Review Crash Team Racing Nitro-Fueled: Seru dan Penuh Nostalgia!


Siapa yang kangen untuk bernostalgia dengan Crash Team Racing?

Setelah Crash Bandicoot N. Sane Trilogy mendulang kesuksesan, seri remaster dari Crash Team Racing yang berjudul Crash Team Racing Nitro-Fueled akhirnya resmi dirilis. Ini saatnya kita melihat kembali aksi Crash dan teman-temannya di arena balapan!

Tidak diragukan lagi, Crash Team Racing atau CTR merupakan salah satu game favorit semua gamer PS1 pada zamannya. Siapa yang tidak kenal dengan karakter ikonik Crash Bandicoot yang bisa melakukan banyak hal gila bersama karakter lainnya di arena balapan sembari balapan.

Sempat dirilis di PS2 dan PS3 dengan judul lanjutan Crash Nitro Kart dan Crash Tag Team Racing, jiwa CTR seakan kehilangan pamornya. Terutama semenjak Naughty Dog tidak banyak terlibat. Beruntung, keputusan Activision untuk menyerahkan proyek remaster CTR ini kepada Beenox berbuah manis.

BACA JUGA: 7 Hal Menarik yang Harus Kamu Ketahui Seputar Crash Team Racing: Nitro-Fueled

CTR versi remaster yang diberi nama CTR Nitro-Fueled ini siap mengembalikan masa-masa indah kenanganmu saat memainkannya di rumah atau di rental PS dulu.

Berikut review Crash Team Racing Nitro-Fueled dari Gimbot.

Grafik yang memanjakan mata

Tidak ada cela untuk urusan grafik. Beenox yang menggunakan aset asli dari Naughty Dog meningkatkan tampilan grafik mulai dari karakter, track, environtment, dan lainnya. Kamu bisa melihat dengan jelas perbedaannya. Karakter CTR seakan hidup dan dunianya memiliki pancaran semangat yang lebih dengan kemeriahan yang ada di setiap arena balapan.

Beenox sendiri juga telah mengkonfirmasi bahwa CTR Nitro-Fueled ini dapat berjalan pada resolusi 4K di Xbox One X dan PlayStation 4 Pro dan 1080p di Xbox One dan PS4.

Kustomisasi karakter

Salah satu bagian yang menarik adalah CTR Nitro-Fueled ini memiliki fitur kustomisasi mulai dari skin karakter, kart untuk badan mobil, hingga paint job untuk cat warna mobil balap. Kamu bisa menentukan gaya balapanmu sendiri sesuai dengan keinginanmu.

Adventure mode juga memiliki pembaruan dengan pilihan untuk “Classic” dan “Nitros-Fueled”. Mode klasik akan memberikan gameplay yang sama dengan versi sebelumnya. Sedangkan, Nitros-Fueled akan memberikan gameplay yang sama hanya saja kamu dapat mengganti karakter dan mobil balapmu di tengah-tengah permainan.

Bengkel untuk belanja item balapan

Selain itu, terdapat Pit Stop juga sebagi bengkel di mana kamu dapat belanja beberapa item seperti karakter, skin, kart, dan lainnya menggunakan koin yang didapatkan setiap kali kamu menyelesaikan balapan.

Mode Hard kok makin sulit?

Sejauh saya amati, banyak pemain yang mengeluhkan bahwa game ini memiliki beberapa perbedaan mulai dari speed karakter yang menjadi lebih cepat, kecerdasan CPU (musuh komputer) yang semakin pintar, dan mode Hard yang sulitnya minta ampun.

Well, saya bisa menjawabnya. Yang dibutuhkan adalah pembiasaan karena tentu saja banyak pemain yang sudah lama tidak memainkan game CTR sehingga pengalaman adaptasinya menjadi berkurang. CPU menjadi pintar juga merupakan sebuah tantangan agar tidak mudah mengalahkan mereka. Justru menambah keseruan bermain.

Mode Hard memang harus sesuai namanya. Apa serunya jika kamu bisa mengalahkan semua musuh dengan mudah bahkan di mode Hard sekalipun.

Masalah di loading screen dan matchmaking

Game ini hampir mendekati sempurna jika tidak memiliki beberapa masalah seperti di bagian loading screen dan matchmaking online multiplayer. Terkadang, waktu loading screen ketika akan memulai balapan bisa cukup lama dan cukup menganggu.

Durasi untuk matchmaking online multiplayer juga biasanya berlangsung lama di setiap sesinya karena harus menunggu pemain lainnya lengkap hingga delapan orang. Jika tidak lengkap akan digantikan oleh CPU. Masalah berlanjut ketika sehabis balapan dalam mode single race, banyak pemain yang meninggalkan lobby sehingga harus menunggu lagi.

Saran yang bisa saya berikan, membuat mode balapan dalam bentuk cup race sehingga pemain bisa melihat nilai mereka di setiap arena. Tidak adanya leaderboards juga cukup merugikan bagi kamu yang sering juara 1 karena tidak terhitung. Siapa tahu fitur ini bakal dihadirkan di Grand Prix saat Juli mendatang.

Seru dan penuh nostalgia

Alasan saya sendiri memainkan kembali Crash Team Racing adalah karena saya ingin bernostalgia, melihat kembali sosok Crash dan teman-teman saling adu kecepatan di arena balapan. Selain itu, game remaster ini juga memiliki kustomisasi karakter dan mobil balap sehingga kamu dapat memamerkan skin terbaikmu di arena balapan.

Kesimpulannya, CTR Nitro-Fueled berhasil memberikan kenangan di masa kejayaan PS1 dahulu dengan kembalinya karakter ikonik Crash Bandicoot dan balapan ala Crash Team Racing. Daya tarik sesungguhnya dari game ini adalah keseruan memainkan balapan bersama dengan temanmu hingga empat orang baik local multiplayer atau online multiplayer.

Jika kamu menang, kamu bisa mengintimidasi temanmu untuk menurunkan mental mereka atau jika kamu kalah, kamu bisa mengeluarkan beribu alasan untuk mempertahankan posisimu. Intinya, memainkan game ini butuh strategi yang tepat mulai dari skill balapan hingga adu argumentasi.


Itu dia review Crash Team Racing Nitro-Fueled. Bagi kamu yang ingin bernostalgia melakukan balapan dengan Crash dan teman-temannya, saya sarankan untuk membeli game CTR Nitro-Fueled ini. Bahkan bagi kamu yang baru mengenal Crash Team Racing, game ini juga layak untuk dijajal.

Game ini dibanderol sebesar Rp579.000 di PS4, $39.99 di Xbox One, dan $39.99 di Nintendo Switch.

Siap untuk balapan?!


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.