Super Smash Bros. Ultimate, Layak Beli atau Tidak?


Setelah sembilan bulan sejak pertama kali diumumkan, Super Smash Bros. Ultimate akhirnya dirilis di Nintendo Switch dirilis tanggal 7 Desember 2018 lalu. Seri yang sangat populer dari Nintendo ini memang diminati banyak orang di semua kalangan. Karena selain di seri Smash, di mana lagi kamu bisa bertarung dengan karakter-karakter gim Nintendo favoritmu. Selain itu, Smash...

review-super-smash-bros-ultimate-featured

Setelah sembilan bulan sejak pertama kali diumumkan, Super Smash Bros. Ultimate akhirnya dirilis di Nintendo Switch dirilis tanggal 7 Desember 2018 lalu.

Seri yang sangat populer dari Nintendo ini memang diminati banyak orang di semua kalangan. Karena selain di seri Smash, di mana lagi kamu bisa bertarung dengan karakter-karakter gim Nintendo favoritmu. Selain itu, Smash juga memberikan pengalaman brawler bercampur gim fighting yang unik dan berbeda dari gim lain.

Super Smash Bros. Ultimate ini sendiri adalah versi kelima dari seri Smash setelah versi terakhir dirilis di Wii U dan 3DS. Pertanyaannya, sebagus apakah versi terbaru untuk Nintendo Switch ini? Apakah layak dibeli?

Welcome to Smash!

review-super-smash-bros-ultimate-mario

Satu hal yang membuat seri Smash sangat laris di pasar global adalah mekanik dasarnya yang unik tapi sederhana. Jika ini adalah gim Smash pertamamu, izinkan kami menjelaskan peraturan dasarnya.

Tugasmu adalah adalah menyerang karakter lawan dengan karakter yang kamu gunakan. Berbeda dengan gim fighting pada umumnya, nyawamu diperlihatkan dalam bentuk persenan yang dimulai dari nol. Tiap kali mendaratkan serangan, angka ini akan naik dan melontarkan lawan.

review-super-smash-bros-ultimate-gameplay

Makin besar persenan nyawa lawan, makin jauh juga lawanmu terlontar. Menariknya, lawanmu dinyatakan mati atau kehilangan satu nyawa bukan jika angka tersebut mencapai 100 persen, tapi ketika ia terlontar cukup jauh hingga keluar dari arena.

Kadang kamu harus berjuang ekstra keras untuk melontarkan lawan. Namun kadang kamu juga bisa bermain sangat cerdik dan memaksa lawan keluar dari arena meskipun belum menerima terlalu banyak damage.

Sebuah Gim untuk Semua Orang

review-super-smash-bros-ultimate-konfigurasi-tombol

Meskipun sejatinya adalah gim brawler yang sedikit mengarah pada gim fighting, Super Smash Bros. Ultimate punya konfigurasi tombol yang sangat sederhana.

Apapun karakter yang kamu gunakan, semua tombol punya fungsi yang sama. Tombol A untuk serangan biasa, dan tombol B untuk serangan spesial. X atau Y untuk melompat, R/L untuk grab, dan ZR/ZL untuk menangkis.

review-super-smash-bros-ultimate-moveset

Untuk variasi serangan, kamu hanya perlu menekan tombol arah plus tombol A atau B. Tidak ada kombinasi tombol yang harus diingat untuk mengeluarkan jurus tertentu. Semua gerakan bisa dikeluarkan dengan mudah dan tinggal kamu yang harus kreatif dalam menggunakannya.

Basis kontrol yang sederhana inilah yang membuat Super Smash Bros. Ultimate cocok untuk semua orang. Tidak perlu takut karena belum pernah bermain Smash sebelumnya atau tidak tahu kombinasi tombol tertentu. Cukup pilih karaktermu dan mulai bermain.

Meskipun punya basis dasar yang sederhana, mekanik dalam gim ini sebenarnya cukup dalam untuk kamu yang lebih hardcore. Layaknya gim fighting, ada banyak interaksi dan mekanik yang membuat gim ini berubah dari sebuah brawler bersama keluarga menjadi sebuah pertarungan yang sangat cepat.

Kamu bisa menyaksikan video di atas untuk melihat seberapa dalam kamu bisa menggali mekanik dalam gim ini.

Gim untuk Semua Orang

review-super-smash-bros-ultimate-daisy peach

Satu lagi faktor yang membuat Super Smash Bros. Ultimate cocok untuk semua orang adalah banyaknya konten dan fitur yang ditawarkan.

Gim ini menawarkan empat fitur utama, yaitu Smash, Classic Mode, Spirit, dan Online. Masing-masing mampu memenuhi kebutuhan semua kalangan pemain.

review-super-smash-bros-ultimate-menu

Dalam fitur Smash, kamu bisa bertanding dengan mode yang kamu inginkan. Jika ingin mengadu skill dengan teman, cukup bermain satu lawan satu di mode ini. Pilih arena yang adil, matikan item, dan perlihatkan siapa yang lebih jago.

Jika kamu ingin bersenang-senang bersama keluarga dalam battle royale yang sangat ramai, gunakan pengaturan delapan pemain di mode ini. Pilih arena yang kamu suka, sediakan item, lalu nikmati kekacauan yang terjadi di layar.

review-super-smash-bros-ultimate-gameplay-2

Jika kamu ingin bermain sendiri tapi tetap ingin menantang kemampuan, kamu bisa bermain di Classic Mode. Dalam mode ini ada banyak tantangan yang bisa kamu ambil, mulai dari gauntlet enam tahap hingga pertandingan satu lawan 100.

