Perbedaan Bermain Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee dengan Handheld, Joycon, dan Poke Ball Plus


perbedaan-pokemon-letsgo-handheld-joycon-poke-ball-featured

Ada tiga cara memainkan Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee di Nintendo Switch. Tiga cara itu adalah dengan Handheld, Joycon, atau Poke Ball Plus. Masing-masing memiliki interaksi yang sedikit berbeda terutama dalam hal navigasi tombol serta cara menangkap Pokemon.

Masing-masing dari ketiga cara tersebut juga memiliki kelebihan sendiri. Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan seperti apa rasanya bermain dengan masing-masing setup serta kelebihan dan kekurangannya.

Handheld

perbedaan-pokemon-letsgo-handheld-joycon-poke-ball-3

Handheld membuat kamu tidak bisa bermain di layar yang lebih besar. Namun sebagai gantinya kamu mendapatkan kontrol yang lebih baik ketika bermain Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee.

Kamu punya beberapa akses ke tombol shortcut yang lebih banyak seperti ketika menggunakan Joycon. Satu hal yang membedakannya dengan Joycon adalah ketika kamu menangkap Pokemon.

Ketika menggunakan Handheld, kamu hanya perlu memastikan Pokemon berada di tengah layar. Setelah itu kamu tinggal menekan tombol A.

Kadang, Pokemon akan bergerak ke kanan atau kiri agar sulit ditangkap. Jika kamu menggunakan Handheld, kamu hanya perlu menggerakkan Switch ke arah Pokemon tersebut. Dengan kata lain, Switch kamu adalah sebuah kamera.

Menangkap Pokemon dengan Handheld mungkin sedikit merepotkan karena kamu harus sedikit bergerak. Namun sebagai gantinya interaksi melempar Poke Ball jadi lebih konsisten. Tepat tidaknya lemparanmu tergantung posisi Pokemon di layar.

Joycon

perbedaan-pokemon-letsgo-handheld-joycon-poke-ball-1

Bermain dengan Joycon membuat kamu bermain dengan Switch dalam kondisi docked. Artinya kamu bisa bermain dengan layar yang lebih besar. Tidak cuma itu, tombol yang lebih banyak juga membuat kontrol jadi lebih efisien.

Untuk menangkap Pokemon dengan Joycon, kamu harus mengayunkan Joycon ke layar. Beberapa Pokemon akan bergerak ke kanan atau kiri, tapi tidak akan pernah keluar dari layar.

Masalah yang sering saya temui ketika menggunakan Joycon adalah akurasi lemparan. Beberapa kali ayunan yang saya lakukan membuat Poke Ball tidak terlempar dengan benar. Misal ketika saya mengayunkan sedikit ke samping, Poke Ball tetap terlempar lurus ke depan.

Ini membuat upaya menangkap Pokemon beberapa kali gagal. Jika terjadi beberapa kali, ini mungkin tidak jadi masalah. Namun jika menghadapi Pokemon dengan catch rate yang rendah, masalah ini akan jadi menjengkelkan.

Poke Ball Plus

perbedaan-pokemon-letsgo-handheld-joycon-poke-ball-2

Tidak seperti Handheld dan Joycon, Poke Ball Plus cuma punya dua tombol. Ini jelas membuat navigasi dalam permainan terutama menu menjadi lebih sulit.

Menangkap Pokemon dengan Poke Ball Plus sama dengan ketika menggunakan Joycon. Kamu harus mengayunkan Pokeball ke area layar sesuai dengan posisi Pokemon tersebut.

Berbeda dengan Joycon, lemparan Poke Ball dengan Poke Ball Plus terasa lebih konsisten. Entah karena bentuknya, lemparan Poke Ball Plus lebih akurat. Ini tentu membuat menangkap Pokemon jadi lebih mudah karena kamu tidak lagi gagal hanya karena lemparanmu meleset.

Selain itu, jangan lupa juga bahwa Poke Ball Plus akan memberikanmu Mew secara cuma-cuma.


Menangkap Pokemon adalah fitur utama dari gim ini. Karena itu menurut saya bermain dengan Handheld adalah cara yang paling nyaman untuk memainkan Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee_.


Like it? Share with your friends!

Kaoru