Review Hollow Knight: Salah Satu Game Metroidvania Terbaik Saat Ini


review-hollow-knight-featured

Hollow Knight pertama kali dirilis awal tahun 2017 lalu dan di Nintendo Switch di pertengahan 2018. Hingga hari ini, game ini dianggap sebagai salah satu game metroidvania dan platforming terbaik di era modern. Artinya jika kamu suka genre tersebut, game ini wajib kamu miliki.

Jika kamu masih ragu, dalam artikel ini kami akan menjabarkan apa yang membuat game ini menerima banyak pujian.

Selamat Datang di Hallownest

review-hollow-knight-hallownest

Dalam Hollow Knight, kamu akan bermain sebagai seorang ksatria pengembara tanpa nama. Ia menemukan sebuah kota kecil yang Semua penghuninya tidak pernah kembali setelah turun ke bawah tanah menjelajahi Hallownest, sebuah kerajaan besar yang sudah runtuh. Kamu memutuskan ikut menjelajahi Hallownest untuk mengungkap misteri di balik runtuhnya kerajaan tersebut.

Hallownest adalah dunia dengan visual yang sangat keren. Tiap area memiliki tema dan warna tersendiri dan memberikan mood yang berbeda. Crystal Peak misalnya, merupakan sebuah area industri yang penuh dengan kristal. Ini terlihat dengan warnanya yang terang karena cahaya lampu yang dipantulkan oleh kristal, ditambah dengan banyaknya production line ala pabrik. Di sisi lain, Deepnest yang merupakan area terlarang memiliki warna yang sangat gelap dan penuh dengan sarang laba-laba.

review-hollow-knight-crystal-peak

Tema di masing-masing area juga diperkuat dengan musiknya. Area yang indah seperti Green Path memiliki musik yang cukup menenangkan. Sementara area gelap dan misterius seperti Deepnest tidak disertai dengan musik sama sekali untuk memperkuat suasana mencekam yang ada di area tersebut. Ini belum membahas musik ketika menghadapi bos yang akan meningkatkan adrenalinmu.

Perpaduan antara grafis dan musik ini tidak bisa dipungkiri adalah salah satu alasan mengapa Hollow Knight memberikan pengalaman bermain yang sangat menggugah. Selama bermain kamu akan merasa seolah berada dalam Hallownest dan menjelajahinya.

Eksplorasi dan Pertarungan yang Penuh Tantangan

review-hollow-knight-gameplay

Walaupun sangat bagus, grafis dan musik bukanlah sorotan utama dalam Hollow Knight. Yang benar-benar menjadi fokus utama dalam game ini adalah gameplaynya yang dieksekusi dengan sangat baik.

Hollow Knight adalah game metroidvania yang mengedepankan pertarungan dan eksplorasi. Kamu akan memulai permainan dengan kekuatan yang terbatas, tapi seiring perjalanan kamu akan menemukan berbagai macam upgrade, mulai dari mobilitas hingga kekuatan baru.

review-hollow-knight-karakter

Namun untuk bisa menemukan upgrade yang diperlukan atau bahkan mendapatkan progres dalam permainan, kamu harus bisa menjelajahi semua sudut Hallownest. Beberapa kali kamu akan diminta melakukan backtracking untuk menemukan upgrade yang diperlukan untuk melewati sebuah area.

Meskipun terdengar merepotkan, sistem mapping di game ini membuat eksplorasi terasa cukup seru. Ketika memasuki area baru, kamu sama sekali tidak memiliki peta sebagai panduan. Untuk mendapatkan peta, kamu harus menemukan pembuat peta di area tersebut. Namun peta yang ia berikan masih tidak lengkap. Untuk melengkapinya kamu harus melewati area yang belum tertera dalam peta.

review-hollow-knight-minimap

Melengkapi peta tersebut dan memeriksa semua sudut dan pintu kadang cukup untuk mendorong beberapa orang untuk menjelajahi semua area. Namun kamu tidak hanya mendapatkan peta yang lebih lengkap dan mungkin rute perjalanan berikutnya. Beberapa kali kamu akan mendapatkan ruangan rahasia atau bos opsional yang menyimpan benda berharga. Dengan kata lain, dalam game ini kamu akan mendapatkan imbalan yang setimpal untuk tiap eksplorasi yang kamu lakukan.

Proses eksplorasi kamu jauh dari yang namanya mudah. Makin dalam kamu menggali area dalam Hallownest, makin sulit juga tantangan yang akan kamu dapatkan. Tantangan ini tidak hanya berbentuk bos, tapi juga sesi platforming yang sulit. Ini membuat kamu harus menguasai tiap gerakan yang kamu miliki mulai dari melompat, dash, hingga wall climb. Jika tidak hati-hati, kamu akan mendapatkan ganjarannya.

review-hollow-knight-platforming

Eksplorasi hanyalah fokus kedua dari Hollow Knight. Selain eksplorasi, game ini sangat mengedepankan mekanik pertarungannya. Ini dicapai berkat kombinasi kontrol gerakan dan serangan yang responsif dan penggunaan Soul sebagai sumber daya.

