Nostalgia Review Legend of Legaia: Bukti Kualitas Jempolan RPG Lawas


Gimbot kali ini ingin mencoba kembali bermain Legend of Legaia. Ya, game ini dulu merupakan salah satu ujung tombak yang dimiliki Sony!

Nostalgia Review Legend of Legaia

Di masa lalu, kita bisa menikmati banyak sekali game dengan genre RPG yang punya kualitas luar biasa. Banyaknya RPG dengan kualitas luar biasa ini tentu membuat gamer seakan dimanjakan. Final Fantasy, Legend of Dragoon, Chrono Cross, dan Legend of Legaia adalah game-game yang pernah eksis di masa lalu, khususnya era PlayStation 1.

Untuk Legend of Legaia sendiri, Gimbot entah kenapa tertarik untuk mencobanya kembali. Hasilnya, game ini masih menawarkan sensasi yang dahsyat seperti ketika pertama kali kami memainkannya di masa lalu.

Game itu sekali lagi membuktikan bahwa mereka memiliki kualitas jempolan. Selain bicara soal kualitas, ada beberapa hal yang sepertinya perlu kami bahas terkait game ini. Kira-kira apa saja? Berikut ulasan lengkap soal nostalgia review Legend of Legaia.

Cerita dan Gameplay Jempolan

Cerita dan Gameplay Jempolan

Bicara soal Legend of Legaia, kita bicara mengenai kualitasnya. Ya, meski tergolong sebagai game yang sangat lawas, Legend of Legaia tetap sangat menarik untuk dinikmati. Game ini memiliki jalan cerita yang sederhana di awal namun cukup kompleks ketika kalian semakin lanjut untuk menamatkannya.

Game ini menceritakan soal dunia yang tak bisa lagi dikontrol ketika makhluk bernama Seru mulai menggila karena sebuah kabut misterius. Untuk menghancurkan kabut ini, dibutuhkan kemampuan untuk mengembalikan pohon bernama pohon genesis.

Sebenarnya misinya sesimpel itu. Tapi Legend of Legaia berhasil memasukan banyak sekali konflik kepentingan di dalam game yang satu ini sehingga ceritanya sangat susah untuk ditebak arah dan tujuannya.

BACA JUGA: 5 Konten Spesial Dalam Video Game yang Muncul Saat Halloween

Selain cerita, gamer juga bisa menikmati kualitas dari gameplay game ini. Gameplay dari Legend of Legaia masih sama di mana kalian harus berjalan menyelesaikan misi yang petunjuknya sangat minim ditambah kalian harus menghadapi random encounter yang muncul dari mana saja.

Untuk pertarungan, game ini masih mengandalkan mode pertarungan turn-based di mana kalian dan musuh bakal menyerang secara bergantian. Namun untuk pertarungan ini, Legend of Legaia memiliki perbedaan unik daripada yang lain dan bakal kita bahas terpisah nanti.

Masih di gameplay, Legend of Legaia juga menyematkan fitur equipment di mana kalian bisa memasangkan equip khusus ke karakter kalian nantinya. Mulai dari helm sampai accessories seperti kalung dan cincin, semua bisa dipasang.

Uniknya, setiap equip memiliki kemampuan untuk meningkatkan status kalian agar nantinya karakter yang dimiliki bisa lebih superior dari sebelumnya. Eksekusi fitur equip ini tentu menjadi hal yang cukup dahsyat karena di masa lalu. Ya, kalian sebagai gamer bakal tertantang mencari equipment yang lebih dahsyat dari sebelumnya.

Interaksi Unik Lewat Percakapan

Interaksi Unik Lewat Percakapan

Salah satu hal yang jarang sekali dilakukan oleh RPG di masa lalu adalah interaksi percakapan unik memilih dialog. Memilih dialog tersebut bisa ditemui di hampir setiap percakapan kalian yang membuatnya tentu cukup unik.

Tapi sayangnya, pemilihan dialog ini tidak punya dampak apapun terkait jalan ceria. Jika kalian salah memilih dialog, maka NPC bakal hanya mengeluarkan jawaban berbeda, misalnya mereka malah akan memarahi kalian, namun sama sekali tidak mengubah apapun terkait cerita.

Tapi meski begitu, pemilihan opsi dalam memilih dialog adalah tetap menjadi sesuatu yang unik dan sangat jarang sekali dieksekusi oleh RPG di masa lalu.

Sistem Battle Cerdas dan Memorable

Sistem Battle Cerdas dan Memorable

Yang membuat game ini begitu susah untuk dilupakan dan membuatnya sangat direkomendasikan untuk dimainkan adalah sistem pertempuran yang tergolong cerdas. Ya, alih-alih menyematkan sistem turn-based biasa, Legend of Legaia memasukan sistem pertarungan yang jauh berbeda dibandingkan RPG se-angkatannya.

