5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Main World of Final Fantasy Maxima

JRPG satu ini tenggelam oleh hype Final Fantasy VII Remake, padahal sebetulnya sangat seru dan wajib dicoba! Simak ulasan Gimbot di sini.


World of Final Fantasy Maxima - Featured

Gimbot masih ingat ketika Final Fantasy VII Remake diumumkan di ajang E3 2015 dulu. Para hadirin yang menyaksikan presentasi begitu semangat, kegirangan melihat Cloud dan Barret muncul di layar besar dengan tampilan visual modern. Meski durasinya singkat, video trailer itu sudah cukup untuk membuat dunia gempar. Apalagi E3 2015 juga menghadirkan sejumlah pengumuman epik lainnya, seperti Shenmue III dan The Last Guardian.

Sebenarnya sebelum Final Fantasy VII Remake diumumkan, ada satu game lain yang sempat muncul tapi langsung tenggelam oleh hype pengumuman lainnya. Game itu adalah World of Final Fantasy. Hingga sekarang pun, game ini termasuk jarang dibicarakan, padahal menurut Gimbot game ini sangat bagus dan sayang sekali bila dilewatkan.

Sebagus apa memangnya World of Final Fantasy itu? Berikut lima hal menarik yang menjadi alasan kamu patut mencobanya.

Pertarungan Turn-Based

Kamu tentu sudah tahu kalau belakangan ini seri Final Fantasy semakin meninggalkan akarnya yaitu pertarungan turn-based, dan berubah menuju game action. Hal tersebut sudah kita lihat dalam Final Fantasy XV, begitu juga dengan Final Fantasy VII Remake nantinya.

Mungkin kamu kangen dengan sistem pertarungan turn-based klasik, hal itu ada di World of Final Fantasy. Asyiknya lagi, Square Enix menyediakan fitur auto battle dan fast forward yang akan membantumu melewati random battle tak penting dengan santai. Tapi sesekali masih tetap ada pertarungan menantang yang menuntut kita untuk berpikir dan mengatur strategi.

Sumber: Nintendo

Nostalgia Final Fantasy Favoritmu

World of Final Fantasy agak mirip dengan seri Dissidia. Karakter-karakter dan lokasi dari seluruh seri Final Fantasy dikumpulkan, hanya bedanya kali ini dalam wujud RPG. Kamu bisa mengunjungi lokasi ikonik seperti Nibelheim, Figaro Castle, Balamb Garden, dan lain sebagainya dengan cerita orisinal yang baru. Karakter-karakter Final Fantasy pun banyak sekali yang muncul, termasuk Quistis, Tifa, Faris, Tidus, Vivi, Eiko, hingga Noctis.

Selain muncul di cerita, karakter-karakter tersebut juga bisa kamu summon untuk membantumu dalam pertarungan, meski tidak semua. Lebih seru lagi bila kamu membeli versi upgrade dari World of Final Fantasy yang berjudul World of Final Fantasy Maxima. Tak hanya summon, karakter-karakter klasik ini juga bisa kamu gunakan sebagai party member! Ingin lihat Squall bertarung bersama Tifa? Kamu bisa menemukannya di sini.

Sumber: Nintendo

Koleksi Monster yang Menyenangkan

Aspek terpenting dari gameplay World of Final Fantasy adalah menangkap dan melatih monster, mirip dengan seri Pokémon. Tapi di sini menangkap monster jauh lebih mudah, dan cara membesarkan mereka pun lebih santai. Kamu bisa mempelajari skill lewat fitur menyerupai Sphere Grid dalam Final Fantasy X, dan nantinya monster-monster ini juga bisa dievolusikan.

BACA JUGA: Siap Nostalgia! Ini 5 Game PS2 Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PS4

Desain monster yang lucu dan variatif dalam game ini membuat dunia Final Fantasy terasa lebih berkembang. Contohnya, kamu pasti sudah kenal dengan Ifrit, tapi seperti apakah bentuk Ifrit versi kecil sebelum evolusi? Monster-monster juga punya kegunaan di luar pertarungan, misalnya untuk mencari item, menghancurkan penghalang jalan, membawamu terbang, hingga untuk ditunggangi!

Sumber: Nintendo

Audio Visual yang Memanjakan

World of Final Fantasy punya kualitas visual yang sangat cantik dengan desain karakter yang sebagian besarnya berwujud chibi. Dibandingkan seri Final Fantasy, menurut Gimbot desain visual di dalamnya justru lebih mirip dengan Kingdom Hearts. Yang pasti tampilannya enak dipandang, dan meski chibi, Square Enix tetap mampu menggambarkan adegan-adegan aksi dengan keren.

Unsur musik game ini juga menyenangkan sekali untuk didengar. Ditangani oleh komposer Masashi Hamauzu (Final Fantasy XIII, Musashi: Samurai Legend), mayoritas musiknya adalah versi remix dari lagu-lagu ikonik di seri Final Fantasy. Menyenangkan sekali rasanya mendengar nada-nada yang akrab di telinga namun dengan suasana baru.

Sumber: Nintendo

World of Final Pun-tasy

Cerita World of Final Fantasy tidak terlalu spesial, walaupun ada juga momen-momen tegang dan seru kadang-kadang. Tapi aspek yang paling menghibur adalah suasananya yang dibuat humoris. Kalau kamu butuh game santai untuk rehat sejenak dari judul-judul serius di luar sana, game ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Lucunya lagi adalah karakter-karakter utama dalam game ini sangat suka bercanda dan mempelesetkan kata-kata. Kalau terlalu sering memang agak menyebalkan sih, tapi interaksi mereka juga cukup banyak membuat Gimbot senyum-senyum sendiri sepanjang permainan. Deskripsi-deskripsi monster, skill, atau item pun dibuat jenaka, sehingga kita tidak bosan membacanya.

Sumber: Nintendo

Itulah beberapa alasan mengapa World of Final Fantasy adalah game yang sangat layak dimainkan. Gimbot sarankan kamu membeli versi upgrade-nya yaitu World of Final Fantasy Maxima, karena fitur-fitur baru di dalamnya menarik sekali dan akan membuat pengalamanmu lebih berkesan.

Game ini tersedia di PS Vita, PS4, Switch, Xbox One, juga PC. Tapi sayangnya World of Final Fantasy Maxima versi fisik hanya tersedia di Switch saja. Versi PS Vita malah tidak mendapat upgrade ke Maxima. Jadi Gimbot rasa cara terbaik memainkannya adalah di Switch, atau versi bundel digital di PS4/Xbox One dan PC. Lagi pula game ini usianya sudah agak lama, jadi Square Enix sering memberikan diskon. Kalau kamu butuh JRPG dengan sistem pertarungan turn-based dan suasana santai penuh nostalgia, World of Final Fantasy Maxima wajib kamu coba.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.