Character Reveal Smash Ultimate Akan Jadi Event yang Dirindukan


Sejak Joker diumumkan, character reveal Smash Ultimate langsung berubah jadi tradisi dan event yang dibicarakan banyak orang.

mengenang-character-reveal-smash-ultimate-featured

Tanggal 5 Oktober lalu, direktur Super Smash Bros. Ultimate, Masahiro Sakurai, akhirnya mengumumkan karakter terakhir yang akan hadir di Smash Ultimate via Fighter Pass 2. Karakter tersebut adalah salah satu yang cukup sering muncul dalam spekulasi dan diharapkan banyak orang, yaitu Sora dari serial Kingdom Hearts.

Tapi Sora bukan hanya jadi karakter terakhir untuk Fighter Pass 2 saja. Ia juga merupakan karakter terakhir yang akan melengkapi jajaran karakter Super Smash Bros. Ultimate. Kecuali ada kejutan baru di masa depan, karakter yang kamu lihat di layar character select tidak akan lagi berubah.

BACA JUGA: Sora Kingdom Hearts Jadi Karakter Terakhir di Super Smash Bros. Ultimate

Tapi yang mungkin paling saya rindukan dari Super Smash Bros. Ultimate ke depannya adalah character reveal yang sudah mereka lakukan dalam tiga tahun terakhir. Selain itu saya juga mungkin akan merindukan beberapa puluh menit Sakurai menjelaskan karakter baru yang ia perkenalkan.

Menghadirkan Kejutan yang Tidak Disangka

mengenang-character-reveal-smash-ultimate-sora

Sejatinya, video character reveal dari Smash Ultimate bukanlah hal yang baru di dunia game. Hampir setiap bulan developer besar mengumumkan game baru mereka melalui video teaser atau trailer. Tidak tanggung-tanggung setiap tahun kita juga kehadiran event besar seperti E3 yang penuh dengan pengumuman game baru atau update seru dari game yang sudah ada.

Tujuannya memperlihatkan reveal dan trailer tentu saja untuk memicu hype, membuat penggemar membahas game atau konten yang diumumkan, dan meyakinkan mereka untuk membeli game konten tersebut. Tapi tidak ada reveal yang memberikan efek yang sama dengan character reveal Super Smash Bros. Ultimate.

Serial Super Smash Bros. baru memperkenalkan karakter DLC di Smash for WiiU atau Smash 4. Awalnya karakter yang diperkenalkan cukup normal dan berasal dari franchise milik Nintendo. Karakter DLC pertama untuk Smash 4 adalah Mewtwo dari Pokemon, Lucas dari Mother 3, lalu Roy dari Fire Emblem.

Tapi kemudian mereka memperkenalkan Ryu, karakter dari Street Fighter milik Capcom. Ini menimbulkan gagasan bahwa Nintendo bisa menghadirkan karakter dari franchise yang bukan milik mereka ke Smash. Tapi klimaksnya baru terjadi ketika mereka memperkenalkan Cloud dari Final Fantasy milik Square Enix, perusahaan yang dikenal cukup “pelit” dalam membagikan aset intelektual mereka. Dari sini, seluruh dunia langsung paham bahwa anything goes, alias karakter manapun yang memang iconic bisa saja hadir di Smash.

DLC Smash 4 kemudian ditutup dengan Corrin dari Fire Emblem dan terakhir Bayonetta dari Bayonetta. Keduanya secara teknis adalah franchise milik Nintendo. Tapi Nintendo sudah terlanjur membuat penggemarnya punya ekspektasi dan antisipasi tinggi ke karakter Smash.

Lebih Dari Sekadar Character Reveal

Awal tahun 2018, Nintendo kemudian mengumumkan Super Smash Bros. Ultimate untuk Nintendo Switch yang kemudian rilis di bulan Desember di tahun yang sama. Satu kejutan yang dihadirkan di Smash Ultimate adalah everyone is here, alias semua karakter yang pernah hadir sepanjang sejarah serial Smash akan hadir di game terbaru ini. Tapi tidak hanya itu, mereka juga memperkenalkan beberapa karakter baru, tiga diantaranya berasal dari serial yang bukan milik Nintendo yaitu Ken dari Street Fighter serta Simon dan Richter Belmont dari serial Castlevania.

