5 Fakta Menarik dari Joel The Last of Us yang Perlu Kamu Tahu

Para fans The Last of Us wajib baca ini. Gimbot telah kumpulkan beberapa fakta menarik tentang Joel Miller yang perlu kalian tahu.


Fakta Menarik Joel the Last of Us

The Last of Us pertama merupakan salah satu masterpiece yang mengangkat tema cerita unik yaitu soal dunia yang sudah hancur akibat infeksi jamur yang menyerang otak manusia. Salah satu korbannya adalah Joel yang sekaligus menjadi tokoh utama serta playable karakter kita di sepanjang game ini. Joel dibandingkan jagoan lain sangat berbeda.

Dia tidak seperti jagoan lain yang baik dengan misi suci namun lebih realistis karena yang dia pikirkan hanyalah keselamatan dirinya dan juga Ellie, yang merupakan partnernya di mana Ellie sendiri sudah dianggap Joel seperti anak sendiri.

Popularitas karakter Joel meningkat dan banyak yang menyayangkan dengan apa yang terjadi padanya di The Last of Us II. Buat yang ngefans dengan Joel, kami sudah mengumpulkan beberapa fakta menarik yang layak dibahas mengenai Joel Miller.

1. Terinspirasi dari Josh Brolin

fakta menarik Joel

Josh Brolin siapa sangka menjadi salah satu inspirasi dari Naughty Dog dalam membuat karakter ini. Ya, Josh Brolin yang memerankan sosok Llewelyn Moss di film No Country for Old Men menjadi inspirasi utama dalam desain karakter Joel plus juga sifat-sifatnya. Joel dan Llewyn memiliki kesamaan di mana mereka sama-sama pria yang tenang meski di bawah tekanan, pendiam, namun bedanya Joel lebih sabar.

Dengan sifatnya yang seperti ini, Joel benar-benar terasa hidup dan berkarakter. Apalagi Neil Druckmann selaku director tidak mencontek begitu saja sifat-sifat dan ciri khas dari Llewelyn Moss melainkan menambahkan sejumlah sifat lain yang pas dan cocok di dunia The Last of Us itu sendiri. Uniknya, Joel juga dikenal sebagai karakter yang tidak selalu baik.

2. Selera Musiknya Berkelas

Joel dikenal sebagai karakter yang hobi akan musik. Di The Last of Us II, Joel dikenal sebagai seorang pemain gitar yang cukup andal dan mengajarkan Ellie agar bisa memainkan gitar. Konon menurut Joel sendiri di dalam game, dia menyatakan bahwa dulu bercita-cita mau menjadi seorang penyanyi yang tentunya sudah kita tahu bahwa hal itu tidak kesampaian karena dunia mengalami kehancuran yang masif.

BACA JUGA: Game dengan Permainan Teraneh yang Pernah Dibuat

Untuk selera musiknya sendiri, Joel diketahui menyukai genre yang berkelas yaitu Rhytm and Blues atau biasa kita singkat sebagai R&B. Gaya musik ini memadukan antara sentuhan blues dengan rhytm dari musik jazz yang membuatnya cukup solid dari sisi nada dan menghibur dari sisi lick dan melodi. Musik ini sendiri berkembang dari masyarakat Afrika Amerika di tahun 1940.

Selera musik R&B sendiri hitungannya adalah musik yang cukup rumit dan berkelas. Oleh sebab itu, tak semua orang menyukai aliran musik ini.

3. Asal Usul Namanya

fakta menarik Joel

Sepertinya film No Country for Old Men memang benar-benar menginspirasi Neil Druckman dalam membuat sosok Joel. Karena tak hanya sifatnya, nama dari Joel sendiri juga masih ada sangkut pautnya dengan film tersebut. Tapi alih-alih mengambil nama salah satu karakternya, Neil justru terinspirasi nama Joel dari sutradara film tersebut.

Joel Coen merupakan nama sutradara film itu dan Neil mengikutinya. Bedanya, dia tidak menambahkan Coen namun menambahkan nama Miller sehingga menjadi Joel Miller. Fakta menarik Joel yang satu ini sangat jarang diketahui oleh para gamer karena di dalam game-nya sendiri hal ini tidak pernah dijelaskan.

4. Kehidupannya Sebelum Kiamat Zombie

Setelah kejadian kiamat zombie, Joel memang sangat ahli untuk berburu dan dia bisa bertahan hidup bahkan dalam situasi sulit. Sebelum kiamat zombie terjadi, Joel sebenarnya sudah memiliki basic dalam bertahan hidup di mana dia biasanya melakukan hobi untuk berburu. Insting berburunya yang sudah terasah menjadi modalnya dalam melakukan aktivitas berburu.

BACA JUGA: Deretan Game dengan Pencapaian Trofi Platinum Tersulit di PS4

Bedanya, jika sebelum kiamat zombie terjadi Joel lebih sering berburu hewan, setelah kiamat zombie terjadi, dia lebih sering berburu manusia yang kerap tersesat di wilayah yang dia kuasai. Kehebatan berburu Joel ditunjukan lewat taktik yang dia racik plus ada sebuah file audio dalam permainan yang menyatakan hal tersebut.

5. Troy Baker Awalnya Enggan Jadi Joel

fakta menarik Joel

Sudah bukan rahasia lagi bahwa aktor di balik karakter Joel adalah Troy Baker. Namun perjalanan Troy menjadi Joel tidak mulus begitu saja karena saat audisi berlangsung, dia tiba-tiba enggan jadi Joel karena merasa dirinya tidak cocok. Troy melihat lawan-lawannya lebih cocok dari sisi fisik dan usia di mana Joel memiliki usia yang tua sedangkan Troy masih muda.

Akhirnya dia memutuskan untuk mencoba dan ikut audisi. Tanpa diduga, di audisi, Troy terpilih menjadi Joel karena performa audisinya sangat mengesankan. Para penggemar sendiri mengakui bahwa suara Troy saat menyuarakan Joel benar-benar berbeda.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.