Deretan Game dengan Pencapaian Trofi Platinum Tersulit di PS4

Trofi platinum di beberapa game ini sangat-sangat susah loh untuk didapatkan bahkan ada yang bisa hingga 900 jam gameplay.


Game dengan Trofi Platinum Tersulit

Bagi sebagian orang, meraih sebuah trofi di dalam video game merupakan salah satu hal yang sangat menantang. Beberapa orang menjadikan ini sebagai patokan untuk menikmati sebuah game. Para orang-orang penyuka trofi menjadikan trofi platinum atau 100% complete menjadi takaran apakah mereka sudah menyelesaikan game-nya atau belum.

BACA JUGA: 5 Hal Menarik yang Membuatmu Perlu Memainkan Plague Tale of Innocent

Jika mereka sudah meraih platinum atau memiliki 100% complete, mereka menganggap bahwa game tersebut sudah tak layak lagi dimainkan. Namun jika kalian yang baru memiliki niat untuk menjadi trofi hunter, sebaiknya dipikir dulu matang-matang. Karena beberapa game memiliki trofi platinum yang amat menyiksa batin.

Tak percaya? Kami bakal membahas mengenai game dengan trofi platinum tersulit yang sangat susah diraih. Berikut ulasannya.

1. Grand Theft Auto V

Game ini menjadi salah satu game Rockstar dengan map paling luas yang pernah dibuat. Selain luas, game ini memanjakan kalian dengan segudang misi dan aktivitas yang sangat menarik untuk kalian lakukan. Oleh sebab itu, deretan trofi dari game ini sangat banyak dan untuk mendapatkan platinum trofi, kalian harus mengorbankan waktu kalian yang berharga.

Untuk meraih platinum, gamer dipaksa untuk meraih trofi dari yang paling remeh sampai yang tersulit. Misalnya yang remeh adalah jangan sampai dimakan hiu atau mencari mobil rahasia yang sangat membosankan untuk dilakukan. Di samping itu, ada beberapa trofi gold yang juga mesti kalian lakukan berulang-ulang agar sempurna dan mendapatkan trofi.

Yang paling gila tentu saja trofi bernama Los Santos Sightseer yang memungkinkan kalian untuk mengendarai kendaraan di semua map Los Santos yang besarnya bukan main. Setelah semua trofi didapat, kalian berhak meraih platinum trofi.

2. Final Fantasy XIV: Realm Reborn

Dimulai dengan awal yang buruk di tahun 2014, Final Fantasy XIV akhirnya berhasil memperbaiki penilaian dengan sejumlah update, salah satunya adalah Realm Reborn yang menambahkan sejumlah konten solid di dalamnya hingga menjadikannya salah satu game MMO paling populer yang pernah ada. Namun untuk urusan trofi, kalian akan kesal dengan game ini.

BACA JUGA: Punya PlayStation 4? Jangan Buru-buru Beli PlayStation 5!

Ya, menurut perkiraan dari PSNprofiles.com, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 900 jam untuk membuka semua trofi dan yang paling gila adalah kalian harus mengalahkan 10 ribu musuh, melakukan serangan instant sebanyak 100 kali, dan melakukan kegiatan hingga 1000 kali. Kalian yang gila trofi pun akan tersiksa meraih trofi platinum di game ini.

3. Street Fighter V

Street Fighter V sejatinya adalah game yang kurang hype ketika dirilis tapi kemudian game ini berhasil mengambil hati para fans lewat berbagai update yang ada. Sebagai sebuah game fighting, meremehkan setiap trofi yang ada di game ini adalah hal yang salah karena sejatinya bagi para trofi hunter, Street Fighter V adalah game yang cukup menantang dari sisi trofi.

Kenapa trofi di game ini sulit? Karena karena harus bertahan di mode survival dari ratusan musuh dengan tingkat kesulitan tersulit plus menyelesaikan story mode.

Belum lagi ada trofi bernama Bam, Bam, Win! Yang mewajibkan kalian memenangi 300 pertandingan di mana untuk melakukan ini kalian harus mempersiapkan waktu yang cukup banyak. Selain itu ada trofi bernama Number 2 is the New Number 1 yang mengharuskan kalian meningkatkan level hingga 200! Gila bukan?

Menurut saya, hanya petarung ahli yang bisa membuka trofi platinum di game yang satu ini mengingat untuk menyelesaikan tingkat kesulitan tersulit, kalian harus hafal Special Moves dan V-Moves agar bisa memberikan damage yang besar.

4. The Evil Within

The Evil Within yang pertama adalah salah satu game tersulit yang pernah dirilis. Menekankan unsur survival horror, siapa sangka jika game yang satu ini juga menghadirkan salah satu hal paling susah yaitu banyaknya jebakan yang bisa membuat siapapun mati. Bagi para trofi hunter, The Evil Within juga merupakan salah satu game yang sangat menantang.

Untuk mendapatkan trofi platinum di dalam game ini, kalian wajib menyelesaikan game di mode Akumu di mana mode ini mampu membunuh kalian hanya dalam satu kali serangan. Di mode biasa, The Evil Within sudah cukup menantang! Bisa kalian bayangkan betapa sulitnya mode Akumu. Tak berhenti sampai di situ, salah satu achievement yang juga mesti kalian dapatkan adalah mampu mengupgrade semua senjata ke titik maksimal.

Untuk melakukannya, kalian wajib menghabiskan waktu untuk grinding mencari green gel yang tersebar di semua tempat di game tersebut.

5. Bloodborne

Dipuji sebagai salah satu game eksklusif PlayStation 4 terbaik, Bloodborne memiliki ciri khas tingkat kesulitan seperti Darksouls di mana setiap musuh bisa menjadi sosok menakutkan buat kalian. Jika niat mendapatkan platinum, gamer harus meningkatkan level karakter dan senjata hingga ke yang paling maksimal untuk menyelesaikan Chalice Dungeon dan melawan boss yang random.

Masalahnya, tidak semua orang bisa dengan mulus menghadapi boss yang ada sehingga kalian mesti melakukannya lagi jika gagal. Belum lagi ada dua trofi yang juga cukup memakan waktu yaitu Hunter’s Essence yang mewajibkan kalian mendapatkan sebuah hunter weapon plus trofi Hunter’s Craft yang mewajibkan kalian meraih semua item crafting. Intinya, siapkan diri kamu untuk rutin membaca guide online dan (mati terus menerus) bila kamu mengincar trofi di Bloodborne.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.