5 Game Mirip GTA Terbaik yang Patut Dicoba Para Pecinta Open World

Tak bisa dipungkiri Grand Theft Auto adalah salah satu game terpopuler dunia. Kalau kamu sudah kenyang GTA, ada game sejenis yang layak coba.


Seri Grand Theft Auto buatan Rockstar Games jelas bukan judul yang asing di telinga para gamer. Menempatkan pemain di peran yang erat dengan dunia kriminal, GTA punya formula yang seru dan penuh kebebasan. Baik kamu main secara serius mengikuti ceritanya, ataupun hanya bersantai sambil melakukan hal-hal lucu, GTA selalu terasa menghibur dan kini telah jadi salah satu franchise paling laris di dunia.

Seri Grand Theft Auto umumnya bisa dimainkan untuk waktu yang lama. Tapi bagaimana kalau kamu sudah main seluruh seri GTA sampai bosan, dan butuh suasana baru namun tetap terasa familier? Jangan khawatir, karena formula “open world” yang ada di dalam GTA juga telah diadopsi oleh beberapa developer lainnya.

BACA JUGA: Ayo Kembali Bernostalgia dengan Memainkan 5 Game Mirip Harvest Moon Ini

Di bawah ini Gimbot berikan lima rekomendasi game mirip GTA terbaik yang wajib kamu coba kalau kamu pecinta suasana open world. Sudahkah kamu memainkan semuanya?

Saints Row IV

Seri Saints Row mengawali sejarahnya di dunia game dengan kesan negatif di mata para penggemar GTA, karena seri ini memang punya gameplay yang sangat mirip dengan GTA. Saints Row bahkan sering disebut sebagai “GTA clone” karena kemiripan tersebut, akan tetapi sebetulnya seri ini juga punya keunikan sendiri.

Kalau Grand Theft Auto punya cerita yang serius dan cukup dramatis, Saints Row justru mengambil jalur humor dalam presentasi kisahnya. Studio pengembangnya yaitu Volition semakin lama semakin berani mengeksekusi ide-ide gila seiring mereka menciptakan sejumlah sekuel. Di Saints Row IV, kamu berperan sebagai presiden Amerika Serikat yang memiliki kekuatan super dan harus berperang melawan alien!

Sleeping Dogs

Bagaimana jadinya kalau developer membuat karya dengan inspirasi dari GTA, tapi mengambil latar di Hong Kong, dan jagoan utamanya adalah seorang ahli bela diri Kung Fu? Jawabannya adalah sebuah game yang bisa jadi lebih lebih baik dari GTA itu sendiri.

Sleeping Dogs menempatkanmu dalam kisah Wei Shen, seorang polisi yang menyamar sebagai pelaku kriminal demi membongkar sindikat mafia besar di Hong Kong. Memainkan Sleeping Dogs, rasanya seperti menonton film-film drama Hong Kong yang dibintangi oleh Jet Li dan Jackie Chan di tahun 90an dulu. Banyak unsur jenaka dalam game ini, tapi tak jarang juga kita dibawa masuk ke cerita yang penuh ketegangan, tragedi, serta kesedihan mendalam.

Sleeping Dogs dikembangkan oleh studio asal Kanada yang bernama United Front Games. Malang, kini studio tersebut telah tutup sehingga kita mungkin tak akan pernah mendapat Sleeping Dogs 2.

Watch Dogs 2

Bagaimana rasanya memainkan GTA tapi tokoh utamanya adalah seorang hacker? Kamu bisa temukan jawaban pertanyaan itu di dalam Watch Dogs, seri game yang diciptakan oleh Ubisoft dan pertama kali dirilis pada tahun 2014. Berbekal keahlian hacking serta berbagai gadget, kamu akan melawan korporasi jahat dengan cara-cara yang jelas lebih variatif ketimbang adu tembak biasa.

Baik Watch Dogs pertama maupun Watch Dogs 2 sama-sama seru untuk dimainkan, tapi Watch Dogs 2 sudah memiliki berbagai perombakan yang membuat gameplay lebih nyaman. Contohnya kontrol hacking dan kontrol kendaraan yang lebih mudah, serta sistem baru yang mensimulasikan penggunaan media sosial. Ubisoft juga berencana merilis sekuel lagi di tahun 2020 ini, dengan judul Watch Dogs: Legion.

Mafia II

Bosan dengan latar belakang dunia era modern? Kamu harus coba seri Mafia. Mengambil setting di Amerika tahun 1940an, Mafia menyajikan cerita yang lebih menegangkan dan serius dengan nuansa yang akan mengingatkanmu pada film noir. Dan kalau kamu penggemar otomotif, ini kesempatan untuk menikmati desain-desain mobil klasik yang sekarang sudah sulit ditemui di dunia nyata.

Seluruh seri Mafia memiliki cerita yang berkaitan, namun kamu tetap bisa menikmati tiap game secara standalone tanpa pernah memainkan prekuel atau sekuelnya. Gimbot merekomendasikan Mafia II sebagai game yang paling populer dari tiga judul Mafia di pasaran, tapi bila kamu ingin tampilan visual lebih modern kamu juga bisa mencoba Mafia III.

Lego City Undercover

Grand Theft Auto adalah game yang sangat populer di berbagai kalangan usia. Begitu populernya sampai kadang-kadang kita lupa bahwa GTA diciptakan untuk gamer 18 tahun ke atas. Di dalamnya terdapat gambaran kekerasan, tindak kriminal, penggunaan obat-obatan terlarang, kata-kata kasar, hingga pornografi. Wajar bila ada ada pihak-pihak yang khawatir terhadap dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya.

Sebagai alternatif, ada Lego City Undercover yang memiliki nuansa open world mirip dengan GTA namun didesain supaya cocok dimainkan semua umur. Kalau di GTA kita berperan sebagai pelaku kriminal, Lego City Undercover justru menempatkan kita di posisi penegak hukum. Game ini juga memiliki fitur co-op multiplayer, bila kamu ingin bermain bersama teman-teman dan keluarga, termasuk adik-adik atau anak di rumah.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.