7 Game Rogue-like Keren Buat Kamu yang Suka Tantangan yang Selalu Berubah (Part 2)


Meskipun terkesan repetitif dan sulit, satu hal yang jadi daya tarik rogue-like adalah caranya menantang pemain dalam berbagai situasi.

game-rogue-like-keren-part-2-featured

Daya tarik utama dari game rogue-like adalah sistem dan caramu menikmatinya yang bersifat run-based. Ketika bermain, pertanyaan yang selalu kamu hadapi adalah sejauh mana kamu bisa maju dengan item, dan upgrade yang kamu dapatkan. Ini karena level di game rogue-like biasanya bersifat random, begitu juga dengan item dan upgrade yang kamu dapatkan. Jika gagal, kamu akan kembali lagi dari nol dan dari awal, dan akan dihadapkan dengan situasi yang berbeda.

BACA JUGA: Mencari Alternatif Pokemon? Coba 5 Game Monster Collecting Nintendo Switch In

Beberapa pemain mungkin tidak menyukai sistem genre ini karena titik akhir permainan biasanya sulit dicapai dan mencoba berkali-kali membuat game di genre ini terasa repetitif. Tapi buat mereka yang suka tantangan dengan menghadapi situasi yang berbeda, game di genre ini bisa menawarkan gameplay hingga puluhan jam, apalagi jika game tersebut memiliki konten dan build yang mengakomodir gaya bermain yang berbeda.

Sebelumnya kami sempat membahas 10 game keren di genre ini. Tapi di luar sana sebenarnya masih sangat banyak game rogue-like keren yang bisa kamu nikmati di berbagai platform. Berikut adalah tujuh di antaranya.

1. Hades (PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox X/S, Switch)

Hades adalah game terbaru dari studio indie terkenal, Supergiant Games. Kali ini mereka sekali lagi membuat game dengan perspektif isometrik, tapi dengan gameplay rogue-lite. Kamu akan mengendalikan anak dari dewa Hades dan bertarung mengalahkan para dewa dan pasukannya. Tiap level akan memberikanmu upgrade yang berbeda yang mungkin akan mengubah caramu bertarung. Jika mati, kamu akan kembali dari awal, tapi kamu biasanya akan mendapat potongan cerita yang memperkenalkan karakter baru atau mengungkap dunia para dewa lebih jauh lagi.

2. Risk of Rain 2 (PC, PS4, Xbox One, Switch)

Jika Risk of Rain adalah game dengan perspektif dua dimensi dan side scrolling, Risk of Rain 2 membawa bentuk yang berbeda dengan sistem first person. Tapi tugas utamamu di game ini tetap sama, mendarat di sebuah planet asing, menjelajahi planet tersebut, menghadapi alien berbahaya, dan mendapatkan upgrade yang membuatmu bisa menghadapi musuh dan area berikutnya yang lebih berbahaya. Jika merasa kesulitan, kamu selalu bisa mengajak temanmu untuk bermain bersama.

3. Spelunky 2 (PC, PS4, Switch)

Yup, Spelunky kembali lagi dengan sekuel terbarunya. Pengalaman utama yang diberikan tetap sama, yaitu menjelajahi dungeon dan reruntuhan yang penuh dengan monster dan perangkap yang berbahaya, dan game sekuel ini juga memperkenalkan level serta mekanisme perangkap baru yang harus kamu kenali. Tapi di balik itu ada banyak rahasia dan tentunya harta karun yang bisa kamu temukan. Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya kamu juga bisa bermain bersama temanmu di game ini.

4. Noita (PC)

Noita adalah game side-scrolling rogue-like dengan grafis yang sangat sederhana. Kamu mengendalikan karakter yang bisa menembakkan proyektil dari jarak jauh untuk mengalahkan musuh. Tapi satu hal yang berbeda adalah terrain atau tanah dan dinding di game bisa dihancurkan oleh seranganmu atau serangan lawan, dan serangan yang sama juga bisa membuat dinding atau lantai tersebut terbakar sehingga berbahaya. Artinya jika kamu tidak hati-hati seranganmu justru akan menyulitkanmu sendiri.

5. The Last Spell (PC, Switch)

The Last Spell adalah game yang memadukan base building dan tactical RPG dengan sistem rogue-like. Di siang hari, kamu akan mengumpulkan sumber daya, membangun senjata dan sistem pertahanan. Di malam hari, kamu akan melindungi markasmu dari serangan monster mengerikan menggunakan pasukan, sistem pertahanan, dan senjata yang sudah kamu siapkan.

6. Griftlands (PC, PS4, Xbox One, Switch)

Game kartu dengan sistem rogue-like bukanlah hal yang baru terutama sejak hadirnya Slay The Spire. Tapi di Griftlands kamu membuat deck bukan hanya untuk menghajar musuh saja. Selain combat, kamu juga bisa melakukan negosiasi menghadapi musuh yang kamu hadapi. Artinya deck yang kamu bangun dan kartu yang kamu pilih harus bisa memenuhi salah satu atau keduanya tergantung preferensimu.

7. Crypt of The Necrodancer (PC, PS4, Xbox One, Switch, Android, iOS)

Crypt of The Necrodancer adalah game di mana kamu harus menelusuri dungeon untuk menghadapi musuh dan menemukan harta karun atau senjata yang membuatmu semakin kuat. Tapi satu hal yang unik adalah kamu temukan di game ini adalah untuk bergerak dan menyerang kamu harus mengikuti irama yang ada. Hal yang sama juga berlaku untuk musuhmu yang punya pola gerakan tertentu yang juga mengikuti irama musik yang ada.


Kaoru

Hmmm...