[Opini] Tahun 2020 Pilih Mana: Rakit PC atau Beli PlayStation 5?


Jadi pilih mana, rakit PC atau PlayStation 5 nanti? #2020GantiMesin

Sony beberapa waktu lalu telah mengumumkan mereka kemungkinan bakal merilis PlayStation 5 paling cepat pada bulan Mei 2020. Tentu saja sebagian para gamer di luar juga sudah mulai menabung dari sekarang untuk bersiap-siap menyambut kehadiran PlayStation 5.

Namun sayangnya, bagi sebagian orang, ada dilema membingungkan terkait dengan situasi kemunculan PlayStation 5, khususnya buat saya pribadi (yang jelas memiliki keterbatasan dana dibandingkan para sultan)

Baca juga: [OPINI] Alasan PS4 Masih Layak Dibeli di Tahun 2019

Di tahun 2020 nanti, saya menghadapi pilihan sulit yang harus diambil antara membeli PlayStation 5 atau merakit PC. Anggaran yang terbatas mau tidak mau harus mengorbankan salah satu dari keduanya.

Di segmen opini kali ini, saya bakal membahas untuk mengambil PlayStation 5 atau melakukan upgrade PC. Berikut bahasannya.

Tentukan Dulu Mana Tujuannya

Di beberapa forum, banyak yang menanyakan soal membeli console atau merakit PC. Berangkat dari pertanyaan di forum dan pengalaman pribadi, saya tertarik untuk membahas mengenai hal ini. Menurut saya, yang paling pertama kalian tentukan adalah apa tujuan kalian untuk membeli PlayStation 5 dan apa tujuan kalian untuk merakit PC.

Jika hanya untuk memainkan game, merakit PC bakal menjadi hal yang sangat disayangkan meskipun alasan kalian adalah untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang jauh lebih bagus dari console. Terserah apa alasan kalian, tapi merakit PC hanya demi bermain game adalah sesuatu yang sangat disayangkan meskipun sebenarnya itu adalah urusan uang kalian sendiri sih.

BACA JUGA: Kurang Populer, Ini Kesalahan Anthem yang Membuatnya Gagal Sekarang

Ada baiknya jika ada niatan untuk merakit PC, kalian memang memiliki urgensi untuk menggunakan PC tersebut selain main game. Misalkan vloging, blogging, atau pekerjaan yang memang menuntut menggunakan PC.

Singkatnya, menurut opini saya pribadi, jika tujuannya hanya untuk bermain game, membeli console baru sekelas PS5 jelas merupakan pilihan terbaik. Dengan uang yang sedikit murah, kalian bisa memainkan game eksklusif yang ditawarkan Sony, berikut fungsi backward compability yang dirumorkan hadir di sana.

Sedangkan PC, uang yang dikeluarkan cukup banyak dan kalian harus betul-betul perlu memperhatikan system requirement ketika hendak memainkan game keluaran terbaru.

Berapa Anggarannya?

Gamer PC

Faktor penentu kedua apakah kalian bakal memilih PC atau PlayStation 5 di tahun 2020 atau lebih nantinya adalah kalian memiliki anggaran berapa. Console keluaran terbaru bakal memiliki harga yang cenderung tinggi di awal-awal kemunculannya. Mungkin bisa tujuh jutaan rupiah bahkan lebih.

Apalagi, console terbaru Sony ini nantinya memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni yakni SSD super cepat, Ray Tracing, Grafik up to 8K, dan masih banyak lagi. Dengan spesifikasi seperti ini, bagi saya, jangan berharap harganya bisa langsung dijangkau kelas menengah ke bawah.

Nanti Sony pastinya bakal memberikan rincian pasti mengenai harga fix dari PlayStation 5. Jika sudah begini, kalian hanya tinggal menghitung budget untuk merakit atau melakukan upgrade PC. Jika nantinya anggaran upgrade PC kalian bisa setara console terbaru Sony ini namun dengan spesifikasi yang lebih mumpuni, go ahead untuk lakukan upgrade atau rakit PC.

PlayStation 5

Tapi jika anggaran yang dikeluarkan jauh lebih banyak namun dengan spesifikasi yang standar atau bahkan jauh di bawah PlayStation 5, kalian tahu apa yang harus dilakukan. Pertimbangan ini didasari terlepas dari kegunaan PC atau console kalian nantinya.

Untuk yang satu ini saya lebih memilih melakukan upgrade PC. Kenapa? Setelah menghitung budget, uang yang dikeluarkan tidak jauh dari PlayStation 5 ketika dirilis (menurut prediksi saya) tapi dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.


Dua hal tersebut saya rasa sudah cukup bisa untuk mewakili opini saya mengenai mana yang harus kalian pilih nantinya. PlayStation 5 dulu atau rakit PC dulu. Karena sejatinya, melihat budget dan alasan untuk membeli suatu barang merupakan pertimbangan bijak yang bisa kalian lakukan sebelum menyesal nantinya.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.