5 Teori Gamer Atas Video Game Populer yang Terbukti Benar


Kira-kira apa saja teori fans pada video game yang ternyata dikonfirmasi benar?

teori gamer

Video game sejak lama memang menjadi salah satu hal yang selalu menarik untuk dibicarakan. Pasalnya, sama seperti film, video game menyajikan banyak sekali hal menarik di dalamnya yang terkadang selalu menarik buat dibahas meskipun sudah lama berlalu.

Semakin banyak pembahasannya, maka semakin lama dikenang juga sebuah game tersebut. Dalam pembahasannya, biasanya para fans kerap menciptakan beberapa teori yang didukung oleh berbagai hal menarik di dalam game yang sedang dibahas.

BACA JUGA: 5 Mekanisme Game Paling Revolusioner yang Pernah Diciptakan

Semakin konkret sumber yang mendukung teori itu, maka semakin bagus juga. Kerennya, ada beberapa gamer yang menciptakan sebuah teori dan dikonfirmasi oleh si kreator atau pembuat game-nya. Dikonfirmasi di sini berarti apa yang diungkapkan sang fans benar dan sesuai dengan pemikiran si kreator.

Lalu kira-kira apa saja teori fans pada video game yang ternyata dikonfirmasi oleh kreatornya? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. Smash Bros. – Karakter yang Ada di Sana Hanya Mainan

teori gamer

Game Smash bukanlah sebuah game yang terpaku pada cerita. Game ini diciptakan untuk seru-seruan saja di mana karakter favorit dari berbagai universe game saling menghancurkan di sana. Kalian yang memainkan game ini tak perlu berpikir karakter-karakter ini datang dari mana dan kenapa mereka bisa bertarung dalam satu arena.

Namun, ada beberapa penggemar yang membedah dalam-dalam mengapa bisa para karakter ini menyatu padahal mereka dari game yang berbeda. Salah satu teori yang paling menarik adalah bahwa semua karakter di Smash itu sebenarnya hanya mainan yang dikendalikan oleh seorang anak imajinatif (mirip The LEGO Movie).

Meski aneh, namun sepertinya ini masuk akal karena salah satu pertarungan yang kalian hadapi di game ini adalah menghadapi Master Hand yang dianggap fans sebagai tangan manusia sungguhan. Akhirnya legenda Nintendo, Satoru Iwata buka suara dan mengkonfirmasi hal itu.

“Mereka benar-benar mewakili mainan karakter Nintendo yang terlibat dalam pertempuran imajiner di antara mereka sendiri. Kami sempat berdebat sebelum membuat game ini karena nantinya karakter Nintendo akan memukul karakter Nintendo lainnya. Tapi itulah kenyataannya,” tutur dia.

2. Symmetra Mengalami Autisme – Overwatch

Salah satu game yang teori fansnya dikonfirmasi oleh pembuatnya langsung adalah Overwatch. Salah satu multiplayer terbaik yang pernah dibuat ini memang memiliki lore menarik yang bisa menjadi bahan diskusi para penggemarnya.

Salah satunya adalah soal Symmetra yang sebenarnya mengalami autisme. Teori ini didukung oleh komik digital resmi Overwatch yang berjudul A Better World. Di dalamnya Symmetra dikatakan selalu terlihat berbeda.

BACA JUGA: 5 Fitur Console yang Jarang Sekali Digunakan Gamer

Penggemar menyimpulkan bahwa Symmetra mengalami autism sampai akhirnya satu tahun kemudian setelah teori ini keluar, Director Overwatch, Jeffrey Kaplan mengirim sebuah surat para penggemar yang membenarkan teori itu.

3. Cara Faro Menemukan Omega Clearance – Horizon Zero Dawn

Salah satu game eksklusif terbaik yang pernah ada di PlayStation. Horizon Zero Dawn merupakan sebuah game yang sangat luas baik dari sisi lore maupun eksplorasi di dalamnya. Sebagai game eksklusif Sony dengan lore yang mendalam, sudah pasti game ini menjadi perbincangan para gamer yang haus akan teori-teori cerita.

Salah satu teori dan pertanyaan yang cukup populer adalah bagaimana cara Faro menemukan Omega Clearance. Faro merupakan pendiri dan pemilik Faro Automated Solutions, organisasi yang bertanggung jawab atas pembuatan mesin dan jatuhnya peradaban di dalam game ini.

Faro bisa dibilang punya kekuatan yang tidak tertandingi hingga bisa menghabisi siapa saja dengan mudah karena bisa menembus proyek Zero Dawn. Lantas bagaimana dia mendapatkannya? Fans mengatakan bahwa GAIA (sistem AI yang mengelola Zero Dawn) atau salah satu pekerja Faro menciptakan sesuatu yang membuatnya bisa mengakses ke berbagai rahasia di proyek Zero Dawn.

Akhirnya hal ini dikonfirmasi oleh penulis cerita di Reddit.

“Ted memiliki izin Omega yang dibuat untuk dirinya sendiri sebagai jalan pintas rahasia untuk memproyeksikan Zero Dawn. Ted akan meminta para insinyurnya untuk menciptakan jalan pintas ini. GAIA tidak pernah melakukan apapun untuknya,”

4. Manusia Telur Mendominasi Populasi – Rocket League

Dunia Rocket League ternyata memiliki sebuah rahasia yang cukup aneh. Pasalnya, mobil di dalam game ini berjalan sendiri alias tanpa pengemudi. Meski cukup konyol, namun kenyataannya hal ini dibahas juga oleh para gamer penyuka teori.

Lebih anehnya lagi, sejak game ini diluncurkan, penonton yang ada di stadion Rocket League kebanyakan diisi oleh benda-benda aneh berbentuk telur, yang dianggap banyak pemain hanyalah cara bagi kreatornya yaitu Psyonix untuk menambahkan berbagai suasana tanpa harus ribet merender model manusia. Jadi, dipilihlah bentuk telur.

Namun ada yang mengatakan bahwa sebenarnya, ada hal menarik di balik telur-telur yang menonton pertandingan Rocket League. Teori yang muncul adalah bahwa dunia Rocket League didominasi oleh makhluk berbentuk telur yang sangat cerdas.

Hal ini dikonfirmasi oleh sang developer dengan melemparkan sebuah foto untuk materi promosi terkait update game di tahun 2017. Di situ ada banner yang isinya didominasi oleh makhluk berbentuk telur. Aneh ya.

5. Mario Memukul Yoshi – Super Mario World

Salah satu teori yang banyak dibahas adalah soal Mario yang memukul Yoshi di Super Mario World. Saat grafik masih belum jelas, fans banyak berdebat ketika Mario mengendarai Yoshi, dia sebenarnya memukul kepalanya. Tapi ada juga yang tidak setuju dengan mengatakan bahwa Mario hanya menunjuk ke depan.

Lalu, di tahun 2017 jawaban ini akhirnya dikonfirmasi bahwa ternyata Mario memukul Yoshi supaya sang naga bergerak ke depan. Dalam sebuah wawancara di situs web resmi Nintendo, Takashi Tezuka dan Shigefumi Hino membahas mengenai teori ini.

“Saat kami membuat Super Mario Bros 3, Shigeru menggambar Mario sedang menunggang kuda dan menempelkannya di dinding di sebelah tempat dia duduk. Ketika saya melihatnya, saya berpikir bahwa dia cocok mengendarai sesuatu. Jadi di sini terciptalah Yoshi,” tuturnya.

“Banyak orang berpikir bahwa saat Mario mengarahkan jarinya ke depan, dia berkata ‘Pergi,’ dan lidah Yoshi keluar. Tapi sebenarnya adalah Mario meninju Yoshi dan lidah Yoshi keluar karena dia terkejut,” lanjutnya.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.