Mengenal Sony Monica Studio, Developer di Balik Kesuksesan God of War


Seri God of War lahir dari sebuah studio bernama Santa Monica Studio. Gimbot bakal memberikan detail singkat mengenai studio yang satu ini!

Santa Monica Studio

Sony Interactive Entertainment (SIE) Santa Monica Studio merupakan salah satu studio game yang mampu membuktikan diri di tengah banyaknya developer game raksasa saat ini.

Saat ini studio game tersebut telah sukses terkenal dengan game God of War series. Ditambah God of War 2018 semakin membuat studio yang satu ini naik pamor.

BACA JUGA: Game yang Bisa Ditamatkan Kurang dari 6 Jam

Lantas bagaimana sebenarnya, kiprah studio yang satu ini di industri game dan seperti apa perjalanan mereka hingga akhirnya menjadi sebuah studio yang dipercaya oleh Sony untuk menggarap game-game eksklusif Sony PlayStation?

Bersama Naughty Dog, Santa Monica Studio menjadi ujung tombak bagi Sony. Dan Gimbot kali ini bakal memberikan profil singkat mengenai SIE Santa Monica Studio.

Profile Singkat

Santa Monica Studio merupakan studio game yang berasal dari sebuah kota kecil di Brasil yang kemudian pindah ke Polandia, dan perjalanan mereka berakhir di kota kecil di Amerika Serikat. Saat ini studio game tersebut memiliki tujuan untuk selalu memberikan game-game eksklusif yang berkualitas untuk platform PlayStation.

Ada sebanyak 200 developer game yang ditampung oleh Santa Monica Studio. Perjalanan perusahaan dimulai di tahun 1999.

Ya, tak langsung berjalan mulus, mereka harus jatuh bangun dalam membuat game hingga akhirnya game besutan mereka, God of War sukses besar di pasaran. God of War tak hanya sukses secara penjualan namun juga sukses dari segi penghargaan. Untuk versi tahun 2018, God of War diganjar predikat sebagai Game of the Year.

BACA JUGA: Alasan Pro Evolution Soccer 2019 Diganti Menjadi Detroit: Become Human di PS Plus Bulan Juli

Tak hanya sebagai developer, SIE Santa Monica Studio juga menjadi ibu bagi beberapa studio indie seperti Giant Sparrow dan SuperBot Entertainment.

Mengikuti jejak sang ibu, kedua studio indie tersebut berhasil meraih berbagai macam penghargaan. Dengan mengedepankan kualitas, Santa Monica Studio selalu berjanji untuk menghadirkan game-game dengan kualitas tinggi.

Di awal perjalanannya sebelum God of War, perusahaan tersebut mengembangkan sebuah engine game bernama Kinetica untuk game Kinetica. Engine ini kemudian digunakan untuk God of War I dan God of War II.

BACA JUGA: Soundtrack Paling Sedih yang Pernah Ada Di Video Game

Di tahun 2014, perusahaan tersebut dilaporkan pindah dari Santa Monica ke Playa Vista, Los Angeles. Mereka memiliki luas tanah sebesar 20 hektar dan memungkinkan mereka menampung dua studio independen serta memiliki ruangan suara yang baik dan studio untuk melakukan motion capture.

Pada 25 Februari 2014, studio ini dikabarkan melakukan PHK karena pembatalan kekayaan intelektual baru. Untungnya mereka berhasil bangkit dan sukses dengan God of War 2018. Di bulan Mei 2019, God of War tercatat telah terjual lebih dari 10 juta kopi selang setahun setelah diluncurkan. Fakta ini membuatnya sebagai salah satu dari sekian game eksklusif terlaris di console PlayStation 4.


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!