Review Dragon Marked for Death: Quest Hunting dengan Visual Dua Dimensi


Dragon Marked for Death adalah game action dua dimensi buatan Inti Creates. Mereka adalah developer yang pernah membuat beberapa judul di seri Mega Man. Dengan reputasi tersebut, ekspektasi untuk game yang rilis di awal 2019 ini jelas tidak kecil. Apalagi ketika diperkenalkan melalui trailer, game ini menjanjikan pengalaman bermain yang unik dengan empat karakter yang...

review-dragon-marked-for-death-featured

Dragon Marked for Death adalah game action dua dimensi buatan Inti Creates. Mereka adalah developer yang pernah membuat beberapa judul di seri Mega Man. Dengan reputasi tersebut, ekspektasi untuk game yang rilis di awal 2019 ini jelas tidak kecil. Apalagi ketika diperkenalkan melalui trailer, game ini menjanjikan pengalaman bermain yang unik dengan empat karakter yang berbeda.

Kami akhirnya sempat mencoba semua karakter di game ini. Berikut penilaian kami.

Empat Karakter, Empat Playstyle

review-dragon-marked-for-death-pilihan-karakter

Kamu bisa mengendalikan satu dari empat pilihan karakter yaitu Empress, Warrior, Shinobi, dan Witch. Keempatnya adalah anggota Dragonblood Clan, sebuah klan yang dihabisi oleh kerajaan lain. Ingin membalas dendam dan menyelamatkan petinggi klan yang diculik, keempatnya membuat perjanjian dengan makhluk astral untuk mendapatkan kekuatan.

Untuk bisa menemukan kerajaan yang mereka incar, anggota klan ini harus menyelesaikan beberapa misi. Dari situ ia akan akan mendapatkan reputasi dan selangkah lebih dekat untuk membalas dendam.

Premis cerita di atas serta jalan cerita Dragon Marked for Death terbilang biasa saja. Tidak ada alur cerita yang mengejutkan atau layak disorot. Karaktermu juga tidak bisa bicara sehingga tidak punya kepribadian yang spesifik. Hal yang sama juga berlaku untuk karakter NPC lain. Sedikit disayangkan karena game ini punya visual dan desain karakter yang keren.

review-dragon-marked-for-death-gameplay-awal

Yang benar-benar jadi sorotan dalam Dragon Marked for Death adalah gameplay-nya yang variatif. Keempat karakter yang bisa kamu mainkan memiliki kekuatan uniknya masing-masing. Artinya keempat karakter tersebut memiliki cara menyerang, mobilitas, dan tentunya gaya permainan yang berbeda. Masing-masing juga menuntut mastery agar bisa kamu gunakan secara efektif dalam misi.

Dengan variasi karakter tersebut, kamu harusnya bisa menemukan satu karakter yang cocok dengan gaya permainanmu. Jika kamu adalah tipe pemain yang lebih suka bereksperimen dan cepat bosan, kamu bisa mengganti karakter dan mendapatkan pengalaman bermain yang berbeda.

Misi yang Beragam

review-dragon-marked-for-death-daftar-misi

Tidak cuma karakter, misi yang tersedia juga cukup beragam. Kamu tidak hanya diminta untuk menemukan dan menghabisi musuh. Ada juga misi di mana kamu harus menjaga orang penting, menyelamatkan sandera, dan menemukan harta karun. Masing-masing punya tantangan sendiri sehingga menuntut approach dan persiapan yang berbeda.

Tiap misi memiliki opsi tingkat kesulitan yang berbeda. Selain itu, progres tiap misi juga terikat pada karakter. Artinya jika kamu memainkan Empress dan membuatnya jadi sangat kuat, kamu bisa berganti karakter ke Warrior tanpa harus memilih misi yang terlalu sulit. Tinggal pilih misi yang sesuai dengan level karakter Warrior tersebut. Tentu saja, semakin tinggi tingkat kesulitan misi, semakin besar juga imbalannya.

review-dragon-marked-for-death-level-misi

Variasi yang luas ini membuat Dragon Marked for Death tidak pernah membosankan. Selalu ada alasan untuk bermain dan menyelesaikan satu misi. Kamu bisa bermain untuk mencoba misi baru, mencoba misi lama dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, atau sekadar menaikkan level karakter.

Satu-satunya hal yang mungkin jadi kekurangan adalah empat karakter ini dipisah jadi dua paket game yang berbeda. Masing-masing paket Frontline Fighters dan Advanced Attacker bisa kamu dapatkan dengan harga US$15. Jika kamu ingin memiliki keempat karakter, kamu harus membayar US$30. Namun kecuali kamu ingin memainkan semua karakter, hanya memiliki dua karakter tidak akan membatasi pengalaman bermainmu dengan karakter tersebut.

More People More Fun

review-dragon-marked-for-death-gameplay-3

Saya punya keempat karakter di Dragon Marked for Death dan mencoba gaya bermain masing-masing karakter. Misi awal bisa saya lewati dengan cukup mudah dengan karakter manapun. Namun ketika misi yang ada mulai bervariasi, beberapa misi mulai terasa tidak balance.

Awalnya, beberapa misi bisa diakali meskipun saya harus berjibaku dengan karakter tertentu. Namun ada beberapa sesi dalam sebuah misi yang terasa tidak adil. Sebagai contoh, ada misi yang akan sangat mudah jika karaktermu punya mobilitas tinggi. Lalu ada juga misi di mana kamu harus menyelamatkan empat orang yang disandera dan akan dibunuh. Seorang diri, saya hanya bisa menyelamatkan maksimal dua orang.

Singkatnya, beberapa desain level atau misi di Dragon Marked for Death terasa tidak balance. Entah kamu butuh lebih dari satu pemain, atau ada beberapa bagian dalam level yang hanya bisa diakses karakter tertentu. Ini membuat kamu akan merasa frustasi ketika memainkan misi tertentu dengan karakter tertentu.

review-dragon-marked-for-death-gameplay-2

Penilaian itu valid jika Dragon Marked for Death dilihat sebagai game action platformer single player ala Mega Man. Akan tetap Dragon Marked for Death bukanlah game yang idealnya kamu mainkan sendiri. Game ini lebih mirip seri Monster Hunter di mana kamu menjalankan satu misi bersama sebuah tim dan harus mempersiapkan diri untuk tiap misi. Bedanya di game ini karaktermu berbentuk dua dimensi.

Artinya Dragon Marked for Death idealnya memang untuk dimainkan bersama orang lain, dan game ini punya dua fitur untuk itu. Kamu bisa bermain bersama temanmu atau bermain dengan orang asing secara online.

Dengan bantuan pemain dan karakter lain, misi yang kamu jalankan menjadi jauh lebih mudah. Tantangan yang terasa mustahil bisa diatasi karena ada karakter lain yang bisa menutupi kelemahanmu. Secara tidak langsung semua misi juga tidak lagi membuat kamu merasa frustasi dan lebih seru.

review-dragon-marked-for-death-multiplayer


Jika dimainkan sendiri, Dragon Marked for Death adalah game action dua dimensi dengan gameplay yang cukup seru dengan level yang bervariasi tapi sering membuat frustasi. Namun jika dimainkan dengan full party empat orang, rasa “frustasi” ini hilang dan saya jamin kamu akan mendapatkan pengalaman bermain yang seru. Plus kamu


Kaoru