5 Tips Main Gim Console Buat Kamu yang Tidak Punya Console


Kamu tidak punya console padahal ingin memainkan gim console? Sebenarnya ada banyak cara untuk memainkan gim console tanpa punya console.

Tentu saja cara yang disampaikan adalah cara yang legal. Bukan cara yang bisa membuat kamu dipenjara atau illegal, seperti mencuri, membajak gim, bermain di emulator dan lain sebagainya. Gim console yang dimaksud adalah gim yang hadir di generasi sekarang. Bukan gim-gim console jadul.

BACA JUGA: Ingress Prime akan Rilis, Ini 3 Perbedaannya dengan yang Lama!

Nah kira-kira seperti apa ya caranya? Ini dia 5 tips main gim console buat kamu yang tidak punya console. Cekidot!

1. Beli

gim console
Sumber: Time Magazine

Tidak bisa dipungkiri bahwa beli adalah salah satu cara yang paling mudah untuk kamu memainkan gim console. Jika memang kamu punya uang atau bahkan kamu seorang “sultan”. Maka cara yang paling mudah dilakukan adalah beli mesin console-nya dan beli gim yang diinginkan.

Tenang, sebab pembelian tersebut sifatnya permanen yang artinya kamu bisa memainkan gim console kapanpun, di manapun dan dengan siapapun.

Kamu juga bisa membeli mesin console yang sifatnya bekas. Selama memang kondisi masih bagus, console bekas cukup pas untuk kamu bisa bermain gim.

2. Main ke Rumah Teman/Pinjam

gim console
Sumber: OBSSR – NIH

Masa sih tidak ada teman yang punya console satupun? Salah satu cara untuk bermain console adalah dengan cara main ke rumah teman atau bahasa singkatnya pinjam.

Main ke rumah teman ini ada keunggulannya lho. Kamu tidak usah pusing untuk memikirkan uang darimana buat beli console, sebab kamu bisa memainkan gim ini secara gratis bahkan dengan teman kamu.

Kekurangannya adalah kamu tidak bisa memainkan gim kapanpun. Tidak lucu kan, kamu datang jam 3 subuh mengetuk pintu rumah teman untuk bermain console?

3. Main di Tempat Rental

gim console
Sumber: Teropong Bisnis

Salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah bermain di tempat rental. Cara ini dipercaya lebih efisien karena para pemain tidak perlu menabung atau mengeluarkan uang yang besar di awal hanya untuk bermain gim.

Hanya saja main di tempat rental memiliki banyak kekurangan, yaitu tidak bisa bebas memilih gim karena hanya berdasarkan gim yang tersedia di tempat rental, selain harus bayar setiap kali main.

Mungkin beda cerita jika kita memiliki Blu-ray gim, kaset atau apapun itu sebutannya agar bisa dimainkan di tempat rental.

4. Main di Event-Event

gim console
Sumber: The Japan Times

Terkadang terdapat event gim yang di mana kamu bisa bebas bermain console selama event masih berjalan. Event ini sifatnya memang tidak tentu atau hanya di waktu tertentu saja.

Kelebihannya kamu bisa bermain gim secara gratis dan bisa “sepuasnya” (selama memang tidak malu sama yang lain dan juga tidak ada peraturan batasan main).

Sayangnya kelemahannya adalah kamu tidak bisa main gim kapanpun yang kamu mau, serta tidak bisa memilih gim yang ingin dimainkan.

5. Lomba

gim console
Sumber: Duniaku

Sedikit mirip dengan poin 4, hanya saja beda bentuk. Jika event tidak memberikan syarat tertentu untuk bermain, lomba lebih kepada kamu berkompetisi dalam bermain.

Ya meskipun memiliki suasana yang beda, tapi tetap kan kamu bermain. Kalah atau menang, tidak masalah. Yang penting kamu bisa main kan?


Nah itu dia 5 tips main gim console buat kamu yang tidak punya console. Kamu sendiri pernah melakukan 5 tips tersebut?


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz