5 Mekanisme Game Paling Revolusioner yang Pernah Diciptakan


Berkat daya kreatifitasnya yang tinggi, beberapa developer berhasil menciptakan mekanisme game paling revolusioner yang inspiratif.

Mekanisme Game Paling Revolusioner

Membuat sebuah video game yang bagus merupakan salah satu hal yang sangat sulit. Selain harus memiliki pemikiran kreatif tanpa batas, para developer juga harus mengakomodir keinginan gamer. Semakin berhasil memasukan keinginan gamer dan mempertahankan idealisme si pembuat, maka video game berkualitas baik bisa tercipta.

Selain itu, para developer juga harus melakukan survey mengenai mekanisme di dalam game yang belum pernah dibuat sehingga menciptakan orisinalitas tersendiri. Semakin baru mekanisme game yang mereka perkenalkan, semakin tertarik pula gamer.

BACA JUGA: Daftar 5 Game Paling Mengecewakan di Tahun 2020

Meskipun susah, tapi ternyata ada loh developer yang sukses menciptakan mekanisme game yang menginspirasi developer lain untuk menirunya. Mekanisme ini saking kerennya bahkan bertahan hingga bertahun-tahun. Meski begitu, ada juga mekanisme yang melekat pada satu game saja dan menjadi identitas dari game tersebut.

Lalu kira-kira apa saja mekanisme game paling revolusioner dan inspiratif itu? Berikut adalah ulasan versi Gimbot.

1. Respawn/Second Chance

mekanisme game

Respawn atau hidup kembali merupakan salah satu mekanisme paling lumrah yang pernah ada di industri game. Biasanya mekanisme respawn dimiliki oleh game single player. Tapi di era perkembangan zaman seperti saat ini, game multiplayer juga banyak yang menggunakan mekanisme tersebut.

Metode respawn akan membuat gamer yang tewas untuk hidup kembali di lokasi atau checkpoint tertentu untuk melanjutkan permainan. Metode ini mempermudah gamer untuk mengulangi gameplay ketika mati tanpa harus menelusuri stage atau level dari awal lagi.

Biasanya setiap respawn akan menghadirkan sejumlah hukuman yang bervariasi mulai dari uang yang dipotong, kehilangan senjata, atau kekurangan poin tertentu seperti EXP misalnya. Sekiro: Shadow Die Twice adalah salah satu game modern yang menjadikan metode respawn sebagai ide utama dari permainannya.

2. Dynamic atau Adaptive Music

Seperti yang saya bilang, ada beberapa mekanisme gameplay yang revolusioner dan inspiratif namun menjadi satu identitas dari sebuah game. Salah satunya adalah Dynamic atau Adaptive Music yang dimiliki oleh game ciptaan Capcom, Devil May Cry.

Game action stylish yang memanjakan para pecinta game action ini memang menjadikan music sebagai sesuatu yang spesial. Tak hanya sebagai hal yang menemani petualangan kalian, lewat music adrenalin gamer akan terpacu.

BACA JUGA: Pertarungan Boss Paling Intens yang Ada di Video Game Part 2

Uniknya, music atau beradaptasi dengan setiap combo yang kalian lontarkan ke musuh. Semakin menggila combo kalian, semakin kencang music mengalun. Jika berhasil mempertahankan combo terus menerus, alunan music rock nan merdu akan terus kalian dengar.

Gilanya, hampir semua soundtrack yang ada di Devil May Cry sangat enak dan energik untuk didengarkan.

3. Waktu yang Sama dengan Dunia Nyata

Banyak developer yang kini menjadikan siklus siang malam menjadi kekuatan utama dari game buatan mereka. Hal ini tidak salah karena siklus siang dan malam akan menambah pengalaman bermain yang imersif. Sayangnya, rata-rata pergantian siang dan malam hanya setara dengan 22-30 menit di dunia nyata.

Meski begitu, ada satu game yang mendobrak hal tersebut dengan membuat siklus siang malam sesuai dengan keadaan di dunia sesungguhnya. Artinya, siang dan malam akan berganti seperti di dunia nyata. Game itu adalah Animal Crossing.

Jika kalian bermain game ini di siang hari, maka game ini akan menjadi siang hari, bermain di sore hari akan menjadi sore hari, dan begitupun seterusnya. Waktu dalam game ini bergerak secara real-time. Sesuatu yang benar-benar luar biasa.

Yang membuatnya semakin gila adalah bahwa ada berbagai pencapaian atau tujuan yang bisa diakses di jam-jam tertentu. Mekanisme ini harus diakui merupakan salah satu yang paling revolusioner dan tentunya susah untuk diaplikasikan di sembarang game.

4. Pohon Skill yang Jauh Lebih Kompleks

Harus diakui RPG masa kini memang sudah jauh lebih realistis dan rumit daripada sebelumnya. Zaman dulu, RPG memiliki mekanisme pohon skill yang sangat sederhana dan membosankan. Kalian bisa menentukan arah pohon skill dengan mudah tanpa harus takut mengalami kesalahan ke depannya.

Tapi ketika The Elder Scroll: Skyrim dirilis, game ini membawa mekanisme pohon skill yang jauh lebih cepat. Namun meski begitu, gamer tetap dengan mudah bisa menemukan build yang tepat secara cepat. Mekanisme rumit ini kemudian dibuat menjadi jauh lebih rumit lagi di The Witcher 3: Wild Hunt.

Di sini kalian akan benar-benar kebingungan karena masing-masing pohon skill dan fokus role memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kalian bisa menjadi ahli pedang, ahli ramuan, atau ahli magic yang sangat andal.

Mekanisme rumit ini terus diadaptasi oleh game setelah The Witcher 3 seperti pada Borderlands 3, Jedi: Fallen Order, bahkan Destiny 2.

5. Nemesis System

Mekanisme game yang benar-benar baru dan orisinal yang diterapkan di industri game. Ya, Nemesis System pertama kali diperkenalkan oleh Monolith lewat game Middle Earth: Shadow of Mordor yang dirilis tahun 2014. Meski membawa mekanisme combat seperti Batman Arkham, mereka menciptakan Nemesis System yang menjadi ujung tombak permainan mereka agar semakin menarik.

Mekanisme ini juga diterapkan di sekuel Shadow of Mordor yaitu Shadow of War. Mekanisme ini menjadikan musuh AI yang kalian hadapi mengingat nama dan karakteristik kalian jika mereka berhasil kabur dari pertarungan.

Jika kalian terbunuh oleh AI yang mengenal kalian, maka AI itu akan naik pangkat hingga semakin susah dikalahkan. Jika terus gagal membunuhnya, mereka akan hidup sepanjang game ini belum tamat. Untuk mengakhirinya tentu saja dengan membunuh mereka.

Uniknya, para Nemesis ini bisa kalian hasut untuk menjadi teman kalian di Shadow of War sehingga kalian bisa menciptakan pasukan Orc kalian sendiri.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.