48 terlebih dahulu yang membentuk tim esports dan setelah itu disusul oleh Cherrybelle yang ikut serta memeriahkan industri esports yang keduanya berasal dari personil mereka sendiri.

BACA JUGA: Banting Setir, Ini dia Daftar Brand yang Dukung Tim Esport!

Valkyrie48 dari JKT48

girlband
Tim Valkyrie48

JKT48 sempat memberikan kabar mengenai pembentukan tim esports pada acara Kachuusha Handshake Festival yang diadakan pada bulan September 2018 lalu. Hingga akhirnya di acara Legion of Champion III Indonesia Final, JKT48 resmi mengumumkan tim esports terbaru mereka.

Valkyrie48 ini dibagi berdasarkan tim gim yang akan menjadi andalan mereka, yaitu PUBG Mobile dan AOV. Dari tim PUBG Mobile, Valkyrie48 diisi oleh Aninditha Rahma Cahyadi alias Anin dari Tim K III, Syahfira Angela Nurhaliza atau Angel dari Tim T dan Sinka Juliani atau biasa disapa Sinka dari Tim J.

Sedangkan dari tim AOV, Jinan Safa Safira (Jinan) dari Tim T, lalu Tan Zhi Hui Celine (Celine) dari Tim T dan Maria Genoveva Natalia Desy Purnamasari Gunawan atau biasa disapa Desy (Tim KIII).

MegaKiss dari Cherrybelle

girlband
Tim MegaKiss

Jika Valkyrie48 fokus pada PUBG Mobile dan AOV, maka MegaKiss dari Cherrybelle ini fokus pada Mobile Legends dan PUBG Mobile, ya oke hanya beda di Mobile Legends dan AOV saja.

Ketika dibentuk, tim MegaKiss beranggotakan 5 personil yang berasal dari personil Cherrybelle juga, yaitu Cindy “Snow”, Crysta “CRYSTAL”, Jesslyn “BUBBLES”, Jessica “MissMurder”, dan Emelyn “PEACH”.

Nama MegaKiss terinspirasi dari salah satu istilah terkenal dalam gim MOBA DOTA 2, yaitu Mega Kill. Nantinya mereka akan debut tampil pada bulan Januari 2019

Mobile Game Dikuasai Cewek?

girlband
Sumber: Business Insider

Hal yang menarik dari keduanya adalah gim yang dipilih. Kedua tim tersebut cenderung memilih platform mobile untuk pertandingan esports mereka.

Platform mobile faktanya memang memiliki pangsa pasar paling besar dibandingkan pangsa pasar platform lainnya seperti yang disebutkan oleh Newzoo. Hal itu tentu bisa menjadi faktor mereka memilih platform mobile.

Selain itu, terdapat fakta yang lebih menarik. Para pemain yang berkutat dalam mobile game ternyata dikuasai oleh kaum hawa.

Hal ini berdasarkan dari infografis yang dirilis oleh Mediakix. Infografis tersebut menunjukkan angka pemain dengan gender perempuan memiliki persentase sebesar 63% dibandingkan laki-laki yang hanya 37%.

girlband
Sumber: Mediakix

Sepertinya platform mobile memang sangat cocok untuk cewek meskipun tidak bisa dipungkiri juga ada juga cewek yang main gim di platform lain seperti LOL (League of Legends) maupun DOTA 2.

Ditambah hadirnya tim esports yang beranggotakan para girlband dan grup idol yang digemari para kaum Adam, kemungkinan besar Mobile gaming akan terus semakin besar pangsa pasarnya, atau bahkan bisa menggerus pangsa pasar lainnya yang didominasi oleh para kaum hawa ini.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..
Facebook Comments