5 Game Bertema Samurai untuk Menemani Penantianmu akan Ghost of Tsushima

Sambil menunggu Ghost of Tsushima, gamer bisa memainkan berbagai game samurai rekomendasi Gimbot ini. Apa saja kira-kira?


game samurai

Ghost of Tsushima adalah salah satu game eksklusif PS4 yang bakal menyapa gamer bulan Juli mendatang. Dari apa yang sejauh ini ditampilkan Sucker Punch Productions, game open-world action tersebut ini terlihat cukup menjanjikan, bahkan bisa menjadi kandidat koleksi game yang menarik bagi pecinta permainan bertema samurai luar sana.

BACA JUGA: 5 Hal Menarik yang Membuatmu Perlu Memainkan Plague Tale of Innocent

Nah, selagi menghitung kemunculan Ghost of Tsushima yang muncul pertengahan Juli mendatang, tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba beberapa game samurai lainnya sambil menunggu kehadiran dari Ghost of Tsushima.

Lantas kira-kira ada game samurai apa saja rekomendasi Gimbot untuk menemani waktu bermain kamu sampai sampai kemunculan Ghost of Tsushima? Berikut daftar rekomendasinya!

1. NIOH

NIOH adalah sebuah game dengan sistem pertarungan yang cukup cepat di mana kalian hadir sebagai seorang samurai untuk bertarung melawan monster dari mitos zaman Feodal Jepang. Meskipun dikemas secara atraktif, gamer mungkin tidak akan menyangka jika gameplay di NIOH bakalan sangat susah. Bahkan mungkin kesusahannya bisa disamakan dengan game-game Soulsborne keluaran From Software.

Formula yang dilakukan Tema Ninja terbukti berhasil karena NIOH mampu mencuri perhatian para gamer khususnya hardcore gamer yang doyan mencari tingkat kesulitan tinggi. Selain punya musuh sulit, game ini juga memaksa kalian untuk menjaga stamina dan melakukan manajemen Ki agar bisa terus memberikan serangan pada lawan.

Selain dari sistem gameplay-nya, NIOH juga unik karena tokoh utamanya yang sekilas mirip dengan Geralt of Rivia dari serial The Witcher. Sebagai sebuah game souls-like bernuansa samurai, NIOH cukup sukses di mana game ini sukses terjual 2,5 juta copy di seluruh dunia. Kesuksesan itu mendorong NIOH meluncurkan game keduanya yaitu NIOH 2 yang dirilis di tahun 2020.

2. Onimusha

Onimusha sendiri hadir pertama kali di tahun 2001 di masa kejayaan console PlayStation 2. Pada masanya, Capcom berhasil menciptakan sesuatu yang mampu diminati banyak orang dengan menciptakan franchise bertema mitologi feodal Jepang yang mistis dengan skema kontrol ala Resident Evil.

Game ini sebenarnya hadir dari ide liar Capcom untuk menyatukan zombie atau supernatural dengan unsur ninja atau samurai. Oleh sebab itu, game ini mengambil latar periode Sengoku sebagai basis dari cerita. Sama seperti Resident Evil, sistem gameplay yang ditawarkan Onimusha juga berkisar aksi mengalahkan musuh dan tentunya sedikit balutan puzzle di sana-sini.

BACA JUGA: Punya PlayStation 4? Jangan Buru-buru Beli PlayStation 5!

Onimusha sendiri memiliki unsur aksi yang kental di mana pemain dibekali kemampuan unik untuk menyerap jiwa lawannya untuk berbagai keperluan seperti bentuk pemulihan HP, upgrade kekuatan dan kemampuan senjata, serta hal lainnya.

Kabar baiknya, Capcom belum lama ini telah menghidupkan franchise game yang sudah vakum semenjak 2004 tersebut ke dalam versi remaster klasik berjudul Onimusha Warlords untuk platform gaming modern. Semoga ini sekaligus bisa menjadi sinyal bagi fans Onimusha untuk menanti kemunculan sekuel atau reboot terbarunya di masa datang, semoga.

3. Shadow Tactics Blades of Shogun

Shadow Tactics Blades of Shogun adalah game strategi taktis dengan penilaian terbaik yang ada di PC. Ya, menurut PC Gamer, Shadow Tactics Blades of Shogun memiliki pengalaman misi yang sangat impresif dengan tema yang otentik sesuai pembahasan kita kali ini. Tidak tanggung-tanggung, game ini juga dianggap salah satu game stealth terbaik di PC dalam satu dekade terakhir. Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh game ini?

