Baru Dirilis, Remaster Mafia II & III Mengecewakan Banyak Penggemar

Mafia II & III Definitive Edition dirilis dengan banyak masalah, dari bug, performa buruk, hingga versi lamanya yang tak bisa dimainkan lagi.


Beberapa waktu lalu kita sudah mendengar kabar tentang perilisan ulang trilogi Mafia dalam wujud yang lebih modern. Mafia: Definitive Edition dirilis sebagai sebuah remake menyeluruh, sementara Mafia II: Definitive Edition merupakan remaster dari game orisinalnya dengan perbaikan grafis. Di sisi lain, Mafia III: Definitive Edition tidak mendapat perombakan visual namun mengandung seluruh konten bonus serta DLC dalam satu paket.

BACA JUGA: Game Mirip GTA Terbaik yang Patut Dicoba Para Pecinta Open World

Saat ini Mafia II: Definitive Edition dan Mafia III: Definitive Edition telah dirilis, sedangkan Mafia: Definitive Edition baru akan terbit pada 29 Agustus nanti. Kamu sudah bisa membeli dua game tersebut di Steam, tapi mungkin kamu perlu pikir dua kali kalau ingin melakukannya. Pasalnya, dua game ini ternyata mendapat penerimaan yang tidak terlalu baik dan menuai banyak protes dari penggemar.

Mafia II: Definitive Edition | Sumber: Steam

Mengapa demikian? Permasalahannya sedikit rumit. Pertama, dengan dirilisnya Mafia II: Definitive Edition, kamu tidak bisa lagi membeli Mafia II versi orisinal. Bila kamu membeli Mafia II: Definitive Edition, kamu akan mendapatkan Mafia II orisinal secara gratis, tapi kamu tidak bisa lagi membeli Mafia II yang asli tersebut (sekarang disebut Mafia II Classic) secara terpisah.

Kedua, meskipun Mafia II: Definitive Edition punya tampilan visual yang lebih tajam dan lebih detail, entah mengapa versi remaster ini tidak lagi memiliki fitur PhysX. Artinya seluruh simulasi fisika seperti gerakan-gerakan partikel dan baju yang dulunya terkenal realistis kini justru menghilang. Bila kamu membaca user review di Steam, banyak orang bahkan menyebut versi Definitive Edition ini sebagai sebuah downgrade.

Mafia III: Definitive Edition | Sumber: Steam

Mafia III: Definitive Edition punya masalah yang tak kalah menyebalkan. Apabila kamu sudah memiliki Mafia III sebelumnya, versi baru ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan game milikmu akan otomatis ter-update menjadi versi Definitive Edition. Secara teori terdengar bagus, tapi sayangnya Mafia III: Definitive Edition dirilis dalam kondisi penuh bug.

Komplain yang paling banyak disuarakan para pemain di Steam adalah bug di aspek pencahayaan, framerate yang jadi lebih buruk, hingga force close. Padahal versi orisinalnya saja sudah terkenal cukup bermasalah dalam hal bug dan performa. Definitive Edition bukannya memperbaiki, malah memperparah masalah itu. Dan karena sudah tertimpa oleh update otomatis, para pemain tidak bisa lagi memainkan Mafia III orisinal meskipun ingin.

Mafia III: Definitive Edition | Sumber: Steam

Cukup disayangkan ternyata peluncuran Mafia II & III Definitive Edition ternyata tidak semulus harapan para penggemar. Ini bisa jadi pertimbangan apabila kamu berencana membeli, apakah ingin menunggu dulu sampai isu-isu di atas diperbaiki lewat patch atau berani ambil risiko. Semoga saja Mafia: Definitive Edition yang hadir bulan Agustus nanti punya kualitas lebih baik, karena tampaknya game itulah yang paling banyak ditunggu di antara trilogi ini.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.