Fitur yang Sudah Dikonfirmasi Muncul di Xbox Series X dan Series S

Microsoft sudah mengonfirmasi beberapa fitur yang bakal muncul di Xbox Series X dan Series S. Apa saja? Ini ulasannya!


Beberapa bulan lagi para gamer di seluruh dunia bakal memasuki sebuah era baru untuk console. Ya, kita bakal kedatangan platform console next gen yang tentunya lebih superior dengan console saat ini. Salah satu console next gen yang bakal datang adalah Xbox Series X dan Series S dari Microsoft. Dalam beberapa bulan terakhir ini, Microsoft terus mengkampanyekan console keluaran baru tersebut.

Dari sisi teknis dan fitur, console ini tentu lebih superior dari Xbox One X dan Xbox One S. Berbeda dengan Sony yang masih menyembunyikan informasi penting dari console PlayStation 5, Microsoft justru blak-blakan.

Mereka sudah memberitahukan harga resmi console ini plus berbagai fitur yang membuatnya layak dilirik. Bicara soal fitur, Microsoft sudah memberikan dan mengonfirmasi beberapa fitur yang bakal hadir di console tersebut.

Gimbot sudah mengumpulkan rangkumannya buat kalian. Kira-kira apa saja fitur yang sudah dikonfirmasi masuk di Xbox Series X atau Series S? Berikut ulasannya!

1. Dolby Vision

Xbox Series X dan Series S sudah dikonfirmasi akan menjadi console pertama yang menggunakan fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos. Dengan begini sound serta visual dari console tersebut sudah tak perlu diragukan lagi. Mungkin soal Dolby Atmos, para gamer sudah paham karena teknologi ini sering digunakan di bioskop-bioskop. Lantas bagaimana dengan Dolby Vision?

Fitur yang satu ini akan membuat gambar yang ada di console next gen Microsoft menjadi jauh lebih baik. Console akan menyesuaikan gambar yang dihasilkan tanpa mengorbankan performa. Nantinya gambar akan dimaksimalkan ke 4K namun dengan pengkodean HDR TV standar.

Tapi untuk memaksimalkan fitur tersebut, para gamer tentunya harus menggunakan TV 4K dengan spesifikasi yang baik.

2. Xbox Velocity

Baik Xbox Series X dan Series S sama-sama mengusung sebuah solusi storage baru bernama Xbox Velocity Architecture yang membuat hardware maupun software meningkatkan kecepatan transfer pada console ini, mengurangi ukuran file unduhan digital, dan memberikan banyak fleksibilitas kepada pengguna terhadap console ini.

Dengan fitur tersebut, transfer mentransfer data pada console tersebut nantinya akan lebih cepat yang berdampak pada loading times misalnya. Fitur tersebut telah membuktikan kapasitasnya di mana loading times dari Gear 5 empat kali lebih cepat di Series X dibandingkan Xbox One X karena performa memori yang lebih tinggi pada sisi storage.

BACA JUGA: Bisa Ketagihan! 5 Game Crossplay Terbaik Xbox One dan PC

Namun untuk menggunakan fitur tersebut, gamer wajib menyimpan game kalian di dalam internal SSD atau expansion slot yang disediakan. Xbox Velocity tak bakal berfungsi jika game kalian disimpan di USB Eksternal.

3. Visual Enhancement

Xbox Series X

Fitur selanjutnya yang sudah dipastikan muncul di console Xbox Series X dan Series S adalah fitur visual enhancement. Fitur tersebut akan membawa visualisasi console ke dalam sesuatu yang lebih baru dan superior. Selain penambahan fitur Dolby Vision, visual enhancement ini juga ada kaitannya dengan hardware yang dimiliki oleh console next gen ini.

Xbox Series S yang punya spesifikasi lebih rendah dibandingkan Xbox Series X memiliki batasan tertentu dari sisi visual. Tapi meski terbatas, visualnya jauh melebihi Xbox One X tentunya. Untuk Xbox Series S visual yang dihasilkan bisa mencapai 1440p di 120 FPS. Visual yang terbatas ini ada kaitannya dengan GPU yang digunakan yaitu hanya 4 TFLOPS, 20 CUs @ 1.55 GHz Custom RDNA 2 plus penggunaan RAM yang hanya 10GB GDDR6.

Sedangkan sang kakak, Xbox Series X punya  spesifikasi yang lebih galak. Didukung dengan GPU 12 TFLOPS, 52 CUs @ 1.825 GHz Custom RDNA 2 plus 16GB GDDR6 RAM. Console ini memungkinkan visual mencapai resolusi 4K 60 FPS atau 120 FPS di resolusi yang lebih rendah.

Bagaimana? Keren bukan?!

4. Smart Delivery

Fitur yang satu ini merupakan fitur yang mengoptimalkan game tertentu yang rilis di platform generasi saat ini dan next gen. Kalian yang membeli game tersebut untuk console saat ini bisa mengupgradenya untuk dimainkan di console next gen asalkan kalian punya console dan game-nya. Fitur tersebut akan mengupgrade game secara otomatis untuk dioptimalkan di Xbox Series X dan Series S.

BACA JUGA: Bikin Kesal! 5 Tipe Gamer Online yang Paling Dibenci

Untuk membuat fitur ini optimal, Microsoft akan berkoordinasi dengan para publisher yang berencana merilis game mereka di Xbox One dan Xbox Series X atau Series S. Dengan begini gamer tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ingin pindah dari generasi lama ke generasi baru.

5. Backward Compatibility

Salah satu fitur keren yang sudah pasti disematkan di console generasi terbaru Microsoft adalah Backward Compatibility. Hal ini membuat Xbox Series X dan Series S bisa memainkan semua game yang ada di Xbox One dan beberapa game Xbox 360 atau Xbox generasi di bawahnya asalkan terintegrasi dengan Xbox One.

Dengan begini Xbox Series X dan Series S memungkinkan kalian bermain game melewati empat generasi Xbox. Tapi untuk memaksimalkan fitur tersebut, Microsoft menghilangkan kemampuan Xbox One untuk memainkan game Xbox 360 atau Xbox generasi di bawahnya.

Untuk mengusahakan fitur ini berjalan dengan baik, Microsoft sudah melakukan validasi hingga 200.000 jam kerja plus melakukan validasi untuk ribuan game. Bahkan Phil Spencer sudah mencoba fitur ini pada Desember 2019.

6. Quick Resume

Fitur yang simpel tapi bisa membuat console Xbox Series X dan Series S terlihat luar biasa. Singkatnya, fitur ini membuat kalian bisa meminimize dan meresume game di console ini lebih dari satu buah. Quick Resume juga membuat gamer bisa melanjutkan game yang diminimize ketika console ini direboot.

Tak usah khawatir jika kalian meminimize hingga tiga game dan memilih salah satunya untuk dilanjutkan progresnya. Dengan begini tak perlu ribet mematikan dan menyalakan game yang kalian mainkan. Hebat bukan?


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.