5 tips membagi waktu main gim dengan kerja, apa sajakah itu?

Semakin lama, umur semakin bertambah dan menjadikan kita lebih dewasa. Dunia dewasa tentu berbeda dengan dunia anak-anak hingga remaja, di mana waktu sudah mulai terbagi-bagi dengan kerjaan, atau untuk yang sudah menikah, tentu saja waktu terbagi dengan keluarga.

Nah buat para gamer yang sudah menanjak ke usia dewasa, mungkin agak kesulitan untuk membagi waktu antara main gim dengan kerja dan kegiatan lainnya.

Nah kamu bisa mengikuti 5 tips ini dalam membagi waktu antara main gim dengan kerja. Yuk cekidot!

1. Bikin Jadwal Khusus Bermain Gim

5 tips
Sumber: medicalnewstoday

Salah satu hal yang paling utama dalam membagi waktu, tentu saja kita harus membuat jadwal/schedule. Jadwal ini layaknya membuat sebuah strategi ketika akan membagi waktu.

Dengan adanya jadwal, membuat kita jadi lebih terbayang dan bisa mengorganisir berbagai kegiatan.

Selain itu, dengan adanya jadwal ini menjadikan kita bisa lebih disiplin. Secara tidak langsung dengan adanya jadwal, membuat segala kegiatan kita terstandar.

2. Ketahui Kegiatan Utama

5 tips
Sumber: Gamedev.net

Poin ini berhubungan dengan poin pertama. Kita perlu mengetahui apa saja kegiatan utama kita, maksudnya adalah kita harus bisa mengenal apa saja kegiatan yang sekiranya rutin kita lakukan.

Terkadang ada beberapa orang yang tidak mengerti dengan kegiatannya. Sehingga menjadikan muncul kegiatan baru yang sebenarnya tidak perlu dilakukan dan menjadikan habis waktu.

Itu sebabnya kita harus mengetahui segala kegiatan utama yang kita jalani.

BACA JUGA: 7 Gim Baru Minggu Ini (15-21 Oktober 2018): Siap untuk Dark Souls Trilogy?

3. Jangan Sampai Saling Berebut

5 tips
Sumber: Big Fish Collective

Masih berhubungan dengan dua poin di atas. Usahakan segala kegiatan tersebut dapat dilakukan secara disiplin, kecuali jika memang kegiatan tersebut sangat penting untuk tidak dijalankan.

Misal ketika ada keluarga yang meninggal atau keadaan darurat ketika akan menjalankan jadwal yang telah kita buat. Kalau sudah seperti itu, pasti keluarga menjadi prioritas dan jadwal bermain gim perlu kamu tunda dulu.

4. Fokus di Satu Platform

5 tips
Sumber: digitalspy

Sangat banyak gamer yang ingin memainkan berbagai gim di berbagai platform. Sayangnya untuk kamu yang menjalankan tips ini, lebih baik jangan lakukan itu dan fokus di satu platform. Mengapa?

Jika memang niat kamu ingin having fun saja, oke hal tersebut tidak masalah. Hanya saja untuk beberapa gamer yang sangat terobsesi sekali dalam menamatkan gim yang dimainkannya, hal ini sangat sulit dilakukan.

Kamu bisa memilih untuk fokus di PC saja, konsol saja atau mobile saja sesuai platform mana yang kamu suka.

5. Main Gim yang Nyaman

5 tips
Sumber: VideoBlocks

Main gim tentu saja harus dalam keadaan nyaman. Rasanya aneh sekali jika ada yang memainkan gim dalam keadaan gelisah.

Hanya saja nyaman di sini juga termasuk di dalamnya kita bebas memainkan gim yang kita mainkan. Tidak menjadikan kita harus mengikuti waktu yang ditentukan.

Saat ini banyak sekali gim yang memaksa para pemainnya untuk terus bermain. Beberapa gim berjenis f2p di mobile, membuat para pemainnya terpaksa harus login dan memainkan gim tersebut di jam tertentu.

5 tips membagi waktu

Jika memang kamu bisa mengikuti gim tersebut dan merasa nyaman, tidak masalah.

Sedangkan jika kamu merasa hal tersebut malah memberatkan dan mengganggu kesibukanmu, ada baiknya cari gim yang lain yang bisa memberikan kebebasan waktu untuk bermain dan membagi waktu.


Nah itu dia 5 tips untuk kamu dalam membagi waktu bermain gim dan waktu bekerja. Jika kamu punya tips lainnya untuk membagi waktu antara main gim dan kerja, tinggalkan komentar di bawah ini ya!


Rizal Ziz