Mengapa Mini-Game Memancing Selalu Jadi Fitur Menarik dalam Sebuah RPG

Daya tarik utama RPG jelas kesempatan bermain peran dan ceritanya. Tapi mini-game memancing juga selalu jadi bahan obrolan. Mengapa demikian?


Apa sih yang kita cari ketika kita memainkan sebuah RPG? Sudah pasti, kesempatan untuk memainkan suatu peran yang menarik, kemudian pergi menjalani sebuah petualangan seru, dan pulang membawa cerita mengesankan. Tapi lucunya, terkadang fitur yang paling berkesan dari sebuah RPG justru adalah fitur sampingannya. Ketika kita bernostalgia dengan judul-judul seperti Suikoden atau Breath of Fire, obrolan sering kali tak lepas dari bahasan tentang betapa asyiknya mini-game memancing di judul-judul tersebut.

Memang mini-game ada banyak jenisnya selain memacing. Tapi sepertinya memancing sudah jadi pakem paling populer di dunia RPG. Mini-game ini tidak hanya muncul di game zaman dulu, tapi juga di judul modern seperti Fire Emblem: Three Houses, World of Final Fantasy Maxima, dan Yakuza 0. Bahkan game bergenre musou seperti Samurai Warriors: Spirit of Sanada atau Dynasty Warriors 9 sekarang juga punya mini-game memancing!

Sebetulnya ada apa dengan memancing? Kenapa aktivitas ini jadi tema yang sangat cocok untuk dijadikan mini-game, dan mengapa mini-game ini populer di genre RPG? Gimbot rasa, jawabannya terletak pada tiga aspek berikut.

Kebebasan Mengatur Ritme Permainan

Memancing di Dynasty Warriors 9 | Sumber: DualShockers

Role-playing game, sesuai namanya, adalah game yang memberikan kita kebebasan untuk bermain peran. Semakin besar kebebasannya semakin bagus, meskipun tentu saja ada batasan yang harus dijaga agar game tidak terlalu melebar ke mana-mana. Terlepas dari aspek-aspek menjual lainnya seperti cerita, gameplay, hingga keindahan artistik, daya tarik utama RPG terletak pada kebebasan ini, dan itulah yang membedakannya dari genre lainnya.

Keberadaan mini-game—apalagi yang dapat diakses kapan saja—adalah salah satu bentuk kebebasan itu. Kita mungkin saja menjalankan peran sebagai pahlawan penyelamat dunia, tapi ada kesenangan yang kita dapat ketika kita diperbolehkan meninggalkan “kewajiban” dan berkelana melakukan hal-hal aneh di tempat lain.

Memancing di Suikoden II | Sumber: Let’s Play Archive

Justru apabila kita diperintahkan untuk terus-terusan menjalani petualangan, petualangan itu akan terasa tidak menyenangkan. Petualangan jadi terasa seperti sebuah pekerjaan yang mengekang, bertolak belakang dengan daya tarik RPG yang menawarkan kebebasan. Ini salah satu alasan mengapa Final Fantasy XIII banyak dikritik.

Suasana Kontras yang Menggelitik

Memancing adalah salah satu kegiatan paling rileks dan tenang di muka bumi. Setelah memasang umpan dan melempar kail, kita nyaris tidak melakukan apa pun, hanya menunggu ikan datang sambil menikmati suasana alam sekitar (atau bila di dalam game, menikmati background music). Memancing mengajak kita istirahat, sambil melatih kesabaran di tengah waktu yang terasa berjalan lambat karena tidak ada kegiatan.

Memancing di Yakuza 0 | Sumber: Reddit

Ini kontras sekali dengan nuansa RPG yang biasanya penuh dengan hal-hal besar dan dramatis. Mungkin cerita sedang menempatkanmu di tengah perang besar antara dua negara, atau di dunia yang sedang terancam bencana besar dan hanya kamulah satu-satunya orang yang bisa menghentikannya. Tapi di tengah suasana tegang seperti itu, kamu tetap boleh pergi memancing. Menghabiskan waktu untuk bersantai tanpa rasa peduli pada sekitar.

Dua suasana yang sangat kontras tersebut menghasilkan kesan yang cukup lucu dan menghibur. Bahwasanya hal ini sama sekali tidak realistis juga tidak perlu diprotes, toh memang kita sedang memainkan sebuah game. Kalau kita bisa menerima sistem pertarungan turn-based, sihir dan makhluk-makhluk legendaris, serta kostum dan senjata yang sama sekali tidak praktikal, tentu tidak ada yang aneh dari kegiatan memancing meski dunia sudah hampir kiamat.

Gratifikasi Instan Sesekali

Memancing di World of Final Fantasy Maxima | Sumber: Siliconera

Kadang kita berbicara tentang imbalan instan seolah-olah hal itu adalah sesuatu yang buruk. Tapi akui sajalah, terkadang kita juga butuh kesenangan-kesenangan kecil dan instan seperti itu. Mini-game memancing memenuhi kebutuhan tersebut. Berbeda dari gameplay utama RPG, di mana kita mungkin butuh grinding atau harus menyelesaikan quest untuk mendapat kepuasan, mini-game memancing menawarkan imbalan yang jauh lebih cepat dan lebih simpel.

Hal ini diperkuat dengan sistem mini-game memancing yang sering kali dibuat sangat sederhana. Malah kadang-kadang kita hanya butuh satu tombol saja untuk bermain. Tapi meskipun sederhana, memainkannya tetap seru dan membuat kita senang. Apalagi kalau kita berhasil memperoleh ikan yang besar dan langka.

Memancing di Fire Emblem: Three Houses | Sumber: RPG Site

Ada beberapa RPG dengan mini-game memancing yang punya sistem lebih kompleks. Final Fantasy XV contohnya, di mana kita bisa mengatur berbagai macam perlengkapan, umpan, dan sebagainya sampai-sampai mini-game ini sudah terasa seperti satu game utuh sendiri. Implementasi demikian memang tidak jelek, tapi Gimbot rasa justru melenceng dari esensi mini-game yang menawarkan gratifikasi instan dengan cara sederhana.


Itulah beberapa hal yang menurut Gimbot jadi alasan asyiknya keberadaaan mini-game memancing dalam sebuah game, terutama RPG. Dari sekian banyak mini-game memancing yang ada, mana yang jadi favoritmu? Kalau Gimbot sih paling suka versi Suikoden V, karena menaiki sampan dan mengejar ikan ke sana kemari itu rasanya sangat menyenangkan.

Bila kamu ingin merasakan asyiknya mini-game memancing tapi malas memainkan RPG, Gimbot rekomendasikan kamu mengunduh game berjudul Fishing & Life di iOS atau Android. Game ini memiliki cara bermain yang simpel, mirip seperti mini-game memancing yang sering kita temui dalam RPG, dengan tampilan visual yang terasa adem di hati.

Variasi ikannya pun cukup banyak, bahkan kamu bisa memancing ikan hiu dan paus di sini! Coba saja, siapa tahu Fishing & Life bisa mengobati rasa kangen pada mini-game memancing yang sempat menghibur hari-harimu.

Google Play Store: Fishing & Life (Gratis)

Apple App Store: Fishing & Life (Gratis)


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.