Leveling atau hunting di Ragnarok M ? Menurut kamu mana yang lebih penting di antara kedua tersebut? Sebenarnya leveling maupun hunting di Ragnarok M, keduanya sangat penting.

Bedanya adalah keduanya memiliki makna yang berbeda. Jika leveling cenderung fokus kepada pencarian experience points (EXP) agar karakter kita segera naik level, sedangkan hunting cenderung berburu monster untuk mencari material tertentu.

Keduanya adalah kegiatan yang cukup melelahkan dalam gim ini. Leveling dalam Ragnarok M, mungkin cenderung lebih mudah. Terutama untuk menaikkan level 1 hingga level 60. Selama memang menjalani berbagai quest yang ada dan daily quest.

Sedangkan untuk hunting berbagai item material cenderung sulit. Hal ini dikarenakan drop rate monster bermacam-macam dan cenderung memiliki chance yang kecil.

BACA JUGA: Susah Dapat Drop Item Ragnarok Mobile? Mungkin ini 5 Penyebabnya!

Leveling

hunting di ragnarok m

Ini adalah kegiatan yang paling malas saya lakukan. Mungkin memang dasarnya saya yang malas untuk grinding yang berlebihan, akhirnya leveling buat saya cenderung malas untuk dilakukan.

Anyway, untuk melakukan leveling tidak begitu sulit jika kamu masih berkisar level 1 hingga level 60. Kamu bisa melakukan seluruh quest yang ada hingga akhirnya secara tidak sadar kamu sudah mencapai level 60.

Intinya sih, lakukan grinding untuk monster tertentu untuk monster tertentu.

Jangan lupa juga, bahwa kamu bisa mendapatkan EXP dari pet. Bagaimana caranya? Kamu bisa suruh pet kamu untuk bekerja di Item Shop.

Nanti dalam waktu setiap 55 menit, pet kamu akan memberikan sebuah reward yang di antaranya adalah EXP potion berukuran S, M bahkan L.

Dari situ kamu juga bisa mendapatkan EXP tanpa harus bekerja keras!

Hunting

hunting di ragnarok m

Saya lebih suka melakukan Hunting di Ragnarok M dibanding leveling. Hunting pada dasarnya tetap mendapatkan EXP. Hanya saja jika kamu mengincar item tertentu, maka leveling tidak begitu terasa karena terkadang beberapa monster memberikan EXP yang kecil.

Usahakan selalu mencari item yang mahal untuk dijual. Kamu bisa cek pada item yang dimaksud dan cek harga pada exchange price. Kamu akan menemukan berapa harga pasaran item tersebut.

Salah satu contoh menarik adalah item material hand of god yang bisa didapat dari monster deviruchi. Monster ini bisa memberikan drop item hand of god sebesar 20% dan juga harganya cukup mahal, yaitu sekitar 3.000 zeny per buahnya.

Jika kamu bisa mengumpulkan 100 hand of god dalam waktu 2 jam, maka sehari kamu bisa mendapatkan 600.000 zeny dengan asumsi combat time kamu habis setiap 5 jam.

Masih ingat kan bahwa combat time habis akan menurunkan drop rate kamu?

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi level kamu, maka akan semakin sulit juga untuk mendapatkan item drop dari monster berlevel kecil. Salah satu contohnya adalah item Iron yang hanya bisa didapatkan dari monster-monster berlevel kecil.

Jadi Lebih Utama Leveling atau Hunting?

hunting di ragnarok m

Sebenarnya kamu bisa melakukan keduanya. Cara yang paling mudah adalah coba cari informasi mengenai item yang memang kamu incar dan monster apa saja yang memberikan drop item tersebut.

Cari monster yang memiliki level paling mendekati dengan level karaktermu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan leveling sekaligus hunting dengan mudah.


Rizal Ziz