Jika kamu ingin petualangan yang lebih panjang dan tantangan yang beragam, kamu bisa bermain World of Light di bawah mode Spirit. Dalam World of Light, kamu akan mengelilingi berbagai tempat dan menghadapi berbagai musuh demi menyelamatkan semua karakter yang ditangkap oleh Master Hand.

review-super-smash-bros-ultimate-world-of-light

Jika kamu adalah pemain serius yang tidak punya teman main, masuklah ke mode online dan cari lawan di internet. Buktikan bahwa kamu jago tidak hanya saat menghadapi satu atau dua orang teman, tapi ratusan pemain lain yang ada di luar sana.

Intinya, dalam Super Smash Bros. Ultimate, selalu ada mode untuk semua tujuan. Entah itu untuk bersenang-senang atau meningkatkan skill bermain, there’s always a way to Smash.

Banyaknya opsi permainan ini saja membuat Super Smash Bros. Ultimate layak dibeli dan dimainkan oleh berbagai macam kalangan pemain. Tapi kita tidak berhenti sampai di situ saja.

Everyone is Here! Pilih Karakter Favoritmu!

review-super-smash-bros-ultimate-karakter

Super Smash Bros. Ultimate memiliki lebih dari 70 karakter yang bisa dimainkan. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah seri Smash, dan jumlahnya akan terus bertambah seiring ekspansi dan DLC.

Semua karakter yang hadir juga berasal dari berbagai macam seri gim populer seluruh dunia. Selain karakter populer seperti Pikachu dan Mario, dalam Super Smash Bros. Ultimate kamu juga bisa bermain sebagai Zelda dan Ganondorf dari seri The Legend of Zelda, Inkling dari seri Splatoon, sampai Cloud Strife dari seri Final Fantasy XII.

review-super-smash-bros-ultimate-donkey-kong

Karakter-karakter ini unik tidak hanya dari segi penampilan dan memenuhi rasa nostalgia saja. Masing-masing karakter punya keunikan dan gaya bertarung masing-masing.

Karakter ukuran besar seperti Bowser atau Donkey Kong punya gerakan yang lambat tapi pukulan yang sangat kuat. Sebaliknya karakter mungil seperti Pichu sangatlah rentan tapi sangat lincah dan sulit ditangkap. Lalu ada juga karakter berpedang, zoner dengan segudang proyektil, dan masih banyak lagi.

review-super-smash-bros-ultimate-inkling

Gerakan dari masing-masing karakter juga masih identik dengan ciri khas karakter tersebut di seri asal mereka. Pikachu misalnya, punya banyak serangan yang memanfaatkan petir. Inkling menggunakan berbagai senjata yang sering muncul dalam Splatoon. Bayonetta menggunakan sihir andalannya, dan sebagainya.

Entah karena cocok dengan cara bertarung dan/atau estetikanya, pasti ada satu karakter yang akan kamu sukai dan jadi andalanmu di Super Smash Bros. Ultimate. More reason to play!

Baca juga: Trik Membuka Semua Karakter Super Smash Bros. Ultimate dengan Cepat

Dilengkapi dengan Musik dan Visual yang Keren

review-super-smash-bros-ultimate-mewtwo

Secara visual, penampilan karakter di Super Smash Bros. Ultimate tidak banyak berubah dari versi sebelumnya di Nintendo Wii U. Beberapa karakter mendapatkan sedikit sentuhan, tapi tidak secara signifikan.

Yang mendapatkan beberapa perubahan dan juga tambahan adalah arena permainan tempat kamu bermain. Super Smash Bros. Ultimate menyediakan lebih dari 100 arena, hampir dua kali lipat dari versi Wii U yang hanya 55 (belum menghitung ekspansi dan DLC).

review-super-smash-bros-ultimate-arena

Semua arena ini tentu mengambil tema dari berbagai gim asal tiap karakter. Mayoritas arena yang lama masih terasa sama, sementara yang baru juga tidak kalah bagus dan mampu mewakili gim asalnya masing-masing.

Ini membuat sisi nostalgia terhadap masing-masing gim menjadi makin kuat. Toh sudah lama kita tidak melihat Cloud bertarung di Midgar, meskipun kali ini lawannya sedikit berbeda.

Namun presentasi apik yang diberikan Super Smash Bros. Ultimate tidak hanya berhenti di situ. Musik dalam gim ini juga disajikan dengan sangat baik. Kamu akan mendengar beberapa musik yang familiar dari gim-gim favoritmu.

Tiap musik tidak hanya diambil begitu saja dari gim asalnya. Beberapa musik diaransemen ulang menjadi versi baru. Ketika bermain di arena dari dunia Pokemon misalnya, kamu mungkin akan disajikan gabungan musik dari Pokemon Sun/Moon ketika menghadapi Solgaleo dan Lunala.

Musik ini membuat tiap arena memiliki kesan yang lebih familier. Jujur saja, beberapa musik dalam gim ini juga cukup keren untuk didengarkan terpisah melalui menu Vault dalam gim.

review-super-smash-bros-ultimate-vault


Jika kamu bertanya apakah Sumer Smash Bros. Ultimate layak beli atau tidak, jawabannya jelas ya. Bahkan menurut saya satu gim ini saja cukup untuk memenuhi berbagai keperluan di rumah. Dengan gim ini, kamu bisa bermain bersama keluarga atau super-tryhard menghadapi pemain lain baik online maupun offline.

Ditambah dengan konten yang segudang dan presentasi yang sangat apik, saya rasa harga gim ini, baik fisik maupun melalui Nintendo e-Shop tergolong cukup murah. Percayalah, ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di Super Smash Bros. Ultimate, baik sendirian atau bersama orang lain. Seri Smash ini dinantikan dan sangat diantisipasi bukan tanpa alasan.


Kaoru