Shadow Tactics Blades of Shogun menawarkan gameplay RTS ala Commandos dengan sudut pandang isometrik yang tampak menawan. Game ini meminta kamu untuk mengendalikan setidaknya lima karakter berbeda dengan kemampuan unik masing-masing. Sesuai namanya, Shadow Tactics menyajikan aksi taktis di mana kalian harus jeli mengeksplorasi cara yang efektif untuk menyelesaikan misi dan menundukan musuh.

Sebagai sebuah game samurai, Shadow Tactics mengambil latar belakang era Edo dalam ceritanya. Yang saya suka dari game ini adalah gameplay-nya yang langka untuk zaman sekarang plus ditambah dengan grafisnya yang cukup klasik.

4. For Honor

For Honor sempat mendapatkan kritikan pedas ketika baru dirilis, dan kini akhirnya secara pelan-pelan mampu memberikan berbagai rombakan yang kemudian diapresiasi oleh gamer. Game fighting dengan perspektif yang berbeda ini menempatkan pemain sebagai karakter faction dari berbagai periode seni berperang menggunakan pedang, termasuk Samurai. For Honor sendiri sebenarnya bukanlah game samurai murni melainkan game yang petarungnya berasal dari berbagai zaman berbeda.

Mulai dari bangsa Viking hingga samurai tersedia di sini. The Samurai of the Dawn Empire merupakan salah satu dari empat faksi yang bisa kalian. Tentunya game ini punya battle yang slow paced dibandingkan game aksi lainnya. Bahkan untuk menambah keseruan, Ubisoft menambah satu event Shadow of the Hitokiri di mana cerita dan pendekatannya benar-benar samurai banget.

Satu hal yang menarik dari For Honor selain mode online multiplayer adalah game ini juga menyajikan mode Single Player Campaign dengan cerita pelengkap yang cukup oke.

5. Samurai Warriors Series

Samurai Warriors Series merupakan salah satu game yang cukup bisa menangani dahaga kalian untuk memainkan game samurai atau menunggu hingga Ghost of Tsushima hadir. Serial ini adalah deretan game Musou yang dibuat oleh Omega Force dan diluncurkan pada tahun 2004 untuk pertama kalinya.

Samurai Warriors Series menjadikan momen perang di Jepang sebagai latar belakang cerita. Samurai Warriors sendiri menyajikan gaya hack and slash yang tidak memerlukan daya pikir panjang untuk bermain. Selama dibuat, Samurai Warriors selaku melakukan berbagai improvisasi salah satunya adalah dengan menambahkan fitur multiplayer ketika game Samurai Warriors: State of War diluncurkan untuk PSP.

Secara garis besar, Samurai Warriors sedikit mirip dengan Dynasty Warrior karena memang dikembangkan oleh tim yang sama. Namun meski begitu, ada berbagai hal yang berbeda khususnya dari sisi pilihan karakter hero, setting lokasi, dan berbagai hal inovasi gameplay yang terus disempurnakan dari seri ke seri.

Sayangnya, meski cukup bagus, Samurai Warriors Series gagal mengikuti jejak saudaranya, Dynasty Warriors yang bertahan di industri game dalam waktu yang cukup lama.

Bonus: Yakuza Ishin

Yakuza Ishin atau dikenal dengan nama Ryu ga Gotoku Ishin di Jepang merupakan salah satu seri spin-off game Yakuza yang dikembangkan oleh Sega untuk PlayStation 3 dan PS4. Dari sisi gameplay, game ini sangat menarik dari sisi fighting-nya. Kita bisa menggunakan tangan kosong atau pedang.

Dari sisi visual atau desain karakter dan kota, spin-off game Yakuza ini sebetulnya hampir tak jauh berbeda dengan seri utamanya, hanya saja dengan setting suasana yang berbeda. Ishin sendiri mengambil era Bakumatsu, dimana gamer akan merasa dirinya seperti Kenshin Himura Samurai X karena Himura sendiri diceritakan hadir di era Bakumatsu. Sayangnya, game ini tak muncul di region lain melainkan hanya eksklusif di Jepang saja. Siapkan kemampuan berbahasa Jepang yang lancar, bila kamu mau memainkan game Yakuza satu ini.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.