7 Alasan Utama Memilih Console Gaming Daripada PC Gaming


Kamu lebih suka mana nih, console atau PC?

Sejatinya, dunia gaming memang terbagi menjadi dua kubu, yaitu console gaming dan PC gaming. Di satu sisi, gamer console meyakini bahwa pengalaman bermain game terbaik hanya didapatkan ketika menggunakan controller. Sedangkan, di sisi lain, gamer PC merasa di atas angin karena kecanggihan perangkatnya yang diibaratkan “monster” sehingga dapat menjalankan game apa saja.

Yang perlu diperhatikan, console dan PC memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Artikel ini ditulis tidak untuk memecah belah mana sisi gaming yang terbaik dibanding lainnya. Tetapi lebih ke arah memberikan perspektif dengan menunjukkan alasan utama mengapa banyak orang yang memilih console gaming untuk bermain game.

Referensi console gaming yang digunakan adalah PS4 dari PlayStation, Xbox One dari Microsoft, dan Nintendo Switch dari Nintendo (hybrid console).

BACA JUGA: 5 Game Olahraga Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan Gamer

Lalu, apa saja alasan utama banyak orang lebih memilih console gaming daripada PC gaming? Berikut versi Gimbot!

1. Tidak ada cheater

Salah satu daya tarik mengapa gaming sangat populer di industri hiburan adalah karena fitur multiplayer yang mengizinkan bermain baik dengan pemain lainnya yang berada di samping rumahmu atau yang berada di bumi belahan lainnya.

Masalahnya, semua pengalaman itu akan rusak ketika muncul cheater yang menganggu jalannya permainan. Lihat saja bagaimana jumlah pemain Fortnite dan Apex Legends yang sempat turun di platform PC karena banyaknya cheater.

Kemudahan yang disediakan oleh PC di mana pemain dapat menginstal berbagai program tambahan membuatnya menjadi sasaran empuk bagi para pemain yang tidak dapat berkompetisi dengan sehat aka cheater ini. Bahkan beberapa forum di internet menjual script cheat khusus untuk membuatmu menjadi master.

Namun, cheater ini jarang ditemukan di console yang memang hanya memungkinkan jalannya bermain game melalui kaset fisik atau digital melalui store. Jika kamu ingin menikmati pengalaman bermain multiplayer tanpa adanya cheater, console adalah jawabannya.

2. Anti-ribet karena tidak perlu spek khusus

Setiap generasi game, memiliki game unggulannya masing-masing seperti generasi tujuh dengan seri Uncharted dan Gears of War atau generasi delapan dengan game God of War, Forza Horizon 4, dan Super Smash Bros.

Setiap game tersebut membutuhkan spek khusus. Bahkan upcoming game seperti Cyberpunk 2077 yang hadir di banyak platform mengharuskan performa spek tertentu untuk menjalankannya.

Di PC, kamu membutuhkan komponen mulai dari prosesor, power supply, motherboard, RAM, HDD, casing, dan monitor. Jika komponen yang dimiliki speknya rendah, harganya semakin murah dan kamu tetap dapat memainkan game tetapi dengan syarat khusus. Sebaliknya, jika speknya tinggi, game yang dimainkan semakin beragam dan tentu harganya semakin mahal.

Berbeda dengan PC, console tidak membutuhkan spek khusus seperti di atas. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa Gimbot memilih console untuk bermain game karena kemudahannya. Kamu tinggal membelinya, lalu bermain game tanpa harus repot memikirkan spek perangkat tersebut.

Terlebih, setting game akan langsung diatur ke bagian paling maksimal. Membuat pengalaman bermain game menjadi lebih nyaman.

3. Lebih banyak pilihan game eksklusif (dan tentunya game AAA)

Jika kamu bertanya, apa alasan terkuat untuk membeli console maka jawabannya adalah game ekslusif. Lihat saja beberapa temanmu yang memainkan game PC, pasti setidaknya mereka memiliki salah satu console entah itu PS4, Xbox One, atau Switch.