Ketika kalian memilih untuk menyerang lawan, kalian bakal dihadapkan sebuah pilihan untuk mengeksekusi sebuah kombinasi tombol tertentu. Kombinasi tombol ini harus pas dengan bar yang ada di bawah layar kalian. Semakin panjang bar yang dimiliki, maka semakin banyak juga kombinasi tombol yang bisa kalian eksekusi.

Menariknya, kombinasi tombol yang tepat bakal membuat kalian mengeksekusi sebuah jurus yang memiliki damage cukup besar kepada musuh. Jurus-jurus ini dibagi ke dalam beberapa kelas yakni arts yang bisa dieksekusi langsung dengan kombinasi tombol tertentu, kemudian ada hyper arts yang harus dipelajari dari book of element tapi eksekusinya tetap sama, dan kemudian terakhir ada final arts di mana kalian harus mengeksekusi 10 kombinasi tombol yang tepat untuk langsung mengeksekusinya.

BACA JUGA: Berusia 15 Tahun, Ini yang Membuat Grand Theft Auto: San Andreas Susah Dilupakan

Dengan menebak-nebak kombinasi tombol ini, kalian tentu bakal merasa tertantang untuk terus mengulik-ulik agar mendapatkan kombinasi yang tepat sehingga akhirnya mampu mengeksekusi sebuah arts yang ada.

Tak hanya soal sistem kombinasi tombol, Legend of Legaia juga memiliki keunikan lain di mana gamer bisa menangkap monster-monster khusus selama perjalanan. Monster ini memiliki kemampuan magic attack yang memberikan damage super besar kepada lawan. Biasanya monster yang bisa ditangkap ini memiliki ciri-ciri lambang elemental di samping namanya.

Dengan dua sistem battle tersebut, sudah lebih dari cukup bagi Legend of Legaia untuk mencari legenda di genre RPG. Percayalah, kalian bakal ketagihan dengan dua sistem battle seperti ini.

Random Encounter yang Menyebalkan

Random Encounter yang Menyebalkan

Sistem paling kocak yang disematkan oleh developer RPG masa lalu adalah random encounter. Ya, sistem ini bakal membuat kalian berhadapan dengan musuh kapanpun, di manapun, tanpa kalian ketahui waktu-waktunya. Hal ini memang diperlukan untuk menambah semarak kalian untuk memainkan game tersebut.

Selain itu, random encounter memang diperlukan agar gamer cepat naik level. Namun hal tersebut menjadi sangat menyebalkan ketika pertarungan random muncul terlalu sering! Hal ini bakal membuat waktu kalian habis dalam pertarungan dan akhirnya di beberapa kesempatan kesulitan dalam menyelesaikan misi.

BACA JUGA: [OPINI] Hal yang Dilakukan Gamer Ketika Internet Belum Masif di Indonesia

Ketika memainkan game ini kembali, Gimbot pernah kehabisan resource akibat terlalu banyak random encounter yang ditemui. Hasilnya, ketika menghadapi pertarungan boss, Gimbot sudah kehilangan resource dan akhirnya tewas berkali-kali dalam pertempuran boss itu.

Jadi bisa dibilang, random encounter memang menambah sulit game RPG di masa lalu karena musuh bisa muncul hampir setiap jengkal perjalanan kalian. Jadi harus diakui, random encounter memang sistem yang di sisi lain membuat sebuah RPG sekelas Legend of Legaia menjadi sangat susah untuk dimainkan dan bagi gamer yang tidak suka dengan hal-hal sulit, mereka mungkin akan meninggalkan game ini.

Harus Melakukan Grinding Segila Mungkin

Harus Melakukan Grinding Segila Mungkin

Kekurangan lainnya adalah kita sebagai gamer harus melakukan grinding segila mungkin.Ketika bertemu boss sulit, opsinya memang hanya satu yakni meningkatkan level, stats, dan magic.

Untuk meraih hal itu, kalian harus terus bertarung dengan monster hingga akhirnya ketika sudah merasa cukup, kalian bisa kembali ke tempat boss untuk menghadapinya. Tapi bagi yang mungkin tidak suka dengan grinding, baik itu menaikan level atau mengoleksi item-item penting, kalian bakal mengalami kesusahan di beberapa titik, khususnya pertempuran boss.

Dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk menamatkan game ini tentunya. Karena jika kalian terburu-buru akan susah sekali untuk menamatkannya.

Kesimpulan

Legend of Legaia adalah gambaran atau salah satu ciri RPG berkualitas yang layak mendapatkan hati para gamer. Game ini memadukan cerita luar biasa dengan elemen gameplay yang solid juga. Tapi di sisi lain, game ini juga menyajikan berbagai tantangan khususnya pertempuran boss yang selalu susah untuk dilewati. Belum lagi ada random encounter yang siap untuk membuat kalian kewalahan ketika mengeksplorasi dungeon.

Tapi terlepas dari semua kesulitan-kesulitan yang ada, game ini tetap sangat layak untuk dinikmati bahkan di era modern seperti saat ini sekalipun.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.