Jarang Dipandang, Deretan Hidden Gem yang Ada di PlayStation 4

Hidden gem juga ada loh di industri game. Padahal game-game ini punya kualitas mumpuni dan akan sangat sayang kalau sampai kalian lewatkan!


hidden gem

Menciptakan sebuah game mungkin menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan oleh hampir setiap studio game di dunia ini. Namun sayangnya, melakukan marketing super keren belum tentu bisa dilakukan oleh studio dan publisher. Keterbatasan budget yang ada sekaligus pandangan skeptis para gamer menjadi pertimbangan.

BACA JUGA: Deretan Skill Paling Berguna di Video Game Action

Hal ini pada akhirnya membuat game menjadi tertutup oleh studio yang memiliki budget besar dan fantastis dalam melakukan marketing. Padahal sejatinya, belum tentu game dengan hype yang minimal memiliki kualitas minimal pula. Banyak game dengan marketing minimal mampu memiliki kualitas dari studio dengan budget marketing besar.

Gimbot sudah mengumpulkan beberapa daftar soal lima hidden gem di PlayStation 4 yang wajib kalian coba. Berikut ulasannya!

1. A Plague Tale of Innocence

Ini adalah hidden gem pertama yang ada di PlayStation 4 di mana kalian wajib mencobanya. Game ini punya kualitas voice act yang luar biasa ditambah dengan percakapan yang benar-benar dalam dari para karakternya. Selain itu, dari sisi visual, game ini juga benar-benar memanjakan mata karena digarap dengan serius.

Salah satu yang menarik adalah di mana di dalam game ini kalian bakal disuguhkan ribuan tikus dalam satu layar dengan visual yang benar-benar mirip seperti asli. Kekuatan utama selain voice act dan visual adalah game ini memiliki jalan cerita yang unik di era Bubonic Plague yang terkenal itu.

Untuk urusan gameplay, A Plague Tale of Innocence menyajikan unsur aksi dan stealth yang kental. Tapi bagi yang berpikir ini game aksi seperti Uncharted, kalian salah besar. Kenyataannya jagoan utama kalian bisa mati hanya dengan satu serangan. Menantang bukan?

2. Sherlock Holmes: Crimes and Punishment

Salah satu game detektif terbaik yang pernah dibuat di mana game ini menyajikan gameplay yang lebih seru dibandingkan L.A Noire yang merupakan salah satu game terbaik Rockstar Games. Di game ini, kalian digiring menjadi detektif sungguhan dengan kebebasan untuk melakukan serta menentukan banyak hal di dalamnya.

Setiap barang bukti dan tindak tanduk orang-orang di dalam kasus yang kalian tangani harus diperhatikan dengan baik. Karena yang menentukan tersangka dari sebuah kasus adalah kalian yang tentunya akan berdampak pula pada reputasi yang kalian miliki. Dari sisi percakapan tiap karakternya, game ini bisa dikatakan cukup baik.

BACA JUGA: Deretan Game dengan Pencapaian Trofi Platinum Tersulit di PS4

Banyak keseruan untuk menyelesaikan berbagai kasus di dalam game ini. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya Sherlock Holmes: Crimes and Punishment seseru itu.

3. What Remains of Edith Finch

Salah satu genre yang diejek dengan sebutan walking simulator atau simulasi berjalan tanpa ada aksi apapun. Namun meski kerap dihina, genre seperti ini ternyata selalu punya penilaian yang bagus. Lihat bagaimana Gone Home dan Firewatch dipandang oleh para kritikus. What Remains of Edith Finch mengikuti formula serupa dan kenyataannya, kualitas dari game ini tak diragukan.

Kita bakal melakukan eksplorasi di rumah yang cukup besar dan luas milik keluarga Finch. Eksplorasi yang dilakukan diikuti dengan narasi luar biasa untuk mempelajari seluk beluk dan misteri dari keluarga ini. Meski singkat, game ini cocok bagi kalian yang mengalami burnout terhadap game aksi.

4. Remothered: Tormented Fathers

Game survival horror yang berbeda dari Resident Evil atau Outlast. Ya, di Remothered: Tormented Fathers, narasi menjadi salah satu hal yang disajikan dengan kualitas tinggi. Game ini juga dipadukan oleh sebuah gameplay stealth plus seabrek puzzle yang siap mengocok otak kalian. Karena marketing yang kurang begitu menonjol, game ini diabaikan oleh banyak gamer.

Bahkan saking diabaikannya, mungkin banyak yang tak tahu jika seri Remothered sebenarnya akan dibuat trilogy. Dengan gameplay super solid dan puzzle yang begitu menantang, game ini wajib kalian coba. Yang tidak lupa adalah tentu saja sebagai game horror, Remothered: Tormented Fathers menyajikan kengerian maksimal.

Menjadikan rumah tua sebagai arena bermain kalian, ketegangan ditambah karena disepanjang permainan kalian bakal dikejar oleh orang psikopat yang harus dilumpuhkan dengan cara-cara cerdik. Game ini layak menjadi hidden gem yang sayang kalau sampai dilewatkan!

5. Hellblade: Senua’s Sacrifice

Hellblade: Senua’s Sacrifice merupakan salah satu game yang cukup menarik buat dimainkan. Game ini merupakan game yang dibuat oleh developer indie yang sudah malang melintang dalam membuat game action yaitu Ninja Theory.

Sayangnya meski punya kualitas baik, masih banyak yang meragukan untuk bermain Hellblade: Senua’s Sacrifice. Terbenamnya nama Hellblade ketika diluncurkan salah satunya tentu karena teknik marketing-nya yang tidak seheboh game pertama.

Hellblade baru mendapatkan simpatik orang-orang karena pertama game ini dimainkan oleh sejumlah Youtuber let’s play dan dari situlah baru kelihatan jika Hellblade adalah salah satu game berkualitas tinggi.

Buktinya, game ini sukses meraih berbagai penghargaan dan dianggap menjadi game indie terbaik di tahun 2017! Popularitasnya yang tidak heboh namun menyimpan kualitas yang sebenarnya dahsyat menjadikan Hellblade sebagai salah satu hidden gem di era PlayStation 4.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.