Alasan utama mereka membeli console tidak lain karena game eksklusif yang tidak dapat dimainkan di PC. PS4 memiliki segudang game eksklusif mumpuni seperti Uncharted 4, God of War, dan Horizon Zero Dawn.

Xbox One sedikit lebih ramah dengan menyediakan judul Xbox Play Anywhere yang juga dapat dimainkan di PC seperti Gears of War 4, Forza Horizon 4, dan Ori and the Blind Forest. Dan Nintendo Switch memiliki Super Mario Maker 2, Tetris 99, dan Super Smash Bros. Ultimate.

Terlebih, di console kamu akan menemukan lebih banyak game AAA mulai dari layanan PS Plus, Xbox Live Gold hingga Xbox Game Pass.

4. Harga yang lebih murah

Harga adalah pertimbangan utama ketika kamu memutuskan untuk membeli perangkat bermain favoritmu. Entah itu console atau PC, jika kamu memiliki budget lebih, kamu dapat membeli PS4 Pro, Xbox One X, atau PC gaming di atas 10 juta.

Masalahnya, bagaimana jika budget milikmu terbatas? Console adalah jawabannya. Harga console lebih murah dibanding PC. Memang, kamu bisa menggunakan budget minim untuk PC gaming, tetapi resolusi yang didapatkan biasanya hanya sampai 720p dan tidak semua game dapat dimainkan.

PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch dapat dibeli dengan kisaran harga sekitar 5 juta. Itu pun sudah termasuk bundle game, controller, headset. Secara otomatis, game juga di-setting ke resolusi 1080p.

5. Bisa main santai langsung dari sofa

Semua console kompatibel dengan layar televisi sehingga menawarkan kenyaman yang lebih ketika bermain game. Bahkan kamu dapat memainkan game favoritmu langsung dari sofa. Controller memang dirancang untuk dapat dimainkan di mana saja, entah itu di kursi, sofa, atau lantai sekalipun.

Sedangkan, PC gaming hanya cocok diletakkan di meja dan dimainkan dari kursi yang berhadapan dengannya. Kamu juga harus mengatur pengaturan layar terlebih dahulu karena tidak semua kompatibel dengan tampilan televisi.

6. Pengalaman bermain multiplayer terbaik

Ini adalah salah satu nilai lebih dari console gaming di mana kamu dapat bermain bersama dengan temanmu, saudaramu, atau keluargamu secara local multiplayer sehingga keseruan kebersamaan bermain dapat dirasakan secara langsung.

Yang menarik adalah ketika kamu melakukan mabar atau turnamen dengan banyak teman, tinggal mainkan game favorit yang diinginkan di ruang tamu dan teman-temanmu dapat menontonnya bersama.

Berbeda dengan PC, walaupun kamu tetap dapat bermain multiplayer tetapi kamu tidak akan menemukan kenyamanan bermain game multiplayer senyaman console.

7. Controller lebih oke dibanding keyboard dan mouse

Khusus bagian ini agak sedikit subjektif. Tetapi jika kamu baru saja memulai bermain game, kamu bisa mencoba controller. Controller adalah perangkat gaming yang didesain alami untuk tangan yang mudah digunakan di mana semua jari-jarimu dapat menekan tombol dan trigger yang ada di setiap sudutnya.

Berbeda dengan mouse dan keyboard yang terkadang memiliki banyak tombol beragam yang harus diingat. Alasan ini mungkin tidak berlaku ketika bermain game FPS yang memang lebih nyaman dimainkan di PC. Tetapi console memiliki pengaturan aim assist yang membantu memudahkanmu bermain game shooter.

Menurutmu, alasan utama apa yang membuat console gaming lebih baik daripada PC gaming? Tuliskan komentarmu di bawah untuk menambahkan daftarnya ya!

Jika diperlukan, tulisan ini juga dapat digunakan untuk membantumu mempertimbangkan mengenai merakit PC Gaming dengan budget murah dan tips memilih PC Gaming atau PS5.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.