Review GRIS, Gim Indie Platformer dengan Visual Memukau


GRIS merupakan gim indie puzzle platformer dari Nomada Studio yang rilis pertengahan Desember 2018 lalu. Pertama kali melihat visualnya di Steam Store, gim ini langsung menjanjikan tampilan yang sangat menawan, menutup genre platformer di 2018 dengan mood yang sama setelah dibuka oleh Celeste bulan Januari lalu. Setelah menyelesaikannya, gim ini memang tidak bohong. GRIS memberikan...

review-gris-screenshot-featured

GRIS merupakan gim indie puzzle platformer dari Nomada Studio yang rilis pertengahan Desember 2018 lalu. Pertama kali melihat visualnya di Steam Store, gim ini langsung menjanjikan tampilan yang sangat menawan, menutup genre platformer di 2018 dengan mood yang sama setelah dibuka oleh Celeste bulan Januari lalu.

Setelah menyelesaikannya, gim ini memang tidak bohong. GRIS memberikan pengalaman visual yang sangat indah bersama dengan pengalaman platformer yang cukup sederhana.

Mengembalikan Apa yang Hilang

review-gris-screenshot-1

Dalam GRIS, kamu akan bermain sebagai seorang wanita tanpa nama. Dunia di sekitarnya hancur dan kehilangan warna, begitu juga apa yang sebelumnya sempat ia miliki. Kamu kemudian mengendalikan wanita ini menjelajahi reruntuhan dan mengembalikannya seperti sedia kala.

Layaknya gim platformer, kamu harus melompat dan menggunakan kemampuan lain untuk melewati berbagai rintangan. Ada empat level yang harus kamu lalui, dan tiap kali menyelesaikan satu level kamu akan membuka warna baru ke duniamu.

review-gris-screenshot-4

Secara keseluruhan, gameplay yang disajikan di GRIS cukup straightworward dan sederhana. Tiap level memperkenalkan mekanik baru, tapi tidak mengabaikan mekanik lama untuk menyelesaikan rintangan yang ada. Untuk kamu yang memerlukan tantangan lebih, ada beberapa Memento yang bisa kamu temukan dan koleksi di tiap level.

Sayangnya, GRIS tidak menawarkan lebih. Jika kamu cukup familier dengan genre platformer yang lebih sulit seperti Celeste atau Hollow Knight, kamu mungkin merasa kurang tertantang. Tidak cuma itu, gim ini bisa kamu selesaikan dalam waktu tiga jam dan minim replay value. Cukup disayangkan karena menurut saya dengan mekanik yang ada, gim ini bisa memberikan beberapa tantangan yang lebih sulit di masing-masing level.

review-gris-screenshot-3

Cerita dalam GRIS juga sedikit meh. Ada, tapi kurang begitu menggugah bahkan hingga bagian akhir. Mungkin ini karena sepanjang permainan kamu tidak berinteraksi dengan siapapun. Akibatnya kamu mungkin akan sempat bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab dan tujuan dari perjalananmu menjelajahi reruntuhan.

Presentasi yang Apik

review-gris-screenshot-7

Apa yang kurang dari segi gameplay ditutupi presentasinya yang memukau. GRIS is so damn pretty. Watercolor yang digunakan di gim ini membuat tiap sudut dan momen di gim ini sepertinya layak dijadikan wallpaper. Saya sendiri bahkan sempat mengambil screenshot tiap beberapa detik atau setelah melewati satu rintangan.

Perubahan kamera di tiap bagian permainan juga membantumu melihat betapa indahnya dunia tempat kamu bermain jika dilihat dari jauh. Lalu tiap kali kamu membuka level dan warna baru, pemandangan yang kamu lihat juga makin indah. Namun bahkan level awal dengan warna yang terbatas sekalipun tetap enak dipandang.

Pengalaman visual ini juga dilengkapi dengan musik yang juga tidak kalah bagus. Sambil menikmati visualnya, musik GRIS yang menenangkan juga melengkapi pengalamanmu dunia reruntuhan ini makin menggugah. Saya sangat menyarankan bermain dengan earphone atau headset untuk menikmati pengalaman gim ini dengan maksimal.

Kesimpulan

review-gris-screenshot-2

GRIS adalah gim yang menawarkan pengalaman visual dan musik yang sangat indah. Sayangnya ini tidak diseimbangkan dengan gameplay menantang dan cerita yang engaging. Memang, gameplay dan cerita yang ada bisa dibilang “oke”, tapi ada potensi yang sepertinya dilewatkan demi presentasi, apalagi mengingat gim ini bisa diselesaikan hanya dalam waktu tiga jam saja.

Jika kamu ingin memainkan gim platformer dengan penyajian yang memukau, gim ini layak kamu beli. Namun jangan mengharapkan sebuah tantangan gila seperti Celeste.

GRIS tersedia di Steam (Rp102.900,-) dan Nintendo Switch (US$20,99).


Kaoru