Kamu hanya bisa menggunakan satu senjata yaitu paku yang berfungsi sebagai pedang. Pedang ini bisa kamu ayunkan ke atas, samping, dan bawah (jika berada di udara). Serangan yang mengenai musuh akan menghasilkan damage dan memberikanmu Soul yang ada di kiri atas layar.

review-hollow-knight-combat

Soul adalah energi yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan spell. Mayorita spell ini bersifat menyerang plus satu spell healing yang mengembalikan darahmu yang hilang. Secara default, tiap penggunaan spell menghabiskan 33 persen. Kam juga bisa memodifikasi jarak dan kekuatan seranganmu dengan charm yang kamu temukan di tengah perjalanan.

Kontrol gerakan dan seranganmu sangatlah cepat dan responsif. Begitu menekan tombol serang, lompat, atau dash, karaktermu akan melakukannya saat itu juga. Spell agresif juga kurang lebih sama meskipun punya animasi yang sedikit lebih lama. Sebaliknya, ketika melakukan healing kamu harus diam di tempat selama dua hingga tiga detik dan menggunakan Soul yang sama untuk spell agresif.

review-hollow-knight-focus

Ini membuat tiap pertarungan di Hollow Knight terasa menantang karena musuh dalam game ini punya serangan dengan ancang-ancang yang sangat singkat dan tidak kenal ampun. Tidak cuma itu, musuh terutama bos juga tidak memberikan banyak celah agar kamu menyerang.

Artinya dalam tiap pertarungan, kamu harus bisa membaca gerakan lawan dan bereaksi dengan cepat tidak hanya untuk menghindar, tapi juga menyerang balik. Jika tidak, kamu akan kewalahan dan menelan damage tanpa punya kesempatan melakukan healing. Menghadapi musuh biasa, kamu mungkin bisa kabur. Namun menghadapi bos, kamu harus menang atau mati.

review-hollow-knight-mantis-lords

Dengan sulitnya tiap musuh yang ada, petualanganmu di Hollow Knight menjadi lebih menegangkan. Kamu harus selalu siap dengan semua kemungkinan karena kamu tidak tahu apa yang akan muncul di ruangan berikutnya. Akan ada saat di mana ruangan yang baru kamu temukan berisi bos padahal kamu belum siap baik dari segi mental maupun komposisi charm yang kamu bawa.

More To Come

review-hollow-knight-ending

Karakter yang kamu kendalikan dalam Hollow Knight memang tidak pernah bicara atau melakukan gerakan yang menunjukkan emosi. Namun melalui interaksi dengan berbagai NPC yang menarik, Hollow Knight mampu menyampaikan ceritanya sendiri. Satu hal yang mungkin tidak semua orang suka adalah cerita tersebut baru masuk akal jika kamu mengumpulkan semua potongan informasi yang kamu dapatkan selama perjalanan. Bahkan hingga hari ini misteri di balik runtuhnya Hallownest sepertinya masih menjadi tanda tanya.

Tenang saja, karena Team Cherry belum selesai dengan Hollow Knight.

review-hollow-knight-grimm-troupe

Sejak dirilis bulan Februari tahun 2017 lalu, Hollow Knight sudah merilis empat ekspansi. Semuanya bisa kamu dapatkan secara gratis jika sudah memiliki Hollow Knight. Tiap ekspansi memberikan konten baru, musuh baru, bos baru, potongan cerita baru, dan upgrade baru. Melihat bagian akhir dari ekspansi terbarunya, kami yakin Team Cherry masih memiliki ekspansi baru lain nantinya.

Tanpa ekspansi saja, Hollow Knight adalah game yang wajib dimiliki untuk kamu penggemar platforming dan/atau metroidvania. Kamu akan diberikan berbagai cobaan yang menantang tapi seru, dan semuanya dikemas dengan grafis dan musik yang sangat keren.

Dengan harga yang hanya US$15 (sekitar Rp210.000,-) dan ekspansi yang sepertinya akan terus bertambah, game ini seolah secara permanen didiskon. Dengan kata lain harga yang kamu bayar untuk membeli Hollow Knight sangatlah murah dibandingkan dengan pengalaman yang kamu dapatkan. Get this game, apapun platform yang kamu mainkan. Toh game ini tersedia di semua platform modern.


Like it? Share with your friends!

Kaoru

Facebook Comments