Punya PlayStation 4? Jangan Buru-buru Beli PlayStation 5!

Jika kalian punya PlayStation 4, alangkah baiknya untuk tidak terburu-buru membeli PlayStation 5


PlayStation 5

PlayStation 5 sudah diperkenalkan desainnya dan perkenalan itu benar-benar menghentak dunia. Sony berhasil mencuri pandangan para gamer dalam memperkenalkan PlayStation 5. Setelah dikritik karena hanya memberikan mengenai informasi soal teknikal spesifikasi yang dibawakan Mark Cerny beberapa bulan lalu, kini Sony dipuji karena desain dari PlayStation 5 benar-benar keren.

Selain itu, Sony juga mengklaim bahwa performa dari console terbaru mereka ini berkali-kali lipat lebih dahsyat dari sang pendahulu. Ditambah dengan dukungan add-ons SSD NVME M.2, kalian tentu bakal memegang sebuah console super cepat dari sisi storage.

Yang hobi dengan game sudah jelas bahwa mereka akan langsung melirik dan mempersiapkan diri jelang hadirnya console terbaru ini. Namun untuk saya sendiri, saya masih belum ingin membelinya dalam waktu dekat terlebih saya saat ini masih punya PlayStation 4! Bagi kalian yang masih memiliki console PlayStation 4, mungkin ada baiknya berpikir ulang mengapa kalian tak perlu buru-buru beli console terbaru milik Sony ini.

Dalam artikel kali ini, Gimbot bakal memberikan beberapa pandangan. Mungkin langsung saja kita bahas satu per satu.

PlayStation 4 Masih Bisa Hidup Hingga 2022

Playstation 5 - 4

Salah satu yang telah Sony janjikan adalah bahwa console hitam besar ini masih bakal disuplai update oleh Sony setidaknya hingga tahun 2022. Di situ tentu Sony menjanjikan update mengenai firmware dan tentu saja memungkinkan jika game PlayStation 5 juga bakal dirilis untuk PlayStation 4 meskipun kemungkinannya tidak begitu besar.

Yang jelas, jika sebuah perangkat elektronik masih mendapatkan dukungan dari sang pembuat, kenapa kita harus buru-buru untuk meninggalkannya. Terlebih dalam hal ini adalah console PlayStation 4 punya sejumlah game menarik untuk dimainkan oleh kita sebagai gamer. Menahan console ini untuk terus dimainkan hingga benar-benar tutup usia dan tidak mendapatkan support adalah pilihan yang bijak.

Kesempatan ini alangkah baiknya kita gunakan untuk mengumpulkan uang untuk membeli PlayStation 5 bukan?

Tunggu Respons Pasar Saat PS5 Rilis

Yang namanya sebuah teknologi baru tentu tidak bakal langsung datang dengan kesempurnaan. Hal tersebut sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Di era console sebelum-sebelumnya, Sony kerap meluncurkan seri pertama yang disebut sebagai seri FAT atau seri Slim untuk selanjut-selanjutnya. Khusus untuk PlayStation 4, Sony mengeluarkan versi Pro yang lebih powerfull dari sisi visual dan framerate.

Untuk PlayStation 5 sendiri, untuk versi pertama, kita diperkenalkan dengan versi standard dan digital only. Seperti namanya, standard memungkinkan kita untuk menggunakan Blu-Ray Disc untuk menjalankan game sedangkan Digital Only hanya memungkinkan kita menggunakan metode menjalankan game secara digital saja. Terburu-buru membeli console PlayStation 5 tentu bisa saja membuat kalian rugi nantinya. Berkaca dari PlayStation 3, di awal kemunculannya, Sony banyak mendapatkan sejumlah masalah.

BACA JUGA: Cara Life is Strange Menggambarkan Kiat Menghadapi Bully di Kehidupan Nyata

Ada baiknya bagi kalian lebih sabar menunggu untuk melihat apakah console ini sudah cukup sempurna untuk dipinang atau belum. Khusus bagi yang sudah punya PlayStation 4, kalian bisa tetap memainkan console ini sambil melihat dan menunggu. Karena tak jarang di beberapa forum, banyak yang tertarik untuk membeli PlayStation 5 versi slim atau versi kedua dibandingkan membeli seri pertamanya.

Oleh sebab itu, jangan dulu buru-buru jual PlayStation 4 kalian kawan-kawan. Bersabar sampai waktu yang tepat meminang PlayStation 5.

Pastikan Perangkat Pendukung Lain Terpenuhi

Sharp

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kalian harus mempersiapkan beberapa hardware sebelum meminang PlayStation 5. Bagi yang sudah punya PlayStation 4, gamer tentunya sudah memainkan console ini divisualisasi terbaik yaitu dengan televisi 1080p plus HDR. Namun bagi yang sudah ingin melirik PlayStation 5, alangkah baiknya untuk memenuhi dulu kebutuhan televisi agar mampu merasakan pengalaman terbaik menggunakan PlayStation 5.

Minimal, televisi yang kalian butuhkan adalah televisi dengan resolusi 4K plus HDR agar tampilan yang dihasilkan bisa maksimal. Karena sudah menjadi ketentuan jika console PlayStation 5 bisa dijalankan di resolusi 8K! Bagi yang sudah punya PlayStation 4 Pro dan memiliki TV 4K plus HDR, gamer bisa dengan mulus langsung loncat ke PlayStation 5.

Namun bagi yang hanya punya PlayStation FAT atau Slim dan masih menggunakan televisi dengan resolusi 1080p, alangkah baiknya untuk menahan diri dan mengumpulkan pundi-pundi untuk upgrade TV. Dalam periode upgrade TV plus menabung untuk PlayStation 5, kalian bisa menikmati dulu kehebatan PlayStation 4 di masa-masa terakhirnya. So, jangan dijual dulu PlayStation 4-nya!

Kesimpulan

Sebagai seorang gamer dan customer, tentu kita tidak bisa sembarangan melempar uang karena harus ada pertimbangan yang dilakukan. Terburu-buru hanya bakal menyebabkan kerugian dan apa salahnya bagi kita untuk memantau, melihat, dan mengkritik jika nantinya dirasa ada kekurangan.

Namun kembali lagi, keputusan ada di tangan kalian sebagai gamer dan uang yang kalian gunakan pun uang kalian.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.