Inilah 18 Game Platformer 2D Terbaik Di Nintendo Switch


Meskipun sudah sangat lama, genre ini tetap punya game super keren yang bisa kamu mainkan, termasuk di console modern seperti Nintendo Switch

game-platformer-nintendo-switch-featured

Platformer adalah salah satu genre tertua yang ada di dunia game saat ini. Tapi meskipun sudah sangat lawas, genre ini tetap menarik berkat sentuhan kreatif yang diberikan oleh para developer. Sebagai salah satu pionir yang membuat genre ini populer lewat Super Mario Bros, Nintendo tentu punya banyak game platformer seru yang tersedia di Nintendo Switch.

Berikut 18 game platformer keren yang bisa kamu dapatkan di Nintendo Switch saat ini.

Celeste

Harga: US$19,99 (sekitar Rp278.000,-)

Game platformer murni yang hanya menggunakan mekanik lompat, dash, dan grab/climb. Tapi di balik mekanisme yang sederhana itu, Celeste menawarkan tantangan platformer sulit yang dikemas dalam visual, musik, dan cerita yang sangat memukau.

Baca juga: Review Celeste, Platformer Keren Dengan Tema Menyentuh

Shantae: Half Genie Hero

Harga: US$29,99 (sekitar Rp417.000,-)

Sang jin cantik Shantae kembali beraksi dengan rambut panjangnya dalam sekuel terbaru Half Genie Hero. Tidak hanya menggunakan rambut sebagai cambuk, dalam game ini ia juga bisa berubah jadi berbagai macam hewan seperti monyet, kepiting, atau gajah untuk melewati berbagai rintangan.

Hollow Knight

Harga: US$15.00 (sekitar Rp209.000,-)

Sejatinya, Hollow Knight adalah game metroidvania dan mungkin layak disebut yang terbaik di genre tersebut. Tapi jangan salah, game ini juga penuh dengan tantangan platforming yang sulit, terutama di bagian akhir permainan serta konten DLC-nya.

Baca juga: Review Hollow Knight, Salah Satu Metroidvania Terbaik Saat Ini

Dead Cells

Harga: US$24,99 (Rp348.000,-)

Dibandingkan dengan game platformer lain di daftar ini, Dead Cells mungkin punya porsi action yang lebih banyak. Dengan senjata yang kamu temukan dalam perjalanan, kamu harus menghabisi banyak musuh dan tentu saja sambil melompat dan memanjat untuk melewati berbagai rintangan.

Gato Roboto

Harga: US$7,99 (sekitar Rp111.000,-)

Gato Roboto adalah game singkat dengan elemen metroidvania klasik. Tapi meskipun singkat, game ini tetap seru dan memberikanmu tantangan platforming yang berbeda di tiap levelnya. Oh, dan yang paling penting kamu bermain sebagai kucing dalam mech suit.

Baca juga: Review Gato Roboto, Metroidvania Yang Dibintangi Seekor Kucing

Super Mario Bros. U Deluxe

Harga: US$59,99 (sekitar Rp835.000,-)

Yup, tidak afdol rasanya jika kita membahas game platformer di Nintendo tanpa membahas Mario. Meskipun sudah punya Odyssey yang berbentuk 3D, kamu tetap punya Super Mario Bros. U Deluxe yang tetap setia dengan bentuk klasik 2D.

Shovel Knight: Treasure Trove

Harga: US$24,99 (sekitar Rp348.000,-)

Sesuai namanya, Shovel Knight adalah game platformer di mana kamu menggunakan kesatria berbaju zirah yang menggunakan sebuah sekop sebagai senjata utamanya. Dalam versi Treasure Trove ini kamu bisa menikmati semua campaign lama dan baru yang sudah ada sejak game ini rilis tahun 2014.

My Friend Pedro

Harga: US$19,99 (sekitar Rp278.000,-)

Suguhan utama dalam My Friend Pedro sebenarnya adalah action karena kamu akan sering menembak musuh dengan berbagai macam senjata api. Tapi untuk bisa mendapatkan skor tertinggi di game ini, kamu harus memanfaatkan beberapa trik platforming yang tersedia. Jika tidak, kamu dijamin tidak akan bisa melakukan combo.

