4 Tanda Esports Dapat Menjadi Komoditas Olahraga Utama


tim esport

Bicara soal esports, tentu akan berhubungan dengan olahraga. Meskipun esports bukan olahraga yang begitu mengandalkan fisik, tapi tetap seru untuk disaksikan dan juga sudah ada tanda-tanda esports akan menjadi “komoditas” utama.

Nah, kira-kira apa saja ya yang menjadikan terdapat tanda esports akan menjadi komoditas hiburan olahraga utama? Yuk cekidot!

1. Peminat Esport Terus Meningkat

tanda esport

Tahukah kamu bahwa peminat atau bahkan penggemar esports selalu meningkat dari tahun ke tahun? Hal ini berdasarkan dari data yang dirilis oleh Newzoo.

Pada tahun 2016, peminat esports memiliki jumlah hingga 160 juta orang. Angka tersebut sebenarnya sudah cukup banyak untuk awal mulainya industri esports.

Pada tahun 2017, jumlah peminat esports kembali meningkat sebesar 19,2% dan memiliki kemungkinan terus meningkat hingga 307 juta orang di tahun 2021 nanti.

2. Acara Esports yang Juga Meningkat Jumlahnya

tanda esport

Ketika awal esports mulai digalakkan, sebenarnya sudah banyak acara esports yang diselenggarakan. Seperti The International DOTA 2 Championship, League of Legends World Championship, Major Tournaments (CS:GO) dan lain sebagainya.

Hingga sekarang acara esports ternyata semakin meningkat. Bisa dilihat dari meningkatnya jumlah acara esports yang ada di Indonesia, yang juga disponsori berbagai perusahaan, seperti Kratingdaeng Indonesia Esports, Ultime Hombre AXIS, IEG (Indonesian Esports Games), Indonesian Games Championship dan lain sebagainya.

3. Esports Masuk Televisi Lokal

tanda esport
Sumber: Duniaku

Esports juga tidak lama ini masuk ke salah satu stasiun televisi lokal. Selama ini padahal esports masih hanya bisa disaksikan melalui channel-channel yang hanya bisa diakses melalui internet.

Dengan masuknya esports ke dalam siaran televisi lokal menunjukkan bahwa para audiens awam juga sudah mulai tertarik untuk menyaksikan esports. Tentu ini adalah tanda esports akan menjadi salah satu komoditas hiburan.

4. Institusi Besar yang Ikut Nyemplung ke Esports

tanda esport

Hal ini yang justru sangat mengejutkan. Banyak sekali institusi besar, baik yang memang ikut bergerak di industri gaming, bahkan industri yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaming juga ikut nyemplung ke dalam esports.

Salah satu contoh yang baru-baru ini hangat adalah grup idol JKT48 dan girlband Cherrybelle yang membentuk sebuah tim esports. Bahkan baru-baru ini sempat viral juga bahwa PT. KAI membentuk satu tim esports yang bernama Loko.

Tidak mau ketinggalan juga PT. Wijaya Karya (WIKA) juga melakukan tuitan yang berisi tim esports mereka yang berhasil memasuki peringkat ketujuh dalam pertandingan esports.

Sebelumnya juga beberapa institusi besar juga menyemplung ke dalam esports, seperti KFC yang juga membentuk tim esports mereka sendiri. Terdapat pula beberapa perusahaan/institusi yang memang tidak membentuk tim secara langsung, melainkan hanya memberikan sponsor seperti Go-Jek, Telkomsel, XL dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Banting Setir, Ini dia Daftar Brand yang Dukung Tim Esport!


Nah itu dia berbagai tanda esports akan menjadi komoditas hiburan kita yang bertemakan olahraga. Jangan-jangan nanti di masa depan cita-cita anak-anak bukan hanya jadi pengusaha besar atau presiden tetapi juga ingin menjadi seorang atlet esports.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..
Facebook Comments