Kiat Merakit PC Gaming dengan Uang Rp3,6 Jutaan


Dengan uang sedikit ini kita bisa dapat PC gaming low-end yang komponennya baru!

Usai libur berlebaran, biasanya kita masih mengantongi sisa-sisa uang tunjangan hari raya (THR) dari pekan liburan panjang yang melelahkan. Bagi kalangan gamer, sisa-sisa THR ini biasanya dapat digunakan untuk hal yang mereka dambakan, salah satunya adalah merakit PC.

Nah, bagi yang memiliki keterbatasan budget (terlebih lagi dari sisa-sisa THR kemarin), Gimbot punya sedikit rekomendasi untuk bikin PC yang sudah cukup kuat untuk bermain game kelas low-end.

Jika kalian mengharapkan performa tinggi dan overclock, mungkin kiat yang Gimbot berikan ini tidak bakal bisa mewujudkan impian kalian. Karena pada dasarnya, tidak banyak memang yang bisa dilakukan oleh PC rakitan seharga Rp3,5 juta?

Oke, tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut kiat untuk bikin PC dengan budget minim sebesar Rp3,6 juta.

Prosesor: Ryzen 2200G Raven Ridge

Untuk masalah yang satu ini, saya bakal merekomendasikan prosesor budget terbaik untuk para pembuat PC yang budgetnya terbatas.

Ya, prosesor AMD Ryzen Raven Ridge 2200G menjadi pilihan yang cukup masuk akal. Dengan harga sekitar Rp1,3 juta, prosesor ini bisa diajak kompromi untuk kegiatan seperti bermain video game kelas low-end. Minimal dengan prosesor ini, kamu bisa menjalankan emulator klasik untuk bernostalgia memainkan game-game lama yang dulu populer di masanya.

Menariknya, prosesor ini diperkuat dengan APU Radeon Vega yang setara dengan GPU Nvidia GT 1030. Jadi, pilihan satu ini bisa menjadi pertimbangan berharga untuk keputusan merakit PC kalian.

Power Supply: Cooler Master MWE 450

Power supply adalah jantungnya PC. Dengan memiliki jantung yang sehat, setidaknya PC kalian bakal aman di situasi terentu. Untuk urusan Power Supply dengan harga murah, tentu tidak ada yang lebih baik selain Cooler Master MWE 450.

Power Supply ini punya kualitas yang tidak diragukan di kelasnya. Dengan keterbatasan dana, power supply ini bisa dijadikan pilihan yang logis.

Sudah banyak di internet yang membahas bagaimana kualitas Power Supply yang satu ini, jadi rekomendasi Gimbot untuk komponen satu ini bisa menjadi pertimbangan.

Motherboard: Asrock A320M-HDV

Ryzen biasanya bakal maksimal kekuatannya jika menggunakan Motherboard yang punya banyak fitur salah satunya adalah untuk overclocking prosesor dan RAM.

Tapi karena ini PC yang dibangun dengan budget Rp 3,5 juta, maka saya memilih Motherboard Asrock yang paling murah.

BACA JUGA: Rekap Computex 2019 Hari Pertama: AMD dan Asus Jadi Perhatian

Kami memilih ini karena budget-nya yang tergolong murah. Setidaknya dengan Motherborad ini, PC rakitanmu bisa menyala dan dapat segera dioperasikan. Seandainya kamu mendambakan Motherboard dengan spesifikasi yang lebih mantap, mungkin budget-nya bakal lebih dari Rp 3,5 juta.

Asrock A320M-HDV sendiri biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 695 ribu.

RAM: V-GEN Rescue DDR4 8GB

V-Gen DDR4 termurah mungkin bisa dijadikan solusi untuk PC murah ini. Lagi-lagi saya memilih RAM tersebut karena harganya cuman Rp 500 ribuan saja.

Banyak yang bilang jika Ryzen bakal maksimal dengan RAM yang bagus dengan kemampuan overclock tinggi.

Ya, memang bisa dan itu memang dianjurkan. Tapi dengan budget yang minim semacam ini, mencari RAM dengan kemampuan 3000 MHz tentunya bakal sangat sulit.

RAM dengan kecepatan seperti itu biasanya dijual di kisaran harga yang cukup mahal. Pilihan realistis akhirnya saya jatuhkan kepada V-Gen Rescure DDR4 8GB yang harganya terjangkau.

Casing: Case Jadul Second

Untuk masalah Casing, tak perlu pusing dan tak perlu ambil yang baru. Kenapa? Karena keterbatasan budget, menggunakan casing second yang kualitasnya masih bagus akan sangat direkomendasikan.

Di toko-toko PC, casing bekas yang jadul biasanya dibanderol dengan harga miring yakni sekitar 50-100 ribuan. Ingat, sebelum kalian memutuskan beli casing yang mana, pastikan pula ukurannya cukup dengan semua perangkat yang telah kami sebutkan di atas!

HDD: WDC 160GB SATA 2

HDD dengan kapasitas besar tentu bakal membutuhkan uang yang banyak pula. Menggunakan SSD juga tidak disarankan karena budget yang mentok.

Oleh sebab itu, kalian harus melirik HDD seharga Rp90 ribu-an yang dijual toko komputer dengan merk WDC. Jika kurang, bisa melirik HDD yang harganya 120 ribuan dengan kapasitas 250GB.

Menariknya, HDD murah ini punya garansi satu tahun!

Monitor: Second 720p

Untuk monitor, kalian bisa memilih monitor yang punya resolusi 720P second. Rata-rata di situas e-commerce, monitor dengan resolusi 720p second bisa dihargai cukup murah yakni Rp300 ribuan.

Dulu saya pernah mendapatkan monitor 15inch Asus dengan harga Rp300 ribu. Bahkan banyak juga yang menjual monitor dengan resolusi seperti ini di bawah Rp 300 ribu.


Sekarang, mari kita total:

  • Prosesor: AMD Ryzen 3 Raven Ridge 2200G (Rp. 1.370.000)
  • Power Supply: Cooler Master MWE 450 80+ (Rp. 575.000)
  • Motherboard: ASRock A320M-HDV (Rp. 695.000)
  • RAM: V-Gen Rescue DDR 4 PC17000 ( Rp. 558.000)
  • HDD: WDC 160GB SATA2 (Rp. 90.000)
  • Casing: Case bekas jadul (Rp. 100.000)
  • Monitor: 720p Second (Rp. 300.000)

TOTAL: Rp. 3.688.000

Tentu saja untuk masalah performa, rakitan murah versi Gimbot ini kurang maksimal. Tapi untuk sekadar nyala dan memainkan game, build yang satu ini bisa jalan apalagi resolusi 720p.

Bagi yang punya monitor atau ingin menekan budget, bisa menggunakan TV sehingga alokasi dana bisa dialihkan ke yang lain. Selamat mencoba!


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!