Baca juga: Review My Friend Pedro, Game Action Platformer Yang Dimainkan Dengan Penuh Gaya

Mega Man 11

Harga: US$29,99 (sekitar Rp417.000,-)

Seri klasik Mega Man kembali hadir, kali ini dengan tampilan modern dan di platform modern. Tantangan yang disajikan juga sama, yaitu cukup sulit tapi seru, terutama untuk kamu yang suka seri ini atau ingin mendapatkan tantangan.

Inside

Harga: US$19.99 (sekitar Rp278.000,-)

Inside adalah game puzzle platformer dari Playdead, developer yang menciptakan game klasik Limbo. Tidak seperti pendahulunya, Inside punya tampilan yang berwarna. Tapi atmosfer yang disajikan tetap gelap dan penuh mister.

Rayman Legends: Definitive Edition

Harga: US$39,99 (sekitar Rp557.000,-)

Judul terbaru dari seri klasik Rayman ikut hadir di Nintendo Switch dalam versi Definitive Edition. Nikmati tantangan dari 100 level lebih dengan berbagai pilihan karakter yang dimainkan dengan cara yang berbeda.

GRIS

Harga: US$16,99 (sekitar Rp236.000,-)

GRIS mungkin tidak punya level platforming yang terlalu menantang terutama untuk kamu para veteran yang sudah ahli dalam genre ini. Tapi nilai jual utama game ini memang bukan gameplay, melainkan presentasinya yang sangat indah terutama dari segi visual. Tiap scene dalam game ini rasanya layak dijadikan screenshot di komputermu.

Baca juga: Review GRIS, Game Indie Platformer Dengan Visual Memukau

VVVVVV

Harga: US$9,99 (sekitar Rp139.000,-)

VVVVVV mungkin punya mekanisme dan bahkan visual yang lebih sederhana dari Celeste. Tapi tantangan yang disajikan dalam tiap level di game ini tidak boleh kamu anggap remeh. Melompat dalam game ini tidaklah sesederhana yang kamu kira, apalagi jika tiap lompatan membuat badanmu terbalik dan tiap level dipenuhi dengan hazard.

Donkey Kong Country: Tropical Freeze

Harga: US$59,99 (sekitar Rp835.000,-)

Donkey Kong dan kawan-kawannya kembali berpetualang menjelajahi hutan sambil mengumpulkan pisang dan menghadapi berbagai rintangan. Dalam game ini, kamu tidak hanya bermain sebagai Donkey Kong dan Diddy Kong saja, tapi juga berbagai karakter lain yang tentu punya kemampuan yang berbeda.

Yoshi’s Crafted World

Harga: US$59,99 (sekitar Rp835.000,-)

Untuk kamu yang ingin bermain game platformer yang lebih santai, Yoshi’s Crafted World mungkin cocok untukmu. Meskipun tidak begitu menantang dan sangat sederhana, paling tidak game ini punya visual yang cerah dan penuh warna. Cocok untuk bersantai dengan siapa saja termasuk anak-anak.

The Messenger

Harga: US$19.99 (sekitar Rp278.000,-)

Ketika melihat The Messenger, kamu mungkin akan ingat dengan Ninja Gaiden. Tenang saja, karena dalam game ini, sang ninja yang kamu kendalikan lebih lincah dengan berbagai kemampuan akrobatik. Tapi itu bukan berarti perjalanan dan tantangan dalam game ini mudah.

Katana Zero

Harga: US$14.99 (sekitar Rp209.000,-)

Katana Zero adalah salah satu game platformer baru yang ada dalam daftar ini. Dengan gaya visualnya yang khas, kamu bermain mengendalikan seorang samurai. Dengan pedang dan alat bantu lain, kamu bisa menebas berbagai musuh dan mengikuti cerita yang menarik di balik karakter yang kamu kendalikan.

Super Mario Maker 2

Harga: US$59,99 (sekitar Rp835.000,-)

Yup, kami hampir melupakan Super Mario Maker 2, surganya platformer. Dalam game ini, pemain bisa membuat level sendiri dan menantang pemain di seluruh dunia untuk memainkannya. Artinya di game ini kamu bisa menemukan jutaan level, mulai dari level yang sederhana hingga yang sangat sulit dan memerlukan eksekusi sempurna.


Dari 18 game di atas, yang mana yang sudah pernah kamu mainkan atau mungkin menarik perhatianmu? Atau kamu mungkin pernah memainkan game lain yang tidak masuk dalam daftar ini?


Kaoru