5 Fitur Console yang Jarang Sekali Digunakan Gamer


Berbagai fitur console ini jarang sekali digunakan padahal console berikut menyediakan sejumlah fitur yang cukup menarik.

fitur console

Console merupakan salah satu alat bermain game yang sangat menarik. Berbeda dari mesin arcade, console punya ukuran lebih kecil sehingga tidak akan memakan tempat dan bisa ditempatkan di ruang tamu atau kamar kalian.

Tapi yang paling menarik adalah console memiliki sejumlah fitur yang sangat bagus untuk digunakan. Fitur console tersebut bahkan sudah dimasukan oleh para pembuat sejak lama dan terus menerus semakin mantap dari tahun ke tahun.

BACA JUGA: Pertarungan Boss Paling Intens yang Ada di Video Game Part 2

Meski punya fitur segudang, terkadang ada satu fitur yang jarang sekali digunakan gamer meskipun pada kenyataannya fitur itu cukup menggoda dan menarik buat digunakan. Kira-kira apa saja fitur console yang jarang sekali digunakan gamer?

Gimbot sudah merangkum daftarnya dan siap membagikannya kepada kalian semua. Berikut adalah ulasannya!

1. Snap Mode – Xbox One

fitur console

Peluncuran Xbox One harus diakui memang tidak mulus meskipun pada kenyataannya console ini kaya akan fitur untuk menarik perhatian gamer. Salah satu fitur yang disediakan adalah Snap Mode yang ternyata justru menjadi salah satu fitur console yang jarang sekali digunakan.

Snap Mode memungkinkan gamer untuk menyematkan berbagai aplikasi ke sisi kanan layar sambil terus bermain game mulai dari Youtube, achievement, dan berbagai aplikasi menarik lainnya. Tentunya ini adalah ide cemerlang yang bisa kalian manfaatkan. Dengan fitur ini, gamer bisa mencari walkthrough dengan sangat mudah dan cepat.

Sayangnya, banyak gamer yang jarang menggunakannya. Akhirnya, karena tidak populer, Microsoft menghentikan Snap Mode pada awal 2017 dengan alasan ingin meningkatkan kinerja console.

2. Gyro Controls – PlayStation 4

Motion Control merupakan salah satu fitur yang pertama kali diperkenalkan ke keluarga console PlayStation di era PlayStation 3 lewat Dualshock 3. Kemudian fitur tersebut dikembangkan lagi lebih jauh di era PlayStation 4 lewat Dualshock 4.

Fitur tersebut disebut sebagai Gyro Control yang dianggap lebih canggih. Sayangnya fitur yang satu ini meski sudah didukung oleh banyak game seperti Days Gone, Gran Turismo Sport, Journey, dan Gravity Rush, menjadi fitur yang jarang digunakan.

BACA JUGA: Video Game yang Dibenci Oleh Pembuatnya Sendiri

Karena kurangnya Sony dalam mengedukasi gamer dan memberikan dukungan terhadap fitur ini, Gyro Controls pada akhirnya menjadi fitur yang jarang digunakan. Perlu diketahui, Gyro Controls merupakan fitur yang terisnpirasi dari beberapa game PSVR yang mengandalkan motion.

3. VMU – Dreamcast

Sega Dreamcast adalah salah satu console paling populer di eranya karena memiliki sejumlah fitur yang luar biasa. Salah satu fitur yang muncul di console ini adalah VMU atau Visual Memory Unit. Fitur ini membuat perangkat yang mirip dengan Tamagotchi dicolokan ke controller console dan berfungsi sebagai kartu memory tambahan.

Selain menyimpan data game, VMU memiliki layarnya sendiri yang dapat memberikan informasi tambahan kepada pemain selama bermain game. Jika kita menggunakan logika, karena fungsinya sebagai kartu memory, tetnu akan banyak yang menggunakan VMU. Tapi kenyataannya tidak!

Hanya sedikit gamer yang memanfaatkan kehebatan dari VMU hingga menjadikannya salah satu fitur console yang mubazir di eranya.

4. Save File Recovery – PlayStation 1

Jujur, saya baru mengetahui fitur yang satu ini sekarang! Ya, 22 Desember 2020 atau 26 tahun setelah game ini dirilis, ternyata PlayStation 1 menghadirkan sejumlah fitur yang kerennya bukan main. Fitur ini adalah save file recovery atau mengembalikan save file kalian yang rusak atau hilang.

Hal ini diungkapkan oleh Youtuber, John Glasscock baru-baru ini dan mengejutkan para pengguna console tersebut. Fitur ini adalah fitur yang tersembunyi dan tidak populer pada masanya. Mau tahu bagaimana fitur ini bekerja? Gamer hanya perlu menekan empat tombol yaitu RI, L1, R2, dan L2 secara bersamaan.

Fitur ini bisa mengembalikan save game kalian yang dihapus dan hilang. Gilanya, Sony tidak pernah memberitahu fitur penting ini di manapun. Jadi, kurangnya sosialisasi dari Sony membuat kita tidak pernah tahu cara menggunakan fitur ini.

5. Printer Support – PlayStation 3

PlayStation 3 sepertinya layak mendapatkan julukan sebagai console serba guna. Console ini meningkatkan fitur PlayStation 2 sebagai sebuah printer. Jika di console PS2 dukungan printer terbatas, di console PlayStation 3 dukungan printer ini bisa kalian gunakan dengan bebas.

PS3 bisa terhubung dengan banyak sekali printer seperti HP, Canon, dan Epson baik dengan USB atau lewat Wi-Fi. Dengan memasukan USB yang punya gambar ke PS3, gamer bisa mencetak gambar seperti yang kalian lakukan di PC konvensional.

Sayangnya, fitur yang satu jarang sekali digunakan gamer sehingga Sony memutuskan untuk meniadakan fitur ini di PlayStation 4 pada akhirnya.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.