Review Dissidia Final Fantasy NT Free Edition – Jangan Berharap Terlalu Banyak!


Dissidia Final Fantasy NT Free Edition baru saja dirilis pada 13 Maret 2019. Apa saja sih yang ditawarkan game gratis buatan Square Enix ini?

Dissidia Final Fantasy NT Free Edition

13 Maret 2019 menjadi salah satu waktu yang saya tunggu. Pada tanggal tersebut ada satu game gratis yang sangat layak mendapatkan perhatian yakni Dissidia Final Fantasy NT Free Edition. Game ini sejatinya memiliki dua versi, versi gratis dan berbayar.

Sesuai judul, saya memilih untuk melakukan review untuk versi gratisnya karena penasaran mengenai apa saja yang bakal ditawarkan di versi gratisnya ini.

BACA JUGA: Review Devil May Cry 5: Kegilaan Sampai Batas Maksimal!

Kenapa saya mengatakan agar kalian tak terlalu berharap banyak? Mungkin langsung saja kita bahas satu per satu apa saja yang ada di game Dissidia Final Fantasy NT Free Edition.

Gameplay Solid Khas Dissidia Tetap Hadir

Terlihat menjanjikan depannya.

Secara mekanisme pertempuran, kalian tentunya bakal merasakan mekanisme gameplay yang sama seperti game Dissidia Final Fantasy lainnya. Kamera tiga dimensi, fitur untuk melakukan dash, serangan spesial, hingga summon bisa kalian dapatkan di Dissidia Final Fantasy NT Free Edition. Semua mekanisme gameplay sejauh ini masih terasa solid dan fluid.

Bergeser ke mekanisme gameplay yang lainnya, Dissidia Final Fantasy NT Free Edition ini memberikan beberapa hadiah bagi kalian yang sudah menyelesaikan pertarungan baik pertarungan online maupun offline.

Nantinya hadiah yang kalian dapatkan ini bisa berupa item, skill, ataupun Gill (mata uang Final Fantasy). Dengan Gill ini kalian bisa menggunakannya untuk membeli avatar profile picture di dalam game. Intinya adalah pertarungan kalian tidak bakal sia-sia karena dengan bertarung kalian bisa semakin memperkuat karakter yang kalian gunakan.

Grafis yang Bagus untuk Sebuah Game Gratis

Membicarakan game masa kini tentu saja yang wajib dibahas adalah soal grafis. Dari segi grafis Dissidia Final Fantasy NT Free Edition memiliki grafis yang penuh detail dan mulus.

Grafis ketika karakter mengeluarkan skill juga terlihat mantap tentunya. Kami sudah membuktikannya dengan mencoba game ini di pengaturan grafis teratas.

Kebebasan Mengutak-atik Strategi Jempolan

Menentukan summon yang tepat? Bisa saja.

Hal menarik lainnya yang mesti dibahas adalah bagaimana game ini menciptakan sebuah kebebasan mengutak-atik strategi dalam bertarung. Sebelum pertarungan dimulai, ada beberapa hal yang harus kita kustomisasi seperti memilih magic, skill, dan summon.

Semua hal itu wajib kita lakukan secara detail agar bisa menang. Pemilihan strategi tepat benar-benar diperlukan khususnya ketika bermain online. Terdiri dari tiga orang dalam satu tim, kalian bisa memilih jurus yang nantinya saling melengkapi sesuai role yang kalian pilih.

BACA JUGA: Apex Legends: Kumpulan Hero dan Skill

Jika kalian tipe marksman, pilihlah teknik yang bisa melakukan cover jarak jauh dan juga sedikit teknik support misalnya HP Regen. Sebaliknya, jika kalian memilih tipe petarung Slayer, kalian harus memilih teknik yang bisa membunuh karakter lawan dengan cepat.

Dengan pemilihan strategi yang tepat, kalian bisa menjadi raja di arena tentunya. Tapi untuk bisa memilih teknik yang ada sebebas mungkin, kalian dituntut untuk membuka banyak skill yang ada. Caranya adalah melakukan grinding dengan cara banyak bertarung.

Mode Offline yang Sangat Minim Fitur

Dissidia Final Fantasy NT Free Edition
Jangan berharap banyak mode offlinenya

Kalian yang berharap banyak dengan mode offline yang ada di game Dissidia Final Fantasy NT Free Edition kenyataannya harus gigit jari. Saya sendiri merupakan salah satu yang mengharapkan banyak fitur offline di game ini tapi sayangnya kami tidak menemukan apa yang kami cari.

Mode offline di game ini benar-benar minim karena hanya ada dua pilihan offline yakni Gauntlet Mode dan juga Custom Mode.

Gauntlet Mode merupakan mode yang memungkinkan kalian bertarung dengan AI. Di sini kalian bakal menghadapi pertarungan 3 Vs 3. Di mode ini kalian mengontrol satu karakter dan duanya lagi dikontrol oleh AI.

Meski dua rekan kalian dikontrol oleh AI, semua strategi yang ada semuanya murni kalian yang meraciknya. Mulai dari jurus biasa, jurus spesial, hingga summon murni kalian yang meraciknya. Di mode ini kalian tidak bisa berganti karakter hingga menyelesaikan beberapa stage.

