Nintendo Perlihatkan Joker dan Banyak Fitur Baru di Update 3.0 Super Smash Bros. Ultimate


Setelah lama ditunggu, Nintendo akhirnya mengumumkan update 3.0 untuk Super Smash Bros. Ultimate. Selain balance patch untuk tiap karakter, satu hal yang paling ditunggu di update ini adalah kehadiran karakter baru yaitu Joker dari Persona 5. Tapi update yang akan live tanggal 17 April 2019 malam (mungkin) ini tidak hanya memberikan dua hal itu saja....

Featured Video Play Icon

Setelah lama ditunggu, Nintendo akhirnya mengumumkan update 3.0 untuk Super Smash Bros. Ultimate. Selain balance patch untuk tiap karakter, satu hal yang paling ditunggu di update ini adalah kehadiran karakter baru yaitu Joker dari Persona 5.

Tapi update yang akan live tanggal 17 April 2019 malam (mungkin) ini tidak hanya memberikan dua hal itu saja. Ada banyak konten baru yang bisa kamu nikmati di update 3.0 ini.

Karakter Baru: Joker

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-karakter-baru

Setelah dijanjikan sejak sebelum rilis, karakter Persona 5 Joker akhirnya hadir di update 3.0 ini.

Dari video gameplay yang diperlihatkan, Joker sepertinya punya variasi serangan jarak dekat dan proyektil yang seimbang. Tapi yang membuatnya unik adalah ia punya meter yang terisi jika ia menerima damage atau sukses mengaktifkan counter.

Jika terisi penuh membuatnya bisa mengeluarkan Persona miliknya Arsene. Selama Arsene aktif, semua gerakan Joker sedikit berubah dan tentunya lebih kuat.

Joker bisa kamu mainkan jika kamu sudah membeli Fighter Pass 1 seharga US$5,99 atau langsung membeli bundle berisi lima Fighter Pass yang akan datang dengan harga US$24,99.

Stage, Musik, dan Spirit Baru dari Seri Persona

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-stage-baru

Selain karakter, kamu juga akan mendapatkan stage serta musik baru dari seri Persona.

Stage baru bernama Mementos ini terlihat memiliki tiga platform yang bisa bergerak. Dengan hazard aktif, stage ini sesekali akan memiliki atap, menutup last zone bagian atas, serta kereta yang melintas di bagian bawah. Jika atap di bagian atas tidak akan melukaimu, kereta di bagian bawah jelas akan melukai dan membuatmu terpental.

Melengkapi stage baru tersebut, kamu juga akan mendapatakan 11 musik baru dari tiga game Persona yang berbeda. Tergantung musik mana yang dimainkan, warna stage Mementos akan berubah warna sesuai dengan lagu tersebut.

Selain Joker, karakter lain dari Persona 5 juga ikut hadir di game ini dalam bentuk Spirit. Plus mereka juga muncul di Final Smash Joker dalam permainan.

Sama seperti Joker, stage, musik, dan Spirit baru ini bisa kamu akses jika sudah memiliki Fighter Pass 1 atau semua Fighter Pass.

Kostum Baru Mii Fighter

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-kostum-baru

Jika kamu suka bermain menggunakan Mii Fighter, kamu juga akan mendapatkan kostum baru di update 3.0 ini. Kamu bisa menggunakan topi Morgana dari Persona 5, kostum Yu Narukami dan topi Teddie dari Persona 4, dan kostum karakter protagonis dari Persona 3. Tidak cuma itu, kamu juga bisa menggunakan kostum Tails dan Knuckles dari Sonic The Hedgehog.

Semua kostum tersebut tidak gratis. Masing-masing harus kamu beli dengan harga US$0,75 per kostumnya. Yup, kostum ini dijual terpisah dari Fighter Pass yang mungkin sudah kamu miliki.

Buat Stage Sendiri di Fitur Baru, Stage Builder

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-stage-builder

Oke, saatnya kita membahas fitur gratis yang bisa dinikmati semua orang di update 3.0 ini. Yang pertama tentunya adalah Stage Builder.

Yup, setelah ‘tidak sengaja’ diperlihatkan di video iklan belum lama ini, Stage Builder akhirnya resmi diumumkan. Dalam fitur ini kamu bisa membuat stage sendiri untuk dimainkan oleh pemain lain. Kamu bisa membuat stage super keren atau yang sangat aneh. Kreasikan sesukamu karena fitur ini menyediakan sangat banyak alat yang bisa kamu gunakan.

Buat Video Kompilasi Sendiri di Video Editor

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-video-editor

Punya beberapa potongan video yang ingin kamu pamerkan ke banyak orang? Edit saja langsung di fitur Video Editor!

Dalam fitur ini, kamu bisa memotong dan menggabungkan beberapa cuplikan video gameplay kamu menjadi satu. Setelah itu kamu bisa memasukkan beberapa objek seperti tulisan untuk membuatnya lebih keren, serta menambahkan musik dari playlist Super Smash Bros. Ultimate untuk mendapatkan feel yang pas. Dengan begitu kamu bisa memperlihatkan kebolehanmu dalam bermain.

Perlihatkan Kreasimu di Shared Content

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-shared-content

Video dan stage bisa kamu pamerkan tidak hanya ke teman-teman, tapi juga ke semua pemain di seluruh dunia!

Kamu selalu bisa share video dan stage yang kamu buat untuk digunakan dan dinikmati pemain lain. Jika kamu suka dengan konten yang dibuat pemain lain, kamu juga bisa like konten tersebut dan mengikuti pemain tersebut untuk melihat konten lain yang ia buat nantinya. Selain video dan stage, kamu juga bisa menggunakan kombinasi kostum Mii Fighter yang digunakan pemain lain.

Fitur Smash World di Aplikasi Smartphone Nintendo Switch Online

update-3-0-smash-bros-ultimate-joker-smash-world

Aplikasi smartphone Nintendo Switch Online akan punya fitur baru yaitu Smash World. Dalam fitur ini kamu bisa melihat-lihat konten yang dibuat oleh pemain lain mulai dari video hingga stage. Jika kamu suka dengan konten tertentu, kamu bisa menandai konten tersebut untuk kemudian kamu download di Nintendo Switch. Selain itu kamu juga bisa membuat kombinasi Spirit untuk persiapan bermain di mode Spirit.

Sayangnya aplikasi Nintendo Switch Online sendiri tidak tersedia untuk pemilik akun Google Indonesia. Kamu harus memiliki akun dari negara lain atau mencari APK terpisah.


Semua update di atas akan hadir tanggal 17 April 2019 kemungkinan besar malam ini. Tergantung apakah kamu memiliki Fighter Pass atau tidak, kamu bisa menikmati semua atau sebagian konten di atas. Tapi tenang saja, jika kamu tidak memiliki Fighter Pass kamu tetap bisa bermain seperti biasa, hanya saja kamu tidak akan bisa menggunakan Joker atau menikmati konten Persona lainnya di Super Smash Bros. Ultimate.


Kaoru