Tips Bagi yang Nekat Mau Main Sekiro: Shadow Die Twice


Banyak gamer yang mengeluhkan Sekiro terlampau sulit, lewat artikel tips berikut, Gimbot suguhkan kiat agar kalian bisa git-gud!

Sekiro

Sekiro: Shadow Die Twice adalah game yang cukup fenomenal di bulan Maret 2019. Banyak gamer yang mengeluh game buatan From Software ini terlampau sulit, bahkan lebih susah dibandingkan Bloodborne dan Dark Souls.

Tapi tenang, bagi kalian yang sudah terlanjur membelinya, jangan menyesal dulu. Gimbot memberikan tips cara bermain Sekiro khususnya bagi kalian yang masih “nekat” mau memainkannya.

disclaimer: tips ini tidak serta merta membuat kalian jadi pro! tapi minimal kalian bisa beradaptasi dengan mekanisme dan dunia Sekiro.

Sisir Semua Daerah Satu Per Satu

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di dunia Sekiro, kalian sudah diberikan kebebasan memilih untuk bereksplorasi, melewati musuh yang ada, dan bahkan kalian bisa langsung menuju lokasi boss!!

Namun di sinilah tantangannya, musuh normal yang kamu hadapi di Sekiro saja sudah termasuk susah untuk ditaklukkan, sehingga akhirnya membuatmu tergoda melewati mereka dan memilih untuk langsung menghadapi boss.

Akan tetapi, ada baiknya kalian untuk tetap menyisir setiap sudut dalam stage yang kalian lalui. Bereksplorasi di Sekiro bakal membuat kalian mendapatkan uang, item, dan experience yang diperlukan untuk persiapan menghadapi boss.

BACA JUGA: Review Sekiro: Shadow Die Twice – Seni Sebuah Pertarungan

Ketika menyisir, sebisa mungkin kalian membunuh semua musuh yang ada sampai wilayah tersebut benar-benar bersih. Dengan begini kalian bisa beradaptasi dengan tempo permainan Sekiro, sehingga bisa *Git Gud di kemudian hari.

*Git Gud: istilah kamu sudah jago bermain serial game Dark Souls

Jangan Serakah!

Terlalu serakah bisa membuat kalian terjerembab dan di Sekiro hal ini benar-benar bisa terjadi. Sebelum kalian salah paham, keserakahan yang dimaksud di sini bukan serakah untuk uang, melainkan ketika melakukan momentum serangan.

Biasanya gamer terlalu bernafsu untuk buru-buru menundukkan lawan dengan cara menyerang terus menerus. Jika kebiasaan ini kamu lakukan ketika memainkan Sekiro, kalian bakal stress.

Kunci untuk memenangkan pertempuran (khususnya boss) di Sekiro adalah sabar dan menyerang secukupnya. Ketika serangan yang kalian lontarkan sudah cukup, ada baiknya untuk menekan tombol tangkis atau menghindar terlebih dahulu.

Di Sekiro, jika kalian serakah dampaknya adalah terkena serangan dengan damage yang betul-betul tidak manusiawi. Sekali sabet, kalian bisa kehilangan hingga setengah meteranhealth bar.

Jadi untuk bisa beradaptasi, ganti mindset kalian untuk bermain lebih sabar dan lebih baik dari segi teknis maupun taktik.

Upgrade, Upgrade, Upgrade

Jika kalian sudah sangat jago, Sekiro sebenarnya bisa saja ditamatkan meskipun upgrade yang kalian lakukan cukup minim. Tapi untuk para pemain baru, upgrade di sini adalah hal yang wajib dilakukan!

Upgrade di Sekiro meliputi status, buff, skill dan juga Prosthetic Arms. Semua ini sangat wajib kalian upgrade agar mendapatkan feedback yang baik terutama ketika bertempur melawan musuh yang tangguh.

Untuk melakukan upgrade, kalian butuh item khusus dan juga uang. Melewatkan upgrade bakal membuat kalian bisa kerepotan, dan Gimbot menyarankan kalian benar-benar melakukan hal ini sebanyak mungki,n khususnya untuk bagian Prosthetic Arms.

Jadikan Stealth Kill Sebagai Andalan

game seperti sekiro

Bermain agresif nan brutal di Sekiro memang bisa menjadi gaya yang lumrah. Tapi untuk gamer yang tidak terbiasa dengan game susah (semacam Dark Souls dan Bloodborne) dan baru mencoba tempo permainan Sekiro, ada baiknya kalian bermain Stealth Kill.

Bermain sembunyi-sembunyi bakal menjauhkan kalian dari risiko kematian. Selain itu untuk beberapa mini boss, bermain stealth bisa membuat kalian sedikit berada di atas angin. Di samping itu, membereskan musuh-musuh biasa dengan cara stealth juga tergolong irit tenaga dan membuat jari kalian tidak pegal tentunya.

BACA JUGA: Review Devil May Cry 5: Kegilaan Sampai Batas Maksimal!

Biasanya mini boss punya dua buah health bar. Dengan stealth, setidaknya kalian bisa menghabisi satu health bar yang dimilikinya. Namun perlu diingat pula, bahwa hal ini tidak bisa kamu lakukan kepada tipe musuh “Big-Boss” ya.

Ketika Main Bertahan, Perhatikan Defend Bar!

Di Sekiro, karakter kalian memiliki meteran khusus di bawah layar ketika bertarung. Bar berukuran panjang tersebut bakal muncul jika kalian hendak melakukan parry.

Nantinya jika bar tersebut penuh, kalian bakal terkena efek stun selama beberapa saat sehingga memberikan peluang menyerang yang sangat besar bagi pihak lawan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu melakukan dodge terus menerus hingga bar tersebut berangsur-angsur berkurang dan menghilang.

Setelah itu lakukan lagi parry dan ulangi terus menerus. Dengan begini, kalian tak bakal merasakan damage tentunya.


Leonardo da Lima
Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!