BACA JUGA: Review Dragon Marked for Death: Quest Hunting dengan Visual Dua Dimensi

Setelah selesai, barulah kalian mendapatkan banyak hadiah seperti yang telah disebutkan oleh kami di atas.

Untuk mode custom sendiri, tak banyak perbedaan. Satu-satunya yang berbeda adalah kalian bisa menentukan pilihan mode petarungan yang sesuai dengan keinginan kalian.

Di mode ini tak banyak yang bisa kalian dapatkan. Semuanya terasa repetitive karena kalian harus mengulang sesuatu yang itu-itu saja ditambah lawan yang dihadapi adalah AI. Menurut saya, mode offline di Dissidia Final Fantasy NT Free Edition ini adalah sebuah arena untuk melakukan grinding semata. Tak lebih dari itu.

Mode Online yang Benar-benar Buruk

Grafisnya cukup halus. Lihat gimana lucunya Kupo!

Beranjak ke mode online, kekecewaan harus kami rasakan kembali. Setelah mode offline yang benar-benar minim fitur, di mode online, semuanya diselimuti oleh lag karena tingginya latensi yang dihasilkan. Bahkan buruknya mode online ini telah kalian rasakan ketika melakukan matchmaking.

Untuk melakukan matchmaking saja, dibutuhkan waktu sekitar lima menit bahkan bisa lebih. Di percobaan pertama, saya berhasil menemukan kawan dan lawan. Tapi sayangnya, ketika masuk mode pertarungan, tiba-tiba saya terlempar keluar karena mengalami disconnect. Setelah melakukan cek, internet yang saya gunakan aman dan berfungsi dengan baik.

Sejauh ini, saya sudah mencoba dua kali pertarungan dan hasilnya sangat kurang memuaskan. Matchmaking lama ditambah dengan latensi yang membuat game ini menjadi lag dan benar-benar menghancurkan pengalaman saya ketika bermain online.

Lag bahkan sering membuat game berhenti total untuk beberapa detik karena lag yang dihasilkan sangat tinggi. Bahkan untuk melakukan cancel terhadap match saja dibutuhkan beberapa detik.

Yang patut untuk dibahas selanjutnya adalah di mode online ada tiga mode yang bisa kalian mainkan yaitu Solo Ranked, Party, dan Custom.

BACA JUGA: Review The Division 2 Private Beta – Memberikan Pengalaman RPG Shooter yang Jauh Lebih Baik

Untuk solo ranked, kalian hanya perlu masuk, melakukan matchmaking, dan bertanding. Sedangkan untuk party, kalian setidaknya harus memiliki rekan dulu. Karena jika tidak, kalian tidak bisa bermain di mode ini.

Terakhir adalah mode custom di mana kalian bisa bermain dengan orang lain yang berada di lobby yang sama dengan kalian. Setelah masuk ke lobby, kalian baru bisa memilih party. Kalian juga bisa memilh ingin bertarung di kelas apa saja mulai dari Bronze hingga Crystal.

Sayangnya lobby di Dissidia Final Fantasy NT Free Edition benar-benar sepi pengunjung!

Ingin Memperbanyak Karakter? Tak Gratis!!

Sayangnya untuk mendapatkan semuanya kalian harus bayar dengan harga yang tak sedikit.

Ketika di awal kalian memainkannya, hanya ada beberapa karakter yang bisa kalian mainkan contohnya adalah Cloud Strife dan Lightning. Untuk membuka karakter yang terkunci caranya bagaimana? Tentu saja kalian harus membelinya. Harga yang ditawarkan cukup variatif, dari Rp12.000 hingga Rp39.000.

Selain karakter, kamu juga bisa membeli senjata. Semua barang dagangan tersebut bisa kalian beli dengan menggunakan Steam Wallet. Bagi kalian yang ingin membuka semua karakter yang ada, setidaknya siapkan budget yang cukup banyak.

Kesimpulan

Harus diakui, Dissidia Final Fantasy NT Free Edition adalah game yang berada di bawah ekspektasi saya. Alih-alih menyajikan pengalaman yang luar biasa di mode online-nya, game ini justru menyajikan mode online yang hancur lebur.

Lag tak berkesudahan dan matchmaking terlalu lama adalah hal paling mengesalkan yang saya rasakan ketika memainkan game ini. Di mode offline-nya sendiri, game ini tidak menyajikan sesuatu yang sama sekali menarik karena hanya tersedia mode permainan yang kurang variatif.

Selain itu, hal yang membuat kami sedikit kecewa adalah karakter yang harus dibuka menggunakan steam wallet. Butuh kocek yang tidak sedikit agar kalian bisa membawa karakter yang kalian inginkan tentunya.

Meski begitu, untuk urusan mekanik gameplay dan grafis, game ini harus mendapatkan acungan jempol. Mekanik gameplay solid dengan pemilihan strategi yang detail membuat gamer harus memutar otak agar bisa memenangi pertarungan.

Sejauh ini Dissidia Final Fantasy NT Free Edition cukup menarik untuk dilirik sebagai game selingan, tapi bagi kalian yang berekspktasi tinggi terhadap game ini ada baiknya untuk menyimpan ekspektasi tersebut.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.