5 Game dengan Permainan Teraneh yang Pernah Dibuat

Game-game ini cocok mendapat predikat game teraneh karena gameplay dan konsepnya yang absurd!


game paling aneh

Bukan perkara mudah untuk menciptakan sebuah game yang diingat oleh para gamer di dunia ini. Butuh berbagai riset dan inovasi untuk akhirnya game tersebut meluncur dan diakui di pasaran. Dengan begini, sebuah developer bisa mendapatkan banyak keuntungan jika game mereka sukses khususnya dari sisi popularitas.

BACA JUGA: Deretan Game dengan Pencapaian Trofi Platinum Tersulit di PS4

Jika bicara langkah para developer, tentu saja ada banyak cara salah satunya adalah menciptakan sebuah game yang berbeda dari yang lainnya. Berbeda di sini adalah mereka menggunakan pakem gameplay yang sudah ada namun dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi game yang unik.

Gimbot sudah mengumpulkan beberapa game dengan permainan teraneh yang pernah dibuat. Kira-kira ada game apa saja? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. LSD: Dream Emulator

Game dengan genre paling unik yang pernah dibuat yang pertama adalah LSD: Dream Emulator yang dibuat oleh Asmik Ace Entertainment. Game yang satu ini merupakan game yang dirilis di platform PlayStation pada 22 Oktober 1998. Sejatinya, genre dari game ini adalah eksplorasi namun dikembangkan dengan sedemikian rupa hingga menjadi game yang unik di genrenya.

Di dalam game ini para gamer harus mengeksplorasi lingkungan namun tanpa tujuan apapun. Para gamer hanya diperbolehkan memindahkan dan menyentuh objek saja di sepanjang permainan. Lantas dari mana ide LSD: Dream Emulator ini? Konon ide dari game ini berasal dari buku harian mimpi yang disimpan oleh karyawan Asmik Ace, Hiroko Nishikawa.

Uniknya, meskipun tidak jelas arah dan tujuannya, game ini berhasil meraih popularitas yang luar biasa. Game ini di era modern menjadi salah satu game yang sering dimainkan oleh para Youtuber lets play. Bahkan setelah bertahun-tahun dirilis, game ini diakui oleh para kritikus berkat keanehannya. Tak hanya itu, para kritikus sepakat menjadikan game ini sebagai game yang susah ditebak dan sangat eksperimental.

LSD: Dream Simulator dirilis di PlayStation Store Jepang tahun 2010.

2. Seaman

Selanjutnya yang layak dianggap sebagai game dengan genre paling aneh adalah Seaman. Game ini diciptakan oleh Vivarium dan Jellyvision dan dipublikasikan oleh Sega. Uniknya, game teraneh ini dirilis di berbagai platform terkenal seperti Dreamcast dan PlayStation 2. Tadinya game ini bakal dirilis di PC dan Nintendo DS namun sayangnya harus dibatalkan.

Lantas tentang apakah Seaman ini? Ya, game ini adalah game hewan peliharaan virtual di mana game ini memanfaatkan fitur mic yang ada di Dreamcast. Game ini menampilkan berbagai hal aneh misalnya seperti sosok Seaman yang mirip seperti ikan emas namun dengan wajah dan perilaku manusia.

BACA JUGA: 5 Rahasia Umum Industri Game AAA yang Wajib Kamu Ketahui

Game ini disebut sebagai game yang unik karena kalian harus memberi makan dan merawat hewan ini. Kerennya, para gamer harus sering-sering mengecek Seaman secara real-time atau jika tidak, maka Seaman akan tewas.

Bisa dibilang, game ini mirip-mirip konsepnya seperti Tamagochi namun lebih aneh. Konon Seaman akan memiliki beberapa fase hingga di fase terakhir dia akan berubah menjadi sosok seperti katak. Meski aneh, versi Dreamcast dari game ini terjual sebanyak 399 ribu copy di tahun 2004 menjadikannya sebagai game Dreamcast terlaris ketiga di Jepang pada saat itu.

3. Cho Aniki

Salah satu game yang disebut-sebut sebagai game paling aneh yang pernah diciptakan. Benar, Cho Aniki merupakan game dari Jepang yang awalnya dikembangkan oleh Masaya dan diterbitkan oleh NCS Corp. Game ini pertama kali diciptakan pada 1992 untuk platform PC. Mendapatkan perhatian bagus, akhirnya sekuel dan spin-off dari game ini muncul di Famicom, PlayStation, Sega Saturn, WonderSwan, PlayStation 2 dan PlayStation Portable.

Apa yang membuat game ini disebut teraneh? Karena gameplay-nya dan juga berbagai humor aneh yang ditunjukkannya sepanjang permainan. Bahkan skema kontrolnya yang tidak biasa pada saat itu mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari para kritikus.

Gameplay dari game ini sebenarnya adalah shooter atau tembak-tembakan. Namun alih-alih menggunakan tembakan keren atau pesawat tempur, game ini malah menggunakan pria berotot dengan helm bertanduk sebagai pesawat untuk menembak. Yang paling mengesalkan adalah pria berotot ini sambil melakukan gerakan-gerakan konyol.

Tidak berhenti di situ, bos di dalam game ini juga cukup konyol. Salah satu bossnya adalah pria yang saling bertumpuk sehingga menyerupai makhluk dengan kepala banyak.

4. Muscle March

Siapa sangka jika salah satu game paling aneh yang pernah dibuat ternyata adalah ciptaan developer yang sudah cukup besar yaitu Namco Bandai. Benar, Namco Bandai pernah menciptakan game aneh berjudul Muscle March yang dirilis pertama kali pada tahun 2009 di Jepang. Game ini diluncurkan untuk platform Wii dan bisa dimainkan single player maupun multiplayer.

Sebenarnya dari sisi genre, game ini adalah game action. Namun action yang ditonjolkan bukanlah action biasa. Game ini menceritakan soal pengejaran pencuri yang mencuri bubuk protein seorang binaraga. Namun alih-alih mengejarnya dengan cara biasa, justru game ini mengharuskan kalian untuk mengejar pencuri sambil meniru pose pencuri saat menabrak dinding yang menghalangi.

Konsepnya mirip seperti permainan Hole in the Wall yang ada di televisi. Dengan remote Wii, kalian dipaksa untuk mencocokan pose pencuri agar bisa melewati tembok. Uniknya, karakter-karakter di game ini adalah karakter yang punya desain flamboyan.

5. Frog Fractions

Game yang dirilis di tahun 2012 ini hanya bisa dimainkan sendirian saja karena hanya menyediakan mode single player saja. Game ini dibuatoleh Twinberard Studios dan mendapatkan perhatian yang cukup baik dari para penggemar game. Bahkan untuk genrenya sendiri, disebut-sebut bahwa game ini menciptakan genrenya sendiri yaitu edutainment.

Dalam game ini kita fokus untuk mengendalikan katak untuk memakan serangga sambil mempertahankan buah yang ada di sekitar kalian. Uniknya, jika kalian berhasil mengumpulkan buah yang banyak, kalian bisa membeli item bernama drive warp yang memungkinkan mereka untuk menunggangi seekor naga ke Mars dan bertarung dengan Robot Cumi Alien dan memainkan sejumlah game dengan gaya yang berbeda-beda hingga selesai.

Ada banyak mode yang cukup menarik yang menyambut kalian. Jadi, siapkan mental ya, karena game ini benar-benar sangat aneh.

 Para gamer bisa menghabiskan poin untuk meningkatkan kemampuan katak mereka. Uniknya setiap skor dalam game ini dihitung menggunakan hitungan pembagian.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.