Tapi yang membuat character reveal Smash Ultimate jadi fenomena sendiri terjadi ketika Nintendo memperkenalkan Joker dari Persona 5 sebagai karakter DLC pertamanya. Banyak faktor yang membuat perkenalan Joker ini cukup sensasional. Pertama ia diperkenalkan tanpa diduga sama sekali, yaitu di tengah acara The Game Awards 2018. Kedua, tidak banyak orang yang menyangka bahwa Joker akan hadir sebagai karakter di Smash Ultimate.

mengenang-character-reveal-smash-ultimate-joker

Dari situ, karakter baru Smash Ultimate selalu jadi sebuah tradisi tersendiri. Banyak orang yang punya wishlist karakter apa yang mereka inginkan hadir di Smash Ultimate. Wishlist ini kemudian sering jadi perbincangan di kalangan penggemar, mulai dari seperti apa move set karakter tersebut jika benar-benar hadir di Smash Ultimate, sampai ke apakah karakter tersebut memang masuk akal masuk di Smash. Banyak penggemar yang juga kemudian membuat spekulasi siapa yang akan jadi karakter Smash Ultimate berikutnya dengan mendeduksi berbagai hal. Saya rasa karena itulah Sakurai tidak pernah memperlihatkan screenshot dari game lain di akun Twitter pribadinya karena satu screenshot akan menjadi spekulasi untuk karakter Smash baru.

Tapi puncak diskusi dan spekulasi ini tentu saja ada ketika Nintendo mengumumkan jadwal presentasi seperti Nintendo Direct. Setiap Nintendo Direct atau hajatan penting dari Nintendo selalu jadi sinyal bahwa Nintendo akan mengumumkan karakter Smash Ultimate berikutnya. Nintendo bahkan harus repot-repot membuat Tweet berbunyi “kami tidak akan mengumumkan karakter baru Smash” jelang The Game Awards 2019 agar tidak ada memiliki ekspektasi yang keliru.

Ketika terjadi, character reveal untuk Smash Ultimate tentu saja selalu mengejutkan dan tidak disangka. Misalnya ketika karakter Hero dari Dragon Quest diumumkan di E3 2019, tidak ada yang menyangka bahwa dalam satu presentasi yang sama mereka akan mengumumkan Banjo & Kazooie. Sama halnya dengan karakter terakhir yaitu Sora. Mengingat Kingdom Hearts punya ikatan dengan Disney, banyak yang pesimis bahwa ia tidak akan hadir di Smash mengingat sulitnya mendapatkan izin dari Disney. Tapi Sakurai dan Nintendo ternyata mampu menghadirkan Sora.

Character reveal tersebut juga dilengkapi dengan trailer karakternya yang dibuat dengan sangat baik. Semua karakter diperlihatkan dengan referensi dari game aslinya. Lalu menyempurnakan itu, ketika mempresentasikan karakter tersebut, Sakurai juga terlihat sangat bersemangat memperlihatkan kreasinya. Karakter yang hadir pun dibuat sedemikian rupa supaya sesuai dengan identitas dan ciri khas di game asli mereka.

Pada akhirnya, keseruan character reveal Smash Ultimate tidak hanya ada di hari-H saja. Segala sesuatu yang terjadi di sekitar character reveal tersebut jadi spectacle dan hiburan sendiri untuk semua kalangan. Karakter yang dirilis pastinya tidak akan bisa memuaskan keinginan semua orang, karena masing-masing orang di belahan dunia yang berbeda punya preferensi sendiri. Tapi bahkan reaksi setelah itu, baik itu positif atau negatif, juga jadi pengalaman tersendiri yang menarik untuk diikuti.

Mewujudkan Sesuatu yang Mustahil

mengenang-character-reveal-smash-ultimate-sakurai

Tanggal 5 Oktober lalu, Sakurai mengucapkan salam perpisahannya. Seperti yang kami sebutkan di atas, kecuali ada kejutan baru, Smash Ultimate tidak akan mendapatkan karakter baru lagi. Artinya tidak akan ada lagi percakapan dan spekulasi di media sosial, atau video reaksi ketika karakter barunya diumumkan, atau presentasi Sakurai.

Super Smash Bros. Ultimate jelas bukan game yang sempurna. Game ini punya beberapa kekurangan terutama dalam urusan netcode untuk online play. Character reveal yang mereka adakan juga mungkin tidak memenuhi keinginan semua orang. Mungkin ada karakter yang kamu inginkan tapi tidak ada di Smash, atau sebaliknya karakter yang menurut kamu tidak layak ternyata ada di Smash.

Tapi terlepas dari itu, tidak ada yang bisa membantah bahwa Super Smash Bros. Ultimate adalah game yang fenomenal. Meminta izin ke berbagai developer dan publisher agar karakter game mereka bisa dirilis di game milik perusahaan lain bukanlah hal yang mudah. Tapi Sakurai dan Smash Ultimate membuat hal yang sepertinya mustahil bisa jadi kenyataan. Tidak bisa dipungkiri bahwa ia merupakan salah satu legenda di dunia game, dan saya akan merindukan sesi presentasi yang ia bawakan.


Kaoru